Cara memasak Ikan Patin Asam Pedas khas padang

Kreasi Olahan Ikan Patin dari Padang
Ikan patin adalah jenis ikan yang banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Jenis ikan ini biasanya dijual dengan berbagai ukuran dari ukuran sedang hingga jumbo. Rasa ikan patin yang gurih, lezat, lembut dan kaya dengan nutrisi banyak digemari oleh semua orang. Banyak orang yang merasa mengolah ikan patin akan terasa lebih sulit karena bumbu yang sulit meresap ke daging. Jika Anda sedang mencari sebuah resep istimewa maka Anda bisa mencoba untuk mempraktekkan Cara memasak Ikan Patin Asam Pedas khas Padang. 

Cara memasak Ikan Patin Asam Pedas khas padang, resep ikan patin padang
Ciri Khas Kreasi Ikan Patin
Salah satu ciri khas olahan ikan patin dari Padang adalah rasa yang manis, asam, dan pedas. Kombinasi tiga rasa bisa Anda cicipi mulai dari kuahnya yang kental dan coklat kekuningan, hingga ke semua bagian daging. Daging ikan patin yang lembut akan tetap utuh namun rasanya sangat meresap. Bahkan beberapa orang bisa memasak hingga tulangnya sangat lunak tanpa merusak tekstur daging. Jadi, apakah Anda siap mencoba. Ikuti beberapa langkah dibawah ini:

 Bahan-bahan
2 buah ikan patin berukuran sedang ( jika berukuran besar gunakan 1 ikan patin saja)
2 liter air
1 buah jeruk nipis berukuran sedang (peras dan ambil airnya)
5 buah belimbing wuluh yang masih segar.
2 lembar daun kunyit.
4 lembar daun salam.
4 buah asam kandis (larutkan dalam air)
2 buah tomat hijau yang segar
Garam dan gula (sesuai selera)

Bumbu Halus
 2 cm ruas jahe (gunakan jahe putih atau jahe biasa)
2 cm kunir (kupas semua kulitnya)
2 cm lengkuas ( belah-behal dan keprek)
100 gram cabai merah besar
100 gram cabai merah rawit
7 siung bawang merah
6 siung bawang putih.
3 buah kemiri (hancurkan)

Petunjuk Memasak
Untuk menghasilkan ikan patin dengan cita rasa pedas, asam, manis dan gurih maka Anda bisa menggunakan semua jenis bumbu dan bahan-bahan yang sudah disebutkan. Ikuti petunjuk memasak dibawah ini dan lakukan sesuai dengan urutan.
1.     Cuci bersih ikan patin dengan air mengalir supaya semua kotoran dan bau ikan tidak terlalu terasa.
2.     Potong ikan menjadi dua jika ikan berukuran besar.
3.     Jika memakai ikan berukuran kecil maka belah badan ikan menjadi dua bagian.
4.     Lumuri semua bagian daging ikan dengan air perasan jeruk nipis, tempatkan dalam panci dan biarkan selama sekitar 10 menit. Biarkan agak lama agar bau amis ikan larut dengan air jeruk nipis.
5.     Masukkan air ke dalam wajan atau panci besar. Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan masak hingga semua bumbu matang. Biarkan hingga air mendidih dan bumbu larut.
6.     Masukkan ikan ketika sudah tidak ada bau bumbu mentah. Masak dengan api kecil hingga semua bumbu meresap ke bagian daging ikan.
7.     Angkat dan hidangkan sajian ini ketika masih panas. 
Anda pasti penasaran dengan sajian ikan patin yang dijual di warung makan Padang. Semua bumbunya meresap dengan kombinasi asam, manis dan pedas yang sangat pas. Bahkan daging ikan yang lunak juga tidak hancur sama sekali. Salah satu rahasia dalam memasak sajian ini adalah menggunakan api kecil untuk melunakkan daging ikan. Selain itu ketika ikan sudah masuk ke panci atau wajan maka jangan diaduk-aduk. Orang Padang asli bisa merebus sajian ini dalam waktu yang lama tanpa merusak tekstur daging ikan.

No comments:

Post a Comment