Cara Membuat Puding Alpukat

Seperti yang kita tahu, buah alpukat merupakan salah satu varian buah yang memiliki bentuk, rasa dan tekstur yang sangat khas dan disukai oleh banyak orang. Selain dijadikan jus, buah alpukat juga sangat cocok dan seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan aneka hidangan penutup yang enak dan lezat. Salah satu hidangan yang bisa anda buat dengan buah alpukat adalah puding buah alpukat. Walaupun cara membuat puding alpukat ini terbilang mudah dan sederhana, namun nyatanya puding alpukat memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan puding lainnya.

Cara Membuat Puding Alpukat

Puding buah alpukat memiliki tekstur yang lembut dan terbilang unik. Resep yang mudah dan rasa alpukat yang sangat khas membuat puding alpukat patut anda coba hidangkan sebagai menu santapan penutup di tengah-tengah keluarga. Selain rasanya yang enak, puding yang satu ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan sangat berguna untuk meminimalisir berbagai masalah kesehatan. Itulah sebabnya puding buah alpukat dapat dijadikan alternative anda untuk menikmati khasiat dan manfaat alami yang terkandung dalam buah alpukat.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat resep-resep puding pada umumnya, namun bahan-bahan yang digunakan agak sedikit berbeda dari puding biasa yang sering anda buat. Berikut ini beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat puding buah alpukat, diantaranya yaitu:

·      1 bungkus agar-agar bubuk berwarna hijau.
·      500 ml air putih.
·      250 gram daging buah alpukat yang sudah dihaluskan.
·      200 ml susu kental manis rasa vanilla.
·      3 butir putih telur.
·      Gula pasir secukupnya.
·      Pewarna makanan warna hijau secukupnya untuk mempermanis warna puding.

Setelah semua bahan dipersiapkan, kini saatnya anda mempraktekkan langkah-langkah membuatnya di bawah ini, yaitu:

1.  Siapkan panci dan sendok pengaduk untuk memasak puding.
2.  Masukan agar-agar warna hijau, susu kental manis, gula pasir, air putih, beberapa tetes pewarna makanan hijau dan daging buah alpukat halus ke dalam panci.
3. Nyalakan kompor, masak puding sambil diaduk perlahan. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa seluruh komponen menyatu rata dan tidak ada gumpalan gula pasir yang belum larut dalam adonan.
4.  Sambil menunggu, kocok putih telur hingga mengembang dan kaku di wadah lain beberapa saat sebelum puding selesai dimasak.
5. Setelah puding mendidih dan matang, matikan kompor lalu masukan sedikit demi sedikit sambil diaduk pada wadah putih telur yang sudah dikocok sebelumnya.
6. Aduk rata adonan dan tuang dalam cetakan yang sudah disiapkan. Cetakan dengan bentuk bunga dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mempercantik hasil bentuk puding yang anda buat.

Apabila sudah beku, maka puding buah alpukat siap dihidangkan sebagai menu penutup yang nikmat dan lezat untuk seluruh keluarga. Penyajian yang dingin dan dihias cantik dengan ceri merah batangan akan terasa lebih enak dan menarik untuk disantap. Kocokan putih telur nantinya akan menjadi puding busa yang teksturnya sangat lembut dan memanjakan lidah. Tampilan efek layer atau lapisan itulah yang membuat puding alpukat terasa istimewa dari segi tampilan karena menarik untuk dilihat. Tak hanya disajikan sebagai hidangan penutup di rumah, puding buah alpukat yang anda buat juga bisa dijadikan hidangan yang sangat pas untuk disajikan kepada tamu yang datang ke rumah.

No comments:

Post a Comment