Cara Membuat Kue Lumpur

Memiliki tekstur yang lembut dan termasuk salah satu jajanan kue tradisional yang disukai banyak orang. Apa coba tebak? Ya, itulah ciri-ciri atau klue yang selalu teringat jika kita berhadapan dengan kue lumpur. Sama seperti jajanan atau kue tradisional lainnya, cara membuat kue lumpur masih tergolong sederhana dan juga mudah. Tapi dalam membuatnya, diperlukan trik-trik khusus agar kue memiliki tekstur yang benar-benar lembut dan dilengkapi dengan rasa yang pas. Jika salah sedikit saja, kue lumpur yang anda buat tidak akan senikmat yang anda bayangkan. Teksturnya tidak selembut yang anda inginkan dan rasanya pun menjadi kurang nendang.

Cara Membuat Kue Lumpur, resep Cara Membuat Kue Lumpur, cara memasak kue lumpur

Kue lumpur terbuat dari bahan-bahan adonan terigu yang dipadukan dengan kentang kukus yang telah dihaluskan sebagai modal kelembutan tekstur di dalamnya. Kue lumpur berbentuk bulat dan dikenal sebagai salah satu jenis kue basah yang rasanya enak. Tapi terkadang kue lumpur yang dijual di pasaran memiliki rasa yang kurang pas, kadang kurang lembut, kurang manis dan lain sebagainya karena komposisi bahan dan resep tersebut yang kurang tepat. Maka dari itu, anda bisa mencoba sendiri membuat kue lumpur di rumah supaya rasanya afdol dan sesuai dengan selera anda.

Asal usul istilah kue lumpur

Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang dikategorikan sebagai kue basah dan memiliki banyak penggemar setia. Itulah sebabnya hingga saat ini kue lumpur termasuk daftar kue jajanan pasar yang selalu laris dan tersedia di toko-toko kue tradisional. Menurut pendapat kebanyakan orang, kue ini disebut dengan kue lumpur karena teksturnya sangat lembut dan juga halus ibarat lumpur. Tapi bukan berarti lumpur yang asli enak untuk dimakan loh ya. Hehehe. Aroma, rasa dan teksturnya menjadi daya pikat tersendiri bagi para penikmat dan penggemar setianya. Terlepas dari resep ini yang masih sederhana, soal rasa memang layak disandingkan dengan kue lainnya dan tak bisa diduakan. Jadi jangan heran jika kue yang satu ini selalu nongol sebagai hidangan ketika hajatan, acara adat dan lain sebagainya.

Keistimewaan kue lumpur

Kue lumpur memang memiliki pesona dan keunikan tersendiri sehingga mampu bertahan dan tetap digemari meskipun beraneka macam jenis kue modern dengan berbagai topping, bentuk dan rasa yang beragam mulai bermunculan. Bahan-bahan dan resepnya yang berbeda dari kue basah lainnya perlu anda ketahui supaya anda bisa menikmati kue lumpur yang nikmat hasil karya sendiri. Meski tampilannya sederhana, kue lumpur tetap istimewa. Diantaranya ada beberapa poin penting yang membuat kue lumpur dianggap sebagai kue basah tradisional yang istimewa, yaitu:

· Tekstur, sangat lembut dan lumer di mulut.
· Aroma, sangat khas perpaduan antara vanili, kelapa dan kismis.
· Rasa, manis dan cocok di lidah orang Indonesia.

Penasaran seperti apa resepnya yang nikmat dan lezat? Yang pertama kali perlu anda lakukan tentu saja mempersiapkan bahan-bahan. Berikut ini bahan yang anda perlukan untuk membuat kue lumpur yang anda inginkan, pastikan semua sudah tersedia dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

- 500 gram tepung terigu protein rendah.
- 250 gram kentang.
- 800-850 ml santan cair.
- 250 gram margarine.
- 4 butir telur ayam.
- 250 gram gula pasir.
- ½ sendok teh bubuk vanili.
- Garam secukupnya.
- Daging buah kelapa secukupnya.
- Kismis secukupnya.

Sebelum masuk ke tahap langkah-langkah yang utama, anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti pengolahan kentang dan mempersiapkan margarine yang digunakan. Kentang yang sudah anda siapkan harus dikukus terlebih dahulu supaya mudah hancur dan matang. Setelah dikukus, barulah kulit kentang bisa dikupas dan dibersihkan secara menyeluruh. Kemudian, tumbuk kentang hingga halus dan menyerupai adonan mesh potato yang nantinya akan digabungkan bersama adonan lainnya. Sementara itu, margarine yang sudah disediakan juga perlu dicairkan terlebih dahulu. Caranya yaitu masukkan margarine ke dalam wadah anti panas, bisa panci, rantang dan sejenisnya. Panaskan hingga meleleh menggunakan api kecil. Jangan lupa matikan kompor sebelum semua margarine mencair agar tidak gosong lalu diamkan beberapa menit supaya uap panasnya hilang.

Cara membuat.

1.Sediakan baskom atau wadah yang cukup besar untuk membuat adonan  kue lumpur.
2.Masukkan telur, gula pasir dan vanili ke dalam baskom lalu kocok sampai mengembang dan rata kurang lebih 10 menit.
3.Masukkan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam kocokan telur sambil diaduk kembali hingga semua komponen tercampur rata.
4.Perlahan-lahan, masukkan tepung terigu ke dalam adonan sambil terus diaduk supaya menyatu dengan adonan utama dan mengental.
5.Tuang santan sedikit demi sedikit, dilanjutkan dengan pemberian garam dan margarine cair lalu aduk semua bahan sampai menjadi adonan kue lumpur yang enak.

Tentu saja resep ini tak sampai di situ, masih ada beberapa tahap lagi yang perlu anda lakukan untuk menciptakan kue lumpur yang anda inginkan, yaitu proses memasak sebagai berikut:

1.Olesi cetakan kue lumpur dengan sedikit margarine.
2.Panaskan cetakan atau loyang yang sudah disiapkan dengan api sedang.
3.Jika sudah cukup panas, tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan proses memasak berjalan.
4.Jika kue terlihat setengah matang, masukkan potongan daging kelapa secukupnya dan taburi dengan kismis sesuai selera sebagai pemanis dan pelengkap kue lumpur anda.
5. Masak hingga matang, angkat dan kue lumpur siap disajikan.

Tips.

Jika semua tahapan dilakukan dengan benar, maka kue lumpur siap disantap sebagai hidangan yang istimewa di rumah. Hmm pasti semua sudah tidak sabar mencicipinya bukan? Tapi tunggu dulu. Dalam mengikuti setiap tahap dari trik membuat atas, ada beberapa catatan tambahan dan tips yang perlu anda perhatikan, yaitu:

· Pastikan seluruh bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas.
· Bila sempat, gunakanlah santan cair segar yang sengaja dibuat di rumah supaya rasa kue lumpur lebih fresh daripada menggunakan santan instan.
· Pastikan terigu telah diayak sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
· Jangan lupa saring adonan sebelum melakukan proses memasak.

Dengan menyesuaikan takaran dan komposisi setiap bahan dari kue lumpur yang anda buat sesuai dengan selera, maka kue lumpur yang dihasilkan akan terasa lebih istimewa. Penganan tradisional yang satu ini amat cocok disandingkan dengan secangkir teh tawar untuk menyeimbangkan rasa manis dari kue tersebut.

No comments:

Post a Comment