Cara Memasak Kepala Ikan Kakap Khas Padang

Bagi Anda yang senang memasak, resep ini tentu akan menjadi salah satu menu yang paling utama. Jenis pasakan kepala ikan kakap khas padang yang akan di bahas pada uraian berikut ini merupakan jenis masakan yang berasal dari kota Padang, dan menjadi jenis masakan khas dari kota itu sendiri. Oleh sebab itu, biasanya para pengunjung yang datang ka kota padang akan sangat dianjurkan untuk mencoba jenis masakan tersebut dari tempat kelahirannya secara langsung, dengan demikian rasa yang ditawarkannya pun biasanya akan terasa begitu kental dan khas sesuai dengan citra dari kota padang itu sendiri.

Cara Memasak Kepala Ikan kakap Khas Padang, resep gulai kepala ikan kakap khas padang

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat menu kepala ikan kakap khas padang seperti yang sudah dijelaskan pada bagian di atas, cobalah untuk menyimak uraian dari bahan-bahan dan juga cara pembuatannya yang akan di bahas di bawah ini. Sehingga hidangan kepala ikan kakap khas padang yang Anda buat di rumah pun tidak akan kalah enaknya dengan pasakan yang aslinya.

Bahan-bahan yang diperlukan :
500 gr Kepala Ikan Kakap Merah
3 sdm Minyak Kelapa (untuk menumis)

Bahan bumbu yang harus dihaluskan :
10 Buah Cabai Merah Keriting
10 Butir Bawang Merah
6 Siung Bawang Putih
1 sdt Ketumbar (Sudah disangrai)
4 cm Kunyit
4 cm Jahe
4 cm Lengkuas
1 sdm Garam
1 sdt Gula Pasir
3 Lembar Daun Salam
1 Lembar Daun Kunyit (yang sudah dibuat simpul)
6 Lembar Daun Jeruk
3 Buah Asam Kandis
2 Baatang serai (sudah dimemarkan)
1 Liter Cairan Santan
200 ml Santan Kental

Cara Memasak :
1. Hal pertama yang harus dilakukan dalam memasak gulai khas padang yang satu ini adalah dengan membersihkan terlebih dahulu berbagai macam jenis bahan-bahan yang sudah dipersiapkannya. Baik itu pada kepala ikan kakap merah tersebut, dan juga jenis dari bumbu-bumbu lainnya.

2. Setelah selesai dan juga membersihkan bahan-bahan tersebut, kemudian tumislah bumbu yang sudah dihaluskan dengan bumbu lainnya, hingga tercium aroma harum dan juga matang.

3. Setelah tumisan bumbu tersebut matang, masukan bahan dari kepala ikan kakap merah tersebut, lalu aduk-aduk dan biarkan hingga ia berubah warna

4. Lalu tuangkan setengah bagian dari santan cair yang sudah disediakan tadi, kemudian diamkan pasakan tersebut agar lebih matang dan menyatu kurang lebih sekitar 15 menit, dengan mengecilkan bagian api dari kompor yang digunakannya tersebut.

5. Setelah 15 menit berlalu, masukan kembali sisa dari santan tadi, lalu masaklah hingga kepala ikan kakap tersebut benar-benar ada dalam keadaan yang matang.

6. Setelah itu, tambahkanlah santan kental ke dalam resep tersebut, aduk merata hingga pasakan tersebut mendidih. Setelah mendidih angkatlah resep tersebut, dan diamkan

7. Bagian terakhir, sajikanlah menu tersebut di atas yang disertai dengan nasi hangat juga sambal lado mudo yang juga terkenal sebagi salah satu sambel buatan khas kota padang.

Demikianlah uraian singkat yang dapat penulis jelaskan kali ini. Untuk cita rasa dari gulai kepala ikan kakap khas padang tersebut tentu rasa yang dimilikinya akan sangat gurih dan juga terasa nikmat di mulut. Ukuran untuk resep di atas pada dasarnya dapat dirubah sesuai dengan cita rasa lainnya yang sesuai dengan lidah Anda. Semoga resep kali ini dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif, Semoga bermanfaat untuk kita semua amiiin. 

No comments:

Post a Comment