Cara Membuat Es Krim

Buah hati anda masih berusia balita? Pasti anda ingin mengetahui cara membuat es krim sendiri di rumah. Bagaimanapun es krim adalah makanan favorit anak-anak. Warnanya yang menggoda, rasa legit gula bercampur dengan gurihnya susu, dan tentunya sensasi dingin di mulut adalah hal-hal menarik dari makanan ini bagi anak-anak. Namun tidak bisa dipungkiri terkadang ibu merasa khawatir jika buah hati mengkonsumsi es maka nanti akan pilek dan sebagainya. Padahal jelas-jelas es krim sebenarnya memiliki banyak kandungan gizi.

Cara Membuat Es Krim

Tetapi kekhawatiran diatas sebenarnya bisa beralasan, jika es krim yang dibeli bukan es krim yang hygienis. Artinya bahan-bahan pembuatannya tidak dapat dipertanggungjawabkan kesehatannya. Seperti menggunakan pemanis buatan, air yang digunakan air mentah, dan sebagainya. Es seperti ini biasanya dijual di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga standarnya. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para konsumen. Untuk itu, bagi anda yang ingin memiliki pengeluaran ekonomis tetapi tidak membahayakan kesehatan buah hati anda, ada baiknya anda mempelajari sendiri resep es krim. Sehingga anda dapat mempraktekkan di rumah, dan anda yakin kesehatannya terjamin.

Dalam pembuatan es krim ini, kita akan membuat dua macam adonan. Yaitu untuk adonan es krim nya sendiri dan adonan saus. Namun untuk saos ini tergantung anda, bisa anda buat atau tidak. Jika anda takut anak terlalu banyak asupan gula, tidak masalah untuk ditinggalkan. Namun seringnya saus lah yang membuat es krim menjadi menarik. Pertama, siapkan dulu bahan-bahan utama es krim. Bahannya yaitu:

1.    Krim kental, 150 milliliter.
2.    Kuning telur (ayam), 3 butir.
3.    Susu cair ¼ liter.
4.    Gula pasir, 75 gram atau sesuai selera.
5.    Garam 0,25 sendok teh.

Cara membuat.

·      Pertama, kuning telur dikocok sampai mengembang.
·     Susu, krim, gula dan garam diaduk pelan dan dijerang diatas api kecil sampai mendidih.
·    Ambil adonan susu sebanyak 100 ml, dan masukkan ke dalam kuning telur sambil diaduk cepat hingga merata. Sisa adonan susu jangan diangkat dari api.
·    Kembalikan campuran kuning telur tadi ke adonan sisa adonan susu sambil diaduk sampai kental. Setelah mengental, angkat dari api dan tunggu hingga dingin.
·      Setelah dingin, adonan dikocok hingga lembut dan dimasukkan dalam frezer.
·   Jika pinggiran adonan telah muncul bunga es, angkat dan kocok kembali adonan sampai butiran es lembut. Masukkan dalam frezer kembali, dan lakukan hal yang sama dua kali lagi.

Langkah diatas dilakukan untuk membuat bahan utama es krim secara sederhana dan tanpa isian apa-apa. Jika anda menginginkan di dalam es krim ada isian, maka tips es krim nikmat seperti itu juga tidak kalah mudahnya. Anda bisa mengisi es entah itu dengan kepingan coklat, stroberi atau lainnya pun bisa. Tinggal tambahkan bahan ketika menunggu adonan susu dan telur mengental tadi.

Adapun dalam membuat saus sebagai siraman es krim, tergantung anda. apakah anda menginginkan saus instan atau membuat sendiri. Jika anda ingin membuat sendiri, misalnya saus coklat. Caranya lelehkan coklat bersama dengan margarin dan gula. Rebus hingga mendidih, dan biarkan dingin. Setelah dingin siramkan ke atas es krim. Boleh juga anda tambahkan kacang cincang sebagai topping di atas es krim.

No comments:

Post a Comment