Cara Membuat Puding Coklat

Para ibu tentu sudah tidak asing lagi dengan membuat puding coklat yang sangat cocok dihidangkan sebagai menu penutup setelah makanan utama selesai dihabiskan. Tidak hanya anak-anak yang menyukai rasa manis puding ini, namun juga banyak orang dewasa yang menyukai makanan ini karena cita rasanya yang khas. Bahkan dengan tekstur puding yang lembut, makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan bila anak balita anda sedang mogok untuk makan-makan biasa. Tentu sebuah kewajiban bagi ibu untuk dapat menyajikannya secara higienis dirumah bukan?

Cara Membuat Puding Coklat

Sebenarnya langkah-langkahnya ini sangatlah mudah dan sederhana. Tidak memerlukan bahan-bahan khusus yang sukar didapat, serta alat yang digunakan juga sederhana. Namun jangan salah dengan kandungan yang ada pada puding ini walaupun cara pembuatannya mudah. Selain kaya serat, makanan ini juga menyediakan asupan kalori dan lemak sehat yang tidak sedikit, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi. Adapun untuk bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah:

·      200 gram coklat batangan,
·      400 ml susu cair atau bisa diganti susu segar,
·      3 butir telur ayam (1 butir diambil kuning nya saja, dan 3 butir diambil putihnya saja),
·      Gula pasir sesuai selera,
·      Saus vanili/coklat,
·      1 bungkus agar-agar putih.

Kesederhanaan dari resep ini terletak pada tidak terlalu banyaknya peralatan yang harus anda siapkan untuk memasaknya. Cukup dengan panci untuk merebus, serta wadah atau loyang untuk adonan, maka sudah cukup untuk menghidangkan masakan ini. Sedangkan untuk cara mengolah bahan-bahan tersebut diatas, anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Susu dimasak dalam panci dengan api sedang,
2. Ketika mulai hangat masukkan agar-agar, coklat batangan yang sudah dipotong kecil-kecil serta gula pasir. Aduk-aduk hingga mendidih,
3. Ambillah sedikit adonan dalam mangkuk kecil, kemudian campurkan dengan kuning telur yang sudah dikocok sempurna. Setelah diaduk merata, campuran tersebut dimasukkan kembali dalam panci yang berisi susu tadi,
4. Selagi menunggu adonan mendidih, anda dapat mengocok putih telur dan saus vanili/coklat hingga mengembang dan seperti naik di permukaan,
5. Setelah adonan tadi mendidih, sedikit demi sedikit tuangkan adonan pada kocokan putih telur sambil terus diaduk-aduk hingga merata.
6. Setelah selesai mencampur adonan dengan putih telur, maka siapkan loyang atau cetakan yang sudah anda siapkan untuk menampung adonan tersebut.

Setelah memasukkan adonan dalam loyang atau wadah, maka anda tinggal menunggu hingga adonan tersebut mengeras dan menjadi kenyal. Setelah adonan mengeras maka resep puding coklat telah selesai sampai disitu. Namun untuk penyajiannya anda bisa menggunakan berbagai macam variasi yang bisa membuat selera untuk memakannya jadi lebih tinggi. Guyuran fla atau susu kental manis diatasnya, akan membuat penampilan puding ini semakin menggoda untuk dinikmati siapapun.

Untuk membuat fla ini cukup mudah, dimana anda hanya tinggal mendidihkan susu cair yang sudah dicampur tepung maizena, gula pasir dan vanili di dalam panci. Berikan sedikit campuran dari 1 butir kuning telur yang sudah dikocok, pada susu yang sudah mendidih sambil terus diaduk. Ketika sudah mengental, segera angkat dan dinginkan. Setelah dingin, fla akan menjadi penghias puding coklat yang telah anda buat hingga terlihat menarik hati.

No comments:

Post a Comment