Cara Membuat Es Lilin

Siapa yang tidak suka es lilin? Tentu tiap orang akan suka, namun ketika berbicara cara membuat es lilin biasanya akan banyak orang yang kurang peduli karenanya. Hal ini wajar saja, karena selain sudah banyak orang yang sudah menjualnya, harga yang ditawarkan juga relatif murah sehingga orang lebih tertarik membeli daripada membuatnya. Namun jangan salah, ketika anda memutuskan untuk membuat es ini sendiri, maka anda akan bebas menentukan bahan serta campuran yang bisa memberi nilai gizi lebih pada anda atau keluarga serta anak-anak anda dirumah.

Cara Membuat Es Lilin

Jangan terlalu membayangkan kesulitannya namun berpikirlah untuk menyediakan hidangan yang sehat untuk anak serta keluarga anda, karena kita ketahui es lilin yang sering dijajakan diluar sana belum tentu mengandung bahan yang aman untuk kesehatan. Bahan yang disediakan juga tidak terlalu susah untuk diperoleh, demikian juga untuk peralatannya. Tidak ada yang sulit untuk didapatkan.  

Adapun untuk bahan yang harus disiapkan adalah:

·      100 gram susu bubuk, coklat akan lebih bagus.
·      6 lembar dedaunan pandan.
·      3 liter air bersih, boleh juga menggunakan air matang.
·      1 liter santan kelapa murni.
·      2 ons gula pasir atau sesuai selera saja.
·    Perisa strawberry, jeruk, mangga, anggur, atau cokelat, boleh juga yang lain sesuai selera.
·      Plastik berbentuk lonjong dan tusuk sate atau batang es krim yang sudah jadi.

Setelah bahan dan alat semua sudah siap, saatnya dilanjutkan pada tahap pemrosesan. Agar pembuatannya lebih menyenangkan, ada baiknya bila mengajak anak-anak dalam proses pembuatannya agar setidaknya bisa mengajarkan rasa sabar dan tidak menyerah. 

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1.Campurkan gula dan air ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih,
2. Setelah mendidih, masukkan daun pandan ke dalamnya dan biarkan terus mendidih beberapa saat,
3.Kecilkan api kompor, kemudian mulai masukkan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci tersebut sambil diaduk-aduk,
4.Setelah cukup merata, segera angkat adonan tersebut kemudian tuangkan pada tempat yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah jenis perisa yang sudah kita siapkan,
5.Ketika sudah di wadah, campurkan adonan dengan perisa sendiri-sendiri kemudian aduk-aduk hingga merata,
6.Masukkan adonan cairan ke dalam plastik, kemudian masukkan juga batang es krim atau lidi yang telah disiapkan lalu tali ujungnya menggunakan karet atau tali dengan rapat,
7.Setelah itu, tinggal memasukkan ke dalam freezer hingga membeku.

Sambil menunggu adonan dalam plastik tersebut membeku oleh dinginnya freezer, kita bisa merapikan barang-barang yang sudah kita gunakan ketika membuatnya. Bahan-bahan yang digunakan diatas bisa ditambah atau dikurangi sesuai keinginan anda. Bila anda ingin memasukkan buah-buahan segar didalamnya, bisa juga asalkan gunakan buah yang sudah dimasak matang. Cegah lah anak-anak anda untuk mengambil es ini sebelum mengeras, karena tentu saja rasanya kurang nikmat kalau tidak sampai membeku.

Jangan lupa untuk membagi minuman ini dengan tetangga bila memang tetangga mempunyai anak-anak kecil seperti anda. Tidak ada cara penghidangan atau penyajian khusus untuk es jenis ini. Siapa yang menginginkannya dapat mengambilnya langsung dari freezer untuk dinikmati. Ini juga untuk menghindari adanya es yang mencair bila terlalu lama diletakkan pada udara terbuka.

No comments:

Post a Comment