Cara Membuat Kue Putri Salju

Siapa yang tidak kenal dengan kue putri salju? Kue putri salju merupakan salah satu jenis kue kering dengan bentuk bulan sabit. Seluruh permukaan kue ini dilapisi dengan gula halus berwarna putih yang menyerupai salju. Taburan gula halus itu lo yang bikin rasa kue putri salju terasa dingin dan manis ketika masuk ke mulut kita. Nah kue kering yang satu ini sering ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri dan juga perayaan Natal. Karena berbentuk unik dan cara membuat kue putri salju memang tergolong mudah.

Cara Membuat Kue Putri Salju

Kue putri salju memang memiliki rasa yang lezat, perpaduan antara gurih dan renyah dari kue nya semakin terasa sempurna karena adanya taburan gula halus yang terasa sangat lembut dan meleleh di lidah. Pastinya jadi tidak sabar buat mencobanya kan? Daripada buang-buang uang hanya untuk membeli kue manis ini, lebih baik mari kita pelajari resepnya seperti yang ada di bawah ini yuk.

Bahan untuk membuat

·      350 gram gula bubuk halus untuk ditaburkan diatas kue.
·      30 gram tepung maizena.
·      100 gram keju parut.
·      175 gram tepung terigu yang sudah diayak.
·      ¼ sendok teh garam.
·      175 gram margarin.
·      3 butir telur.

Langkah-langkah untuk membuat 

Bagaimana? Sudah disiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan? berarti sekarang tinggal menuju ke step berikutnya, yaitu mulai membuat adonan dan memasak kue salju. Jangan lupa pasang dahulu celemek dan penutup rambut anda agar menjadi lebih nyaman ketika mulai mengaduk-aduk adonan. Kalau sudah mari mulai untuk mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini:

1. Oleskan margarin ke permukaan loyang pipih, kemudian sisihkan,
2. Siapkan margarin dan kocoklah hingga mengembang, tambahkan telur dan kocok kembali,
3.  Masukkan tepung terigu dan maizena sambil terus diaduk merata,
4.  Tambahkan juga keju dan garam baru kemudian aduk terus hingga menjadi sebuah adonan,
5.  Ambil satu sendok teh adonan dan dibentuk agar mirip bulan sabit,
6. Letakkan bentuk bulan sabit yang sudah jadi tadi ke atas loyang ya, jangan lupa untuk memberi jarak antara satu adonan dengan lainnya,
7. Kalau loyang sudah terisi penuh adonan putri salju, silahkan masukan ke dalam oven dan panggang selama 15 menit dengan suhu 160 derajat celcius,
8.   Angkat putri salju yang sudah matang dan dinginkan,
9.  Taburkan bubuk gula halus ke seluruh bagian putri salju dan kue putri salju yang lembut siap untuk disisipi,
10.  Jangan lupa juga ya untuk menaruh sebagian putri salju buatan anda kedalam toples agar lebih awet dan terjaga kebersihannya.

Meskipun resep ini semudah seperti yang anda baca melalui panduan diatas, namun tidak semua orang bisa berhasil mempraktekkannya lo. Kira-kira apa ya yang membuat mereka gagal? Besar kemungkinan mereka kurang memperhatikan masalah-masalah kecil seperti halnya bahan baku yang digunakan, adonan dan masih banyak lagi. Sayang sekali ya kalau jerih payah selama bermenit-menit tidak menghasilkan apa-apa. Daripada hanya menyesali apa yang sudah berlalu, lebih baik simak saja pembahasan mengenai tips penting untuk menghasilkan kue salju lembut dan renyah yang ada dibawah ini. Siapa tahu anda akan mendapat jawaban kenapa kue yang sudah susah payah anda buat gagal atau rusak diakhir prosesnya.

Bahan baku berkualitas

Ini dia kunci terpenting untuk bisa membuat putri salju yang lembut dan renyah. Bahan baku yang digunakan untuk membuat adonan haruslah benar-benar berkualitas. Jadi alangkah baiknya kalau anda menggunakan tepung terigu berprotein rendah berkualitas agar bisa menghasilkan putri salju yang renyah dan lembut. Sementara untuk urusan margarin, gunakan saja margarin dengan kandungan gizi yang tinggi dengan aroma yang cocok untuk kue kering.

Kacang mede sangrai

Selain margarin dan tepung terigu, ada lagi bahan lain yang tidak kalah penting nih untuk diperhatikan. Biasanya putri salju diberi tambahan kacang mede cincang kan untuk membuatnya menjadi lebih spesial? Jadi sebaiknya kacang mede disangrai hingga matang terlebih dahulu sebelum ditambahkan kedalam putri salju. Hal ini berfungsi agar kacang mede lebih tahan lama dan tidak berbau tengik. resep yang ini lebih berfungsi untuk menjaga kualitas dari kue yang berhasil anda buat nantinya.

Gula halus tabur

Putri salju memang tidak mungkin ya kalau tidak dilengkapi taburan gula halus? Bukan salju lagi nanti namanya. Ciri khas taburan gula halus yang menambah kesan spesial pada putri salju menjadi hidangan spesial. Tapi ada hal penting yang harus diperhatikan, sebelum menaburkan gula halus pastikan dahulu ya apakah uap panas yang ada pada kue sudah benar-benar hilang atau belum. Biasanya karena sibuk membaca panduannya, anda tidak sadar sudah menaburkan gula ke atas permukaan kue yang masih panas. Kalau sudah begini pasti gula menjadi meleleh dan penampilan kue nya terlihat berantakan. Mengecewakan.

Terlalu lama mengaduk adonan

Jurus pamungkas untuk bisa menghasilkan kue salju lembut dan renyah itu terletak pada proses pembuatan adonan. Adonan yang dikosok terlalu lama akan jadi melebar ketika dipanggang, sehingga hasil kue nya juga sudah pasti mengembang dari cetakan semula. Jadi sebaiknya jangan terlalu lama mengaduk adonan ya kalau tidak mau kue nya jadi tidak cantik lagi. Cara membuat yang benar itu dengan terlebih dahulu mengayak bahan-bahan yang akan dicampurkan kedalam adonan, seperti tepung terigu dan juga gula halus. Dengan begitu, proses pencampuran adonan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Nah sekarang siapa yang sudah tidak sabar untuk segera mencicipi kue putri salju hasil buatan sendiri? Jangan lupa ya untuk menyimpan tips-tips menghasilkan putri salju lembut yang ada diatas. Siapa tahu saja sewaktu-waktu anda mengalami masalah ketika mulai mempraktikkan lagi resep diatas. Dengan tips dan panduan diatas semoga anda bisa lebih menghasilkan kreatifitas dan kreasi-kreasi baru di dunia kue salju. Mungkin bisa juga mencoba kue salju dengan varian tambahan seperti salju keju coklat, kue salju bola-bola, kue salju isi selai, kue salju cinta dan lain sebagainya. Tetapi jangan terlalu memaksakan untuk bisa menghasilkan aneka kreasi kue tersebut ya. Berkreasilah sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda sendiri. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment