Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Bagi sebagian orang, cara membuat kue ulang tahun untuk perayaan kelahiran anggota keluarganya kurang begitu diperhatikan. Hal ini disebabkan saat ini sudah banyak toko ataupun catering yang bisa membuatkan kue ini dengan mendapatkan imbalan tertentu. Padahal apabila kita bisa membuat kue untuk perayaan ulang tahun ini sendiri, tentu akan mempunyai arti tersendiri serta akan menimbulkan kenangan yang tak terlupakan. Ada berbagai macam jenis kue yang cocok untuk perayaan ulang tahun ini, mulai cake, tart sampai brownies semuanya bisa saja dijadikan sajian untuk kue perayaan ulang tahun, asalkan dengan teknik penyajian yang menarik.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Kali ini, kita akan membicarakan sedikit bagaimana sih cara agar resepnya tidak terlalu merepotkan. Tidak terlalu merepotkan dalam artian disini adalah bahan-bahan yang diperlukan mudah didapat serta peralatan yang dibutuhkan juga tidak sulit diperoleh. Anda hanya memerlukan alat seperti mixer, loyang untuk menuang adonan kue serta oven untuk memanaskan adonan kue hingga matang. Sedangkan untuk bahan-bahan yang harus disiapkan, biasanya terbagi untuk beberapa bagian yaitu bahan rotinya sendiri, bahan untuk toping serta sirup atau isinya. Secara rinci, bahan yang diperlukan adalah:

  • Untuk bahan roti: 6 butir telur, 125 gram gula pasir, 125 gram tepung terigu dengan kandungan protein menengah, 15 gram susu bubuk, 30 gram coklat bubuk, 125 gram margarin yang sudah dilelehkan, 1 ½ sendok teh emulsifier untuk mengembangkan adonan, ½ sendok the baking powder, ½ sendok the coklat pasta serta 400 gram butter cream yang nantinya diperlukan untuk hiasan.
  • Untuk bahan isi: 100 ml susu cair, 250 gram coklat masak batangan yang dipotong-potong bebas, 100 gram kacang klicen (madu) yang dicincang kasar-kasar.
  • Bahan toping atas: 100 ml susu cair, 2 sendok makan madu murni, 250 gram coklat masak batangan yang dipotong-potong bebas, whipped cream.
  • Bahan untuk sirup: 2 sendok makan gula pasir dicampur 3 sendok makan air hangat ditambah 1 sendok makan essence rhum bila suka.
Untuk proses resep ini juga tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran dan kejelian. Ada beberapa langkah dalam prosesnya dimana nantinya akan dijadikan satu dalam sebuah kue. Untuk yang pertama adalah proses pembuatan rotinya, yaitu:

  1. Kocoklah bahan roti yaitu telur, gula serta emulsifier menggunakan mixer hingga terlihat mengembang sempurna,
  2. Masukkan bahan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan susu bubuk dalam ayakan, kemudian ayak diatas kocokan telur yang mengembang sambil diaduk-aduk hingga tercampur merata,
  3. Tambahkan coklat pasta dan margarin yang sudah dilelehkan sambil terus diaduk rata,
  4. Siapkan loyang dengan ukuran sedang atau sesuai selera yang sudah diolesi margarin permukaannya, kemudian tuangkan adonan ke loyang dan ratakan,
  5. Panaskan dalam oven bersuhu 175 derajat, kurang lebih hingga 40 menit.
Selanjutnya selagi menunggu roti matang, kita lakukan proses langkah-langkah untuk bagian isinya dengan cara:

