Cara Membuat Kue Putu Ayu Enak

Siapa yang tidak kenal kue putu ayu, kuliner asli Indonesia ini terkena dengan rasanya yang empuk dan manis, meskipun tergolong sebagai kue tradisional nyatanya banyak yang menjadikan kue tersebut sebagai cemilan untuk menemani waktu santai di rumah, tak hanya itu di beberapa acara seperti arisan atau pesta banyak juga yang menjadikannya sebagai suguhan. Selain rasanya yang enak cara membuat kue putu ayu juga tergolong mudah hal inilah yang membuat banyak masyarakat menggemari makanan yang satu ini, berbeda dengan jenis kue-kue modern yang bisa dengan mudah anda tamui di pasaran, kue yang identik dengan warna hijau ini cukup sulit untuk anda dapatkan, salah satu penyebabnya sudah banyak pedagang yang beralih menjual aneka panganan modern.

Cara Membuat Kue Putu Ayu Enak

Bagi anda yang memang menginginkan kue putu ayu, tak perlu khawatir, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahan yang anda perlukan juga murah, tak perlu mengeluarkan banyak biaya, berikut ini resep nya.

Bahan-bahan:

·      200 gram tepung terigu.
·      ¼ kg gula pasir.
·      1 butir kelapa, parut dan ambil santannya.
·      ½ butir kelapa, parut gunakan untuk toping.
·      2 butir telur.
·      1 sdt ovalet.
·      1 sdm pasta pandan.
·      1 sdt garam.

Cara membuat:

- Campurkan telur dan gula pasir kemudian gunakan mixer untuk meratakan adonan, lakukan hingga mengembang kurang lebih selama 5 menit, tambahkan ovalet kemudian mixer lagi hingga semua tercampur rata dan adonan menjadi berwarna putih.
- Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata, masukkan pasta pandan dan santan, aduk lagi hingga semua adonan tercampur rata.
- Ambil cetakan lalu olesi menggunakan minyak goreng tipis-tipis, masukkan adonan, lakukan hingga semua adonan habis kemudian kukus hingga matang, tunggu hingga agak dingin.
- Keluarkan kue putu ayu yang sudah jadi dari cetakan, taburi parutan kelapa di atasnya dan siap untuk di sajikan.

Resep tersebut cukup mudah dan cepat bukan, anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam untuk membuatnya. Kue yang satu ini tergolong enak dan digemari masyarakat, meskipun demikian nyatanya jarang sekali yang menjualnya, anda mungkin masih bisa menemui kue tersebut di pasar-pasar tradisional, namun juga tak perlu khawatir karena anda bisa menyiasatinya dengan membuat kue putu ayu sendiri. Untuk acara-acara seperti hajatan, arisan atau mungkin hanya sekedar camilan juga bisa menggunakan kue tersebut.

Salah satu hal yang menjadikan banyak penjual tak lagi memproduksi kue ini adalah karena sangat cepat basi, jadi bukan karena langkah-langkah membuat yang susah atau bahan bakunya mahal, penggunaan kelapa yang terlalu banyak inilah yang membuat kue putu ayu cepat basi, nah berikut ini ada beberapa trik yang bisa anda gunakan agar kue putu ayu buatan anda lebih enak dan tahan lama, yaitu:

-   Untuk menghindari kue putu ayu cepat basi parutan kelapa yang dijadikan sebagai taburan bisa anda kukus terlebih dahulu, caranya dengan mengukusnya bersamaan dengan putu ayu atau langsung anda masukkan di cetakan sebelum adonan, jadi nanti pada saat jadi antara kue dan toping secara otomatis sudah menyatu.
-  Hindari menyimpan pada udara terbuka untuk membuatnya tetap tahan lama, anda bisa menyimpannya dalam lemari es, namun nantinya akan membuatnya menjadi terasa lebih dingin, meskipun begitu kue putu ayu bisa tahan hingga beberapa hari.
-  Untuk membuat rasanya lebih enak dan khas anda bisa menggunakan daun pandan sebagai pengganti pewarna atau pasta makanan, daun pandan akan memberikan wangi yang khas dan rasa lebih enak.
-  Agar bentuk yang didapatkan lebih bagus dan seragam jangan memasukkan adonan secara penuh dalam cetakan, karena nantinya saat matang kue menjadi mengembang jadi bagian bawah tidak akan seragam, usahakan memberi adonan setengah atau ¾ dari cetakan sehingga pada saat mengembang hasilnya lebih bagus dan seragam.
- Pada saat mengocok adonan menggunakan mixer lakukan hingga adonan benar-benar mengembang sehingga hasilnya menjadi optimal, tidak bantet.
-  Takaran bahan mulai dari tepung, gula ovelet dan telur juga harus benar-benar diperhatikan untuk membuat kue putu ayu menjadi lebih enak.

Setidaknya dengan menerapkan beberapa hal tersebut resepnya menjadi lebih maksimal, hasilnya juga bagus dan tahan lama. Anda yang senang berinovasi juga bisa membuat aneka kue putu ayu dengan menggunakan bahan-bahan lain, seperti dengan mengganti bahan dasar tepung terigu manjadi tepung ketan hitam atau mengganti toping yang biasanya identik dengan parutan kelapa menjadi coklat, cita rasa yang dihasilkan mungkin tidak lagi sama dengan putu ayu, namun akan menjadi lebih enak dan terasa seperti kue-kue modern.

Tips membuat yang paling utama tentunya adalah dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, ini juga menjadi aspek penting mengingat bahan yang berkualitas akan memberikan hasil yang maksimal pula, sebagai bahan utama pembuatan putu ayu pemilihan tepung terigu benar-benar harus anda perhatikan, berikut ini beberapa aspek penting dalam pemilihan bahan tersebut, yaitu:

·     Kandungan protein, berdasarkan kandungan proteinnya tepung terigu di bagi menjadi tiga, yaitu tepung terigu berprotein tinggi, sedang dan rendah, sempurna dan hasilnya lebih kenyal.
·         Kadar air, tepung terigu yang disimpan dalam tempat lembab akan membuatnya mudah basi dan kualitasnya berkurang.
·         Kadar abu, bagian yang satu ini bisanya bisa dilihat dari warna makanan yang dihasilkan.
·    Water absorprtion, kemampuan tepung dalam menyerap air ini juga mempengaruhi kualitasnya, untuk pembuatan putu ayu sendiri diperlukan water absorprtion tinggi agar hasilnya bisa mengembang sempurna.
.    Pencampuran bahan sesempurna mungkin agar hasilnya lebih maksimal, hal ini terkadang juga dipengaruhi mixing time dari tepung tersebut.
·         Stability, jumlah protein juga mempengaruhi stabilitas dari adonan agar bisa tetap sempurna.

Dengan mengetahui beberapa aspek penting di dalam pemilihan tepung tersebut anda bisa membedakan jenis tepung terigu untuk kue yang berbeda, pemilihan tepung yang tepat akan membuat kue anda menjadi lebih lezat dan hasilnya juga maksimal, 

Resep yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan, baik itu di dalam rasa, tampilan maupun ketahanan, anda yang belum pernah merasakan kue yang satu ini juga bisa mencoba membuatnya di rumah, meskipun tergolong kue tradisional namun rasanya tidak kalah dengan jenis kue modern yang banyak di jual di pasaran, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment