Cara Membuat Kue Tart Cantik

Acara ulang tahun merupakan momentum yang sangat identik dengan kue tart. Kue ini biasanya dihadirkan dengan berbagai varian rasa dan hiasan. Seolah-olah hal tersebut sudah sangat identik dengan penampilan mutlak dari kue tart. Jika melihat bentuknya yang indah dan menggoda sudah pasti banyak yang mengira bahwa kue cantik ini sangat sulit dibuat. Padahal jika memang anda ingin membuatnya sendiri, cara membuat kue tartitu cukup mudah dan tidak serumit yang dibayangkan.

Cara Membuat Kue Tart Cantik

Nah untuk bisa menghasilkan kue tart yang cantik, lembut, dan enak secara sederhana tentunya langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan adonan berkualitas. Dari setiap kue, adonan dari bahan-bahan yang berkualitas merupakan awal dari sukses atau tidaknya kue tersebut dibuat. 

Bahan-bahan adonan 

Sebelum memulai , lebih baik disiapkan dulu ya bahan-bahan adonannya. Bahan-bahan ini bisa anda beli dari toko kue, super market maupun pasar tradisional. Jangan lupa untuk memilih bahan baku yang benar-benar berkualitas saja, agar adonan menjadi lebih mudah dibuat. Bahan yang harus dipersiapkan adalah:

1.       Bahan utama:

·         Gula tepung sebanyak 200 gram.
·         Putih telur yang diambil dari 5 butir telur.
·         8 butir kuning telur.
·         Cake mulsifer sebanyak 1 sendok makan.
·         Garam sebanyak ½ sendok teh.

2.       Bahan ayak yang dicampur:

·         20 gram maizena.
·         125 gram mentega.
·         25 gram coklat bubuk.
·         1 sendok teh baking powder.

3.       Bahan yang dicairkan:

·         Coklat pasta sebanyak 1 sendok makan.
·         125 gram mentega.
·         Coklat masak sebanyak 100 gram.

4.       Topping:

·         Coklat masak cair.
·         Krim mentega.

Step-step untuk mulai membuat

Kalau semua bahan yang dibutuhkan sudah dibeli dan siap di meja dapur, sekarang saatnya untuk mulai meracik dan berkreasi dengan bahan-bahan tersebut. Jangan lupa gunakan penutup kepala dan celemek ya agar tidak terganggu ketika mulai mengaduk-aduk adonan. Langkah-langkah dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan seperti:

. Kocok telur, garam, cake emulsifer dan gula selama kurang lebih 10 menit hingga benar-benar mengembang.
. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak sembari terus mengocok adonan hingga semua bahan tercampur merata.
· Tambahkan campuran mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan dan aduk terus hingga merata.
· Tuang adonan tersebut kedalam kertas cup cake. Kemudian kukus adonan selama 20 menit.
· Jika sudah matang, adonan bisa diangkat dan tunggu hingga dingin.
· Mulai hias kue menggunakan krim dan juga coklat cair.

Kue cantik untuk orang tersayang sudah siap di hadapan mata. Untuk lebih mempercantik penampilan kue, anda bisa menambahkan topping lain seperti taburan meses atau hiasan dari krim kue. Bisa juga dengan menyisipkan coklat beku warna-warni untuk semakin mempercantik tampilan. Selain berfungsi sebagai hiasan, coklat beku tersebut tentunya juga bisa dimakan.

Tips untuk menghasilkan kue tar yang cantik

Terkadang karena terlalu sayangnya kita dengan seseorang yang berulang tahun, kita sangat ingin membuatkan orang-orang tersayang seperti ayah, ibu, adik, kerabat atau kekasih kita sebuah kue tar cantik. Meskipun terkadang sedikit membutuhkan perjuangan untuk menghasilkan kue tar yang cantik, berikut ada tips dan trik yang bisa untuk anda terapkan.

Perhatikan butter cream

Butter cream merupakan salah satu bahan wajib yang digunakan untuk menghiasi tampilan kue. Cream ini dibuat dari mentega putih yang terlebih dahulu dikocok sampai benar-benar lembut kemudian dibubuhi pemanis berupa sirup, tepung gula atau susu kental manis. Namun seringkali butter cream yang dibuat dari tepung gula seringkali terasa kurang lembut karena sifat tepung yang tidak bisa hancur sepenuhnya ketika di mixer bersama dengan mentega putih. Jadi sebaiknya gunakan susu kental manis atau sirup saja ya agar butter menjadi benar-benar lembut. 

Pewarnaan butter cream

Ternyata masalah pewarnaan butter cream juga sangat berpengaruh loh dengan resep tersebut dan sederhana ini. Alasannya karena warna yang tidak tercampur secara merata pada butter menyebabkan tampilan kue menjadi terkesan berantakan. Jadi untuk bisa menghasilkan warna yang tercampur rata, pewarna kue yang digunakan haruslah yang tidak mengandung banyak air.

Tekstur cake

Kue tar yang enak itu juga dipengaruhi oleh cake nya. Cake yang paling pas untuk membuat tar adalah cake dengan jenis sponge cake. Cake jenis ini lebih ringan rasanya sehingga tepat dipilih sebagai penyempurnaan dari resep ini. Sedangkan cake seperti butter type yang berat akan terlalu memualkan jika dimakan bersama olesan krim. Cake yang digunakan untuk kue tar juga tidak boleh terlalu lembut agar kue bisa berdiri kokoh.

Bukan cukup itu saja, cake juga tidak boleh kering. Dalam hal ini bisa di siasati dengan memberi sedikit percikan ke permukaan cake dengan sirup yang ditambahi rhum. Sirup ini bisa dibuat dengan menggunakan gula yang dimasak dengan air hingga mendidih. Tetapi jika tidak suka menggunakan rhum, bisa juga dengan memercikkan sedikit sirup di permukaan cake yang benar-benar dingin.

Rahasia polesan cantik

Rahasia untuk memoles kue tar cantik yang sudah anda buat sebenarnya terletak pada teknik pengolesan butter cream sebagai bagian penutup cake. Tips ini merupakan bagian semi akhir untuk menentukan cantik atau tidaknya kue tersebut. pasalnya hasil dari olesan nya harus benar-benar licin serta merata sempurna. Artinya cream yang melekat di seluruh permukaan cake tidak boleh bergelombang atau tidak naik turun. Trik yang paling mudah bisa dengan memasukkan butter cream didalam plastik segitiga baru kemudian di semprotkan secara perlahan ke atas atau samping kue. Gunakan spatula lebar sambil terus jalankan perlahan hingga benar-benar licin. Pembubuhan krim dengan menggunakan plastik segitiga ini berfungsi untuk membuat permukaan cake tidak mudah terlepas karena terkena sentuhan spatula.

Topping kue tart

Langkah-langkah membuat paling akhir terletak pada hiasan yang ada di permukaan cake yang sudah di olesi krim. Untuk menghasilkan tampilan kue yang cantik secara sederhana dan rapi, anda sebenarnya tidak membutuhkan sesuatu yang rumit. Cukup dengan berikan polesan-polesan sederhana seperti garis-garis coklat cair, bulatan-bulatan kecil dan sejenisnya. Cara lain yang lebih mudah digunakan yaitu dengan memanfaatkan ornamen penghias kue tar yang bisa ditemukan di toko-toko bahan kue. Umunya bisa berupa bunga kering atau patung kecil. Namun jika menggunakan bunga kering ada baiknya jika memilih bunga yang tidak kering, karena bisa membuat tampilan kue menjadi kaku.

No comments:

Post a Comment