Cara Membuat Es Teler

Pasti semua pernah mendengar dan mencicipi es teler. Namun belum tentu semua orang mengenal cara membuat es teler. Orang lebih percaya jika membeli es teler dari toko langganan. Adapun brand es teler yang sampai saat ini sangat terkenal adalah es teler 77. Namun mendapatkan cita rasa es teler seperti yang disajikan oleh warung atau café-café langganan anda sebenarnya mudah. Jadi kenapa tidak belajar membuat sendiri? Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga tidak begitu banyak. Jika anda sudah mahir, ketika ada acara apapun di rumah anda tidak perlu repot dan mengeluarkan banyak biaya.

Cara Membuat Es Teler

Ciri utama es teler seperti kita ketahui bersama adalah nangka. Inilah yang terkadang membuat repot. Karena nangka ini sendiri biasanya hanya ada berdasarkan musim tertentu. Biasanya nangka mulai berbuah saat akan hujan atau bahkan di musim hujan itu sendiri. Padahal es teler tanpa nangka rasanya juga tidak akan istimewa. Karena saat ini sudah mulai musim hujan, berarti sudah banyak nangka yang ada di pasaran. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam langkah-langkah membuatnya.

·      Nangka,
·      Avokat,
·      Kelapa muda,
·      Agar-agar,
·      Sirup gula berwarna merah (untuk pemanis),
·      Susu kental manis.

Bahan-bahan diatas adalah bahan utama yang biasa digunakan dalam es teler. Selain bahan utama ini ada beberapa bahan tambahan yang bisa dimasukkan sesuai selera. Antara lain yaitu mutiara, kolang-kaling atau buah atap dan beberapa menggunakan tambahan cao.

Selain dari bahan-bahan seperti diatas, beberapa daerah memiliki bahan es teler yang berbeda. Baik dari bahan yang dicampurkan maupun dari sirup. Seperti salah satunya es teler khas Medan. Adapun membuat resep tersebut ada tambahan bahan, yaitu:

·      Selasih,
·      Jagung manis pipilan,
·      Kolang-kaling.

Ciri khas dari es teler ini yang membedakan dengan es teler lainnya adalah syrupnya dengan aroma raspberry dan berwarna merah bening. Syrup ini hanya dibuat di Medan oleh salah satu supplier lokal yaitu UD. Kurnia. Syrup yang juga dikenal dengan lemonade sirup ini merupakan oleh-oleh khas medan. Jadi jika anda berminat untuk membuat es teler khas medan, anda tinggal mencari syrup kas medan yang satu ini.

Untuk memberikan citarasa khas dari es teler, lebih baik ada menggunakan nangka yang dipotong kecil-kecil agak banyak. Selain itu tidak ada salahnya anda merebus gula untuk syrup dengan ditambahkan nangka. Dengan demikian, aroma nangka akan semakin keluar dan menambah nikmat es teler. Selain nangka, yang seharusnya mendapatkan porsi lebih banyak dalam resep ini adalah alpukat. Karena kekuatan es teler adalah perpaduan dari rasa nangka dan alpukat tersebut. Sebetulnya untuk buah-buahan lain selain yang disebutkan diatas, tidak perlu anda tambahkan terlalu banyak. Karena dikhawatirkan dapat merusak rasa dan aroma dari alpukat maupun nangka tersebut.

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan, khususnya penyakit gula disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi es satu ini. Karena anda pasti tahu bagaimana kadar kalori dari bahan-bahannya. Paling tidak ada 500 kalori dan 12 mg kolesterol pada setiap sajian es teler dengan bahan lengkap seperti diatas. Namun demikian secara umum, memang kelezatannya tidak dapat dipungkiri. Apalagi ketika dihidangkan saat buka puasa. Rasanya tidak ada makanan lain selain es teler ini yang dapat menghilangkan dahaga seharian.

No comments:

Post a Comment