Cara Membuat Puding Black Forest

Siapa yang tak kenal dengan black forest? Cake yang satu ini memang sangat tersohor dan selalu menjadi andalan setiap toko kue di manapun berada. Cocok dijadikan kue ulang tahun yang cantik dengan hiasan cherry di atasnya. Bahkan kue yang identik dengan balutan cokelat yang dominan ini selalu laris dan tak pernah surut peminatnya walaupun berbagai cake baru penuh inovasi hadir dan menjadi saingan. Tapi tahukah anda bahwa kini black forest bisa anda buat dalam bentuk lain selain cake? Ya, ada juga puding black forest yang saat ini tidak kalah menarik dan menjadi panganan kesukaan keluarga. Cara membuat puding black forest tentu saja berbeda dengan pembuatan cake black forest ataupun puding biasa, anda juga perlu mempersiapkan bahan-bahan yang agak berbeda.

Cara Membuat Puding Black Forest

Puding black forest biasanya memiliki beberapa layer atau lapisan sehingga membentuk suatu sajian yang menarik dan identik seperti bentuk cakenya. Maka dari itu, bahan-bahan yang dipakai cukup banyak supaya rasa black forest yang anda inginkan bisa maksimal. Selain itu, yang menarik dari resep ini adalah cara penyajiannya. Karena terdiri dari beberapa layer, cetakan yang dipakai untuk membuat puding black forest biasanya terbuat dari kaca transparan, bisa dalam bentuk gelas sehingga layer yang dihasilkan dapat terlihat dan membuat puding semakin menarik untuk disantap.

Bahan-bahan.

Layer 1:
 ½ bungkus agar-agar bubuk.
 1 sendok teh jeli bubuk.
- Potongan ceri hitam.
- 100 gram gula pasir.
- 200 ml air putih.
- 100 ml air ceri hitam.

Layer 2:
- ½ bungkus agar-agar bubuk.
- 1 sendok teh jeli bubuk.
- 300 ml susu cair full cream.
- 50 ml susu kental manis.

Layer 3:
- ½ bungkus agar-agar bubuk.
- 1 sendok makan cokelat bubuk.
- 50 gram gula pasir.
- 300 ml susu cair full cream.
- Potongan dark cokelat secukupnya.

Cara membuat.

1.Masukan seluruh bahan layer 1 dan masak hingga mendidih sambil diaduk agar semua bahan tercampur rata.
2.Tuang adonan layer 1 mencapai 1/3 bagian cetakan pada semua cetakan transparan yang sudah disiapkan. Biarkan hingga setengah mengeras.
3.Masak semua bahan layer 2 sampai mendidih dan tidak ada bahan yang menggumpal.
4.Tuang di atas layer 1 pada setiap cetakan sampai memenuhi 2/3 bagian cetakan dan diamkan setengah beku.
5.Masak agar-agar, sokelat bubuk, gula pasir dan susu cair layer 3 hingga mendidih, lalu masukan potongan dark cokelat sambil diaduk dan bercampur dengan adonan.
6.Tuang layer 3 sampai cetakan penuh dan diamkan hingga dingin dan mengeras.

Setelah puding set, anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer sehingga puding dapat disajikan dalam kondisi dingin dan nikmat. Supaya lebih cantik ketika dihidangkan, anda bisa menyemprotkan whipping cream instan dan menaburkan parutan cokelat di atas puding. Selain itu, anda juga bisa menancapkan cherry merah batangan supaya tampilan puding menjadi lebih menggugah selera.

No comments:

Post a Comment