  1. Masak susu cair hingga mendidih, kemudian matikan apinya sejenak,
  2. Masukkan coklat batangan ke dalam susu yang sudah mendidih lalu nyalakan lagi api kembali sambil terus diaduk-aduk adonan hingga coklat meleleh dan tercampur merata dengan susu,
  3. Tambahkan juga kacang cincang sambil diaduk terus,
  4. Setelah semua bahan tercampur angkat dan dinginkan.
Setelah kedua bagian sudah matang, maka untuk resep selanjutnya kita mulai proses penggabungan dua bagian tersebut. Hal pertama yang dilakukan adalah mengambil roti yang telah matang kemudian porong menjadi tiga bagian. Ambil salah satu bagian roti (bagian tengah), kemudian olesi dengan bahan isi hingga merata kemudian lapisi lagi dengan bahan sirup hingga tertutup sempurna. Susun kembali bagian roti tersebut dengan potongan yang lain sehingga potongan yang telah dilapisi itu berada ditengah. Langkah terakhir balurkan seluruh buttercream hingga dapat menutup seluruh permukaan potongan roti dengan sempurna.

Agar permukaan penutup terlihat menarik, bisa juga ditempeli dengan coklat batangan yang disisir tipis-tipis secara merata. Bisa juga menggunakan variasi lain seperti kacang cincang kasar yang ditaburkan pada sisi miring roti secara merata atau bahan lain yang anda sukai. Variasi ini akan membuat resep ini menarik dan menyenangkan. Untuk selanjutnya anda bisa mulai memproses bahan pembuatan toping roti tart tersebut.

Pembuatan toping dalam proses tips ini juga cukup mudah. Pertama-tama panaskan susu cair bersama dengan madu. Setelah mendidih, masukkan coklat batang yang sudah dipotong-potong sambil diaduk-aduk hingga meleleh dan tercampur. Setelah mendidih segera matikan api, kemudian aduk-aduk sebentar. Segera setelah diaduk, tuangkan ke atas roti yang sudah ditutupi dengan butter cream tersebut dan kemudian ratakan. Bisa juga dituangkan ke sisi roti yang miring bila ternyata sisi miring roti belum dihias oleh bahan lain. Sebagai sentuhan akhir anda bisa menghiasi dengan buah strawberry segar diatas roti atau permen warna-warni yang menarik serta jangan lupakan lilin.

Tips Membuat Buttercream yang enak dan menarik

Walaupun saat ini sudah banyak toko yang menyediakan buttercream sudah jadi, namun bila anda ingin membuatnya lebih enak dan semakin berkesan, anda bisa membuat buttercream ini sendiri secara praktis agar rasanya lebih enak dan mudah untuk dipakai menghias roti yang sudah siap atau matang. Adapun bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 1 kg mentega putih atau softcream (jika anda bisa mendapatkannya),
  • 600 ml sirup,
  • 1 kaleng susu kental manis (bisa berbagai merk tapi jangan yang murahan),
  • 500 gram susu bubuk,
  • 1 sendok makan rhum dan essens susu (bila suka)
Adapun untuk proses pembuatannya sangat mudah sekali. Kocoklah mentega putih secara ringan hingga beberapa menit, kemudian masukkan bahan-bahan lain satu persatu sambil terus dikocok. Setelah bahan terakhir dimasukkan, kocokan agak dipercepat agar adonan bisa mengembang dengan baik. Setelah selesai, maka adonan bisa dicampurkan dalam proses resep seperti diatas. Tidak sulit bukan? Hal yang harus diingat adalah, warna butter cream ini bisa dirubah-ubah sesuai keinginan. Jadi bila anda ingin suatu warna tertentu maka ambillah secukupnya dan aduk dengan sedikit pewarna makanan yang aman, maka butter cream sudah siap digunakan untuk menghias.

Demikianlah sedikit artikel yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana agar acara pesta ulang tahun salah satu anggota keluarga atau bahkan anda sendiri bisa makin berkesan. Tidak ada sesuatu hal yang sulit apabila kita mau mencoba. Proses yang paling menyenangkan adalah ketika kita mulai menghias roti dengan butter cream atau bahan yang lain. Ini akan menuntut kreativitas anda hingga kue menjadi terlihat menarik. 

No comments:

Post a Comment