Cara Membuat Ikan Bawal Bakar Padang

Bawal memang menjadi salah satu makanan yang digemari meskipun ikan ini tergolong kecil dan memiliki banyak duri. Tetapi kekurangan itu tidak menyurutkan niat para pecinta dari ikan kurus ini untuk tidak menyantapnya. Olahan dari ikan bawal ini memang dengan mudah Anda dapatkan di berbagai rumah makan dari penyetan atau juga rumah makan dari warung makan Padang di seluruh Indonesia . Tetapi bagi Anda yang gemar dalam memasak di dapur maka olahan dari ikan ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi para pengolahnya.

Cara Membuat Ikan Bawal Bakar Padang

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat ikan bawal bakar Padang yang gurih dan nikmat maka beberapa bahan yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut ini:

• Ikan bawal yang berukuran sedang sebanyak 2 ekor atau juga sesuai dengan selera Anda.
• Garam.
• Air dari perasan jeruk nipis.
• Bawang putih yang telah diparut sebanyak 2 sendok the.

Sedangkan untuk membuat saus Padang yang khas Anda perlu menyiapkan beberapa bumbu yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

• Margarin yang telah dilelehkan terlebih dahulu sebanyak 2 sendok makan.
• Cabai merah yang telah dihaluskan atau telah digiling sebanyak 2 sendok makan.
• Saus tomat instan botol sebanyak 3 sendok makan atau lebih.
• Bawang putih yang telah diparut sebanyak 2 sendok teh.
• Air dari perasan jeruk nipis.
• Garam secukupnya.

Setelah semua bahan yang Anda butuhkan dirasa telah cukup lengkap maka berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat ikan bawal bakar yang lezat dengan bumbu khas Padang adalah sebagai berikut ini:

1. Cucilah dengan bersih ikan bawal. Jangan lupa pula untuk membersihkan jeroan dari ikan bawal tersebut. Jika Anda tergolong sebagai seseorang yang tidak menyukai membersihkan ikan, maka Anda dapat meminta tolong penjual dari ikan tersebut untuk membersihkannya.
2. Setelah dirasa cukup bersih dan layak, maka Anda bisa menambahkan beberapa penghilang dari bau amis seperti garam, air dari perasan jeruk nipis, margarin serta bumbu dari bawang putih yang telah diparut sebelumnya.
3. Setelah ikan telah siap untuk dibakar, Anda bisa membuat beberapa bumbu saus Padang seperti yang telah ada di paparan di atas. Tinggal campurkan semua bahan menjadi satu kemudian Anda hanya tinggal membakar ikan di atas tungku atau api dengan olesan dari bumbu yang telah di campurkan.
4. Bakar dan baliklah ikan yang sedang Anda bakar agar tidak gosong. Berikan bumbu tersebut secara merata agar ikan yang Anda buat semakin nikmat.
5. Setelah dirasa cukup matang maka Anda dapat langsung menyajikan ikan tersebut di atas piring yang telah dilapisi oleh daun pisang sebelumnya agar menimbulkan cita rasa yang lebih nikmat.

Tips bagi Anda yang ingin memasak ikan ini adalah sebaiknya Anda juga bisa menggoreng terlebih dahulu ikan yang akan buat agar ikan menjadi lebih matang secara merata. Beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah apabila Anda memang tidak ingin untuk menggorengnya terlebih dahulu maka Anda harus hati-hati dalam membolak balik ikan agar tidak hancur.

Sebagai pelengkap Anda juga bisa memakan ikan bawal bakar ini dengan ditemani oleh beberapa saus sambal seperti sambal terasi atau juga sambal bawang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Selain itu sebagai penikmat Anda juga dapat menambahkan beberapa lalapan seperti timun atau juga kol agar makanan yang Anda makan menjadi semakin nikmat.

No comments:

Post a Comment