Cara Membuat Puding Buah Mangga

Mungkin banyak orang sudah tidak terlalu asing degan cara membuat puding buah mangga sebagai sebuah hidangan penutup dalam suatu rangkaian acara jamuan makan. Namun tidak harus digunakan dalam acara formal, puding jenis ini juga sangat enak dinikmati ketika bersama keluarga. Selain kandungan vitaminnya yang cukup tinggi, puding jenis ini ternyata juga mampu memberikan manfaat pada proses pencernaan di dalam perut. Tentu saja hal ini tidak boleh dilewatkan oleh para ibu-ibu yang ingin anggota dalam keluarganya senantiasa terjaga kesehatannya.

Cara Membuat Puding Buah Mangga

Resep ini sebenarnya juga tidak terlalu susah, bahkan jika kita harus melakukannya sendirian, puding ini tetap bisa dengan mudah diproses. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran, apalagi ketika menunggu puding jadi lebih padat atau mengeras. Sedangkan untuk proses pembuatan puding ini, sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya tinggal menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

·      150 gram daging buah mangga yang manis,
·  1 bungkus agar-agar yang mempunyai warna putih sehingga terlihat netral dipadukan dengan mangga,
·      100 gram gula pasir,
·    70 gram tepung beras yang sudah dicampur dengan air kemudian diaduk merata,
·      160 ml susu cair,
·      150 ml air bersih.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan tersebut, saatnya kita mulai cara membuatnya yang kaya akan kandungan vitamin ini. Adapun untuk peralatan dapur yang perlu anda siapkan, relatif tidak terlalu banyak. Hanya dibutuhkan sebuah panci dengan ukuran sedang, loyang atau wadah cetakan puding yang bisa anda pilih beraneka ragam bentuknya serta mungkin lemari pendingin. Untuk memproses makanan ini, anda hanya melakukan:

1. Mangga yang sudah disiapkan dikupas kulitnya kemudian ambil daging buahnya dan potong kotak-kotak menjadi seperti dadu, lalu sisihkan,
2. Rebus 150 ml air bersih dalam panci sedang,
3. Masukkan gula pasir, agar-agar dan tepung beras yang sudah kita siapkan sebelumnya ke dalam rebusan air, kemudian aduk-aduk hingga air mendidih,
4. Setelah air mendidih, segera matikan api kompor, kemudian segera masukkan buah mangga yang sudah dipotong-potong dan juga susu cair, kemudian aduk-aduk terus hingga merata,
5. Siapkan cetakan puding dengan bentuk sesuai keinginan, kemudian tuangkan olahan puding tersebut diatas perlahan-lahan.

Untuk memperpadat cairan puding yang masih encer ini, anda bisa memasukkan adonan puding ke lemari es atau bisa juga dibiarkan pada udara terbuka selama beberapa saat. membuat puding ini memanglah sangat praktis dan juga tidak memerlukan banyak bahan maupun peralatan masak yang sulit. Disamping itu, kandungan kalori dan protein yang ada didalamnya juga bisa membuat tubuh kita tidak akan kekurangan kedua unsur tubuh diatas. Selama proses pembuatan puding ini, perlu anda perhatikan juga bagaimana menjaga kehigienisan makanan agar tidak terkontaminasi bahan berbahaya. Selalu cuci bersih setiap bahan serta peralatan yang akan anda gunakan.

Setelah adonan puding mengeras dan menjadi padat, maka waktunya kini anda menghidangkan menu makanan ini kepada keluarga. Potong-potong puding menjadi irisan yang tipis atau sesuai selera, kemudian letakkan pada piring saji yang sudah disiapkan. Hidangan puding ini juga sangat enak bila dituangkan susu kental coklat diatasnya sebagai pemanis sekaligus penghias makanan. Menikmatinya tentu juga akan semakin enak bila bersama-sama keluarga anda dirumah.

No comments:

Post a Comment