Cara Membuat Puding Bavarois

Menikmati seporsi dessert yang dingin setelah makan adalah hal yang selalu dinantikan oleh setiap orang. Salah satu jenis hidangan penutup yang paling diminati adalah puding karena memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut di mulut. Puding menjadi favorit banyak orang bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tetapi juga karena memiliki varian rasa dan jenis yang beragam. Salah satu jenis puding yang bisa anda coba di rumah yaitu puding bavarois. Mungkin anda cukup asing jika mendengar istilah tersebut, tetapi kata lain dari puding bavarois itu sendiri adalah puding busa nan lembut yang terbuat dari perpaduan kocokan putih telur dengan adonan puding yang tentu sudah tak asing di lidah anda. cara membuat puding bavarois membutuhkan teknik yang harus dilakukan dengan tepat supaya tekstur puding sesuai dengan keinginan dan terasa nikmat.

Cara Membuat Puding Bavarois

Puding bavarois itu sendiri bisa diciptakan dalam berbagai rasa sesuai selera anda dan keluarga. Jika anda inginkan puding yang segar dengan rasa buah-buahan, anda bisa membuat puding bavarois dengan jus atau ekstrak buah alami seperti strawberry, mangga, jeruk dan lain sebagainya. Selain menggunakan jus buah alami, anda juga bisa menambahkan perisa atau essence yang sesuai dengan rasa puding yang anda inginkan. Dengan teknik yang tepat, akan menghasilkan hidangan puding yang bukan sekedar nikmat, namun memiliki tampilan warna yang cantik dan menarik untuk disantap.

Sebagai gambaran, berikut ini resep rasa strawberry yang bisa anda praktekkan di rumah. Tapi sebelumnya, pastikanlah semua bahan yang diperlukan telah anda siapkan secara lengkap dengan memilih bahan-bahan yang berkualitas, yaitu:

Bahan puding bavarois:
·      1 bungkus agar-agar bubuk.
·      50 ml sirup strawberry.
·      50 gram strawberry segar.
·      50 gram gula pasir.
·      400 ml air putih.
·      3 butir putih telur.
·      Sedikit garam,
·      Beberapa tetes pewarna makanan merah muda.

Bahan topping dan garnish:
·      Whipping cream.
·      Buah strawberry.

Cara membuat.

1. Haluskan strawberry segar dengan air memakai blender.
2.Campurkan strawberry yang sudah diblender dengan agar-agar bubuk dan sirup ke dalam panci lalu dimasak.
3.Ketika puding dimasak, jangan lupa untuk selalu mengaduknya secara perlahan sehingga agar-agar dan gula tidak menggumpal atau mengendap.
4.Setelah mendidih, masukan pewarna makanan dan aduk hingga rata supaya warnanya menarik.
5.Sementara itu, kocok putih telur bersama sedikit garam dan gula sedikit demi sedikit sampai mengembang dan kaku.
6. Tuang rebusan puding pada adonan putih telur secara perlahan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
7. Tuangkan adonan puding dalam loyang dan diamkan hingga beku.
8. Sajikan puding dalam kondisi dingin dan hias dengan whipping cream atau krim kocok dengan potongan buah strawberry.

Itulah resep puding bavarois strawberry yang bisa anda buat di rumah dan disajikan ketika momen kumpul bersama keluarga. Selain dikombinasikan dengan aneka buah segar yang anda suka, puding bavarois juga bisa dibuat dengan rasa klasik seperti cokelat, caramel, kopi dan lainnya.

No comments:

Post a Comment