Cara Membuat Es Campur yang Enak

Minggu ini dapat jadwal arisan bersama para sahabat? Pasti ingin memberikan menu yang terbaik untuk menjamu para tamu. Salah satu yang tidak bisa ditinggalkan adalah es campur. Berikut ini akan dibahas mengenai cara membuat es campur yang enak, sehingga anda tidak perlu membeli dari warung es langganan. Tinggal siapkan bahan, dan campurkan semuanya, es campur nikmat siap dihidangkan ke para tamu. Selain mudah, es campur ini juga pantas dihidangkan karena banyak kandungan gizi didalamnya.

Cara Membuat Es Campur yang Enak

Es campur sendiri seperti namanya terdiri dari bermacam-macam isian. Mulai buah-buah, cincau, bahkan sampai ada yang memasukkan kacang hijau di dalamnya. Sebagai kuah, ada yang menambahkan santan ada juga yang tidak. Tapi hampir semua es campur menggunakan campuran susu di dalam kuahnya. Untuk pemanis, ada yang menambahkan sirup beraneka warna di atasnya. 

Adapun bahan-bahannya.

·       Buah kaleng secukupnya,
·       Cincau secukupnya,
·       Selasih secukupnya,
·       Kacang hijau,
·       Daging kelapa muda,
·       Kolang-kaling atau buah atap.

Dari buah-buah ini memang tidak ada ukuran yang pasti komposisinya. Karena mungkin porsi yang disajikan juga berbeda. Selera juga mempengaruhi isi dari es campur ini. Misalnya ada buah yang ingin ditambahkan, seperti sawo, tinggal iris saja kotak dadu dan masukkan ke dalam campuran es ini.

Adapun kuah yang digunakan dalam es campur, biasanya digunakan dari es serut secara langsung. Tinggal kemudian ditambah syrup yang anda sukai dan disajikan dalam wadahnya. Untuk syrup sendiri, bahan yang digunakan juga tergantung selera. Ada yang suka menggunakan syrup instan, ada yang suka dengan syrup alami. Jika berniat untuk membuat syrup alami, ini bahan-bahan yang digunakan:

·      Gula putih,
·   Air secukupnya, usahakan perbandingan gula dan air 50:50. Sehingga ketika direbus mengental sempurna.
·    Pewarna dan essence sesuai selera. Rebus semua bahan syrup ini di api kecil, aduk-aduk sampai mengental dan mendidih.

Setelah itu biarkan syrup dingin.

Agar es campur ini semakin nikmat, baik dari sisi rasa maupun penyajian jangan lupa untuk menata dengan cantik. Wadah yang digunakan juga harus diperhatikan. Lebih baik digunakan mangkok dengan ukuran sedang. Karena jika terlalu besar, nanti isi juga terlalu banyak dan terlihat tidak cantik. Urutan menata seharusnya adalah : buah-buahan dan isi lainnya, es serut, baru kemudian susu dan syrupnya. Khusus untuk bahan selasih, jika ada lebih baik ditaburkan di akhir yaitu di atas syrup dan susu. Sebelum tamu datang, lebih baik es serut jangan dimasukkan dulu ke dalam wadah. Karena jika tidak nanti es akan mencair dan membuat es campur tidak lagi enak. Dari ulasan ini dapat dikatakan.

Khusus untuk syrup ini, anda harus cermat memilih rasanya. Karena salah satu yang membuat es campur semakin nikmat adalah sirupnya. Jika biasanya orang menggunakan essens vanila, maka tidak ada salahnya mencoba rasa lain. Yaitu essens strawberry dengan tambahan rasa atau essens mint. Jadi buat dua jenis syrup. Syrup yang pertama menggunakan essens strawberry dan berwarna merah. Adapun syrup yang kedua dengan essens mint. Dua jenis syrup ini akan membuat es campur semakin nikmat.

No comments:

Post a Comment