Cara memasak Ayam Balado khas padang

Rahasia Ayam Balado Lezat
Hidangan ayam balado adalah sebuah hidangan lezat yang berasal dari Padang. Ketika kita menikmati makanan Padang maka semua masakan akan terasa sangat lezat. Bumbu yang meresap hingga tulang dan kuah kental yang bercita rasa pedas sulit untuk dilupakan. Masakan ini bisa kita temukan di berbagai jenis warung makan Padang dari mulai warung yang sederhana hingga warung makan yang mewah. Semua masakan akan terasa sulit untuk ditinggalkan. Ayam balado adalah olahan ayam yang dibuat dengan sambal balado yang pedas dan berwarna merah. Berikut ini adalah Cara memasak ayam Ayam Balado khas Padang yang bisa Anda praktekkan sendiri. 

Cara memasak ayam Ayam Balado khas Padang
Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
1.     1 ekor ayam kampung super atau ayam kampung biasa.
2.     Minyak Goreng
3.     1 buah jeruk nipis ukuran sedang
Bumbu yang Dihaluskan
7 siung bawang merah
10 buah cabai merah
8 buah cabai rawit (merah)
Garam

Langkah Memasak Ayam Balado
1.     Potong ayam kampung menjadi 4 atau 6 potong sesuai dengan selera Anda.
2.     Cuci bersih ayam dan tiriskan dalam mangkok agar tidak ada air lagi.
3.     Setelah tiris, lumuri semua bagian daging ayam dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan diamkan hingga semua air jeruk nipis meresap ke semua bagian daging ayam.
4.     Rebus dengan wajan semua daging ayam hingga lunak ( Anda bisa menambah air jika seteleh air mengering  tapi daging ayam belum lunak).
5.     Setelah ayam cukup lunak, maka angkat dan letakkan dalam mangkok.
6.     Panaskan wajan yang sudah berisi minyak goreng.
7.     Goreng ayam hingga matang dan berwarna kekuningan.
8.     Panaskan minyak untuk menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan.
9.     Masukkan daging ayam dan masak hingga semua bumbu pedas meresap rata ke daging ayam.
10.  Angkat ketika sudah berbau harum dan sesuai dengan selera Anda.

Rahasia Penting dalam Mengolah Ayam Balado Lezat
Tentu saja untuk menciptakan cita rasa Padang yang khas, maka tidak mudah untuk membuat ayam balado. Ada berbagai hal penting yang perlu Anda perhatikan mulai dari bahan-bahan yang dipakai hingga cara pengolahan. Berikut ini beberapa rahasia penting dalam membuat ayam balado khas Padang.
1.     Gunakan ayam kampung yang berukuran tidak terlalu besar atau tua sehingga ayam mudah lunak dan bumbu pedas juga akan meresap ke semua bagian daging.
2.     Ketika Anda merebus ayam goreng, gunakan api kecil namun rata. Cara memasak ini akan membuat daging ayam lunak tanpa merusak cita rasa asli daging ayam kampung.
3.     Untuk menghasilkan daging ayam yang lebih gurih maka Anda juga bisa memakai air kaldu ayam kampung untuk merebus atau mengungkep daging ayam kampung.
4.     Untuk memasak sambal maka Anda harus memastkan semua bumbu sudah matang. Bumbu matang ditandai dengan aroma yang sudah wangi, tidak ada bau bumbu mentah dan warna keemasan. Masak dengan api kecil sehingga bumbu yang digoreng benar-benar matang secara merata.
5.     Ketika memasak bumbu dan ayam goreng, maka biarkan agak lama hingga semua bumbu meresap ke bagian daging.
6.     Jika Anda ingin membuat ayam balado yang super pedas, maka bisa memakai jumlah bumbu yang lebih banyak dan waktu memasak yang lebih lama.
Selamat mencoba kreasi ayam balado khas Padang.

No comments:

Post a Comment