Cara Membuat Kue Kacang Yang Enak

Seperti yang kita tahu, kue kering memiliki banyak varian bentuk, aroma dan juga rasa yang beragam. Salah satu jenis kue kering yang nikmat dan menjadi favorit banyak orang yaitu kue kacang. Cara membuat kue kacang hampir mirip dengan kue kering pada umumnya namun keunikan yang bisa dirasakan yaitu dari segi bentuk, aroma dan rasa khas kacang yang ada di dalamnya. Iya lah, namanya juga kue kacang. Hehe. Tentu saja bahan baku utama yang paling dominan di dalamnya yaitu kacang. Untuk membuat kue kacang, jenis kacang yang dipakai yaitu kacang tanah karena rasa dan teksturnya paling pas untuk diolah dan dibentuk menjadi kue kering tersebut.

Cara Membuat Kue Kacang Yang Enak

Kue kacang biasa disajikan ketika lebaran atau hari raya bersama kue-kue kering lainnya. Hal ini tentu disebabkan karena cita rasa kue kacang tidak kalah dan bisa disandingkan dengan kue-kue lain yang punya cita rasa yang enak seperti kue keju atau kastangel, nastar, lidah kucing dan lain sebagainya. Jadi ga salah dong jika kue kacang selalu laris manis di pasaran dan selalu tersedia di toko aneka kue kering ketika menjelang hari raya dan wajib ada di rumah anda? Berhubung langkah-langkahnya mudah dilakukan, bisa kan sekali-kali anda coba membuatnya sendiri di rumah? Tentu saja hal ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan di sela-sela kesibukan.

Jika anda mempelajari resepnya dan mempraktekkannya di rumah, bukan cuma waktu luang saja yang terisi dengan aktivitas menyenangkan. Tapi membuat kue kacang juga bisa dijadikan ajang untuk berkreasi sesuka hati sambil mengasah bakat dan keahlian baking anda. Takaran setiap bahan yang diperlukan bisa anda atur sesuai selera dan kapasitas kue kacang yang anda buat dapat ditentukan sesuai kebutuhan. Disamping itu, membuat kue kacang di rumah jelas lebih hemat daripada anda membeli langsung di toko kue terdekat. Kualitasnya pun pasti terjamin karena seluruh bahan baku yang anda pilih diketahui secara jelas dan merupakan bahan-bahan pilihan yang baik dikonsumsi untuk seluruh keluarga.

Bentuk dan ciri khas kue kacang

Kue kacang memiliki rasa yang gurih, nikmat dan manisnya pas. Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam kacang otomatis membuat kue ini bernilai gizi yang tinggi pula. Rasa kacang yang dominan membuat kue kacang mampu mengambil hati para pecinta kuliner yang mendambakan aroma dan rasa khas yang ditimbulkannya. Selain itu, kue kacang juga memiliki bentuk yang unik dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang yang membuat. Seringkali kue kacang dibentuk menyerupai bulan sabit, bentuk bulat pilih hingga bentuk hati. Untuk membuat aneka kue kacang dalam berbagai bentuk yang anda mau, anda bisa menggunakan cetakan khusus sehingga membuatnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Daripada berlama-lama membayangkan kelezatan kue kacang, langsung saja kita praktekkan yuk! Pertama-tama, siapkanlah seluruh bahan yang diperlukan. Pastikan setiap bahan yang anda gunakan merupakan bahan baku berkualitas yang dapat diandalkan. 

Bahan-bahan.

·      250 gram kacang tanah.
·      400 gram tepung terigu.
·      150 gram gula halus.
·      Sedikit garam.
·      200 ml minyak sayur.
·      2 butir kuning telur untuk olesan kue kacang.
·      Sedikit mentega untuk mengoles loyang.

Jika seluruh bahan sudah siap dan tersedia, jangan lupa persiapkan juga seluruh peralatan yang anda butuhkan sebelum memulai ke tahapan utama langkah-langkah membuat. Berikut ini beberapa peralatan tempur di dapur yang wajib anda siapkan, antara lain:

- Wajan untuk menyangrai kacang.
- Blender untuk menghaluskan kacang.
- Baskom atau wadah untuk membuat adonan.
- Roller pin atau penggiling adonan kue.
- Loyang ceper untuk memanggang kue kering.
- Cetakan kue dengan bentuk yang diinginkan.
- Kuas untuk mengoles kuning telur pada kue sebelum dipanggang.
- Oven listrik atau oven gas untuk memanggang kue kacang.

Nah jika semua siap, ikutilah setiap tahap-tahap di bawah ini untuk menghasilkan kue kacang yang enak, gurih dan terasa kacangnya, yaitu:

1.    Sangrai kacang tanah dalam wajan dengan api kecil sampai warnanya kecoklatan dan matang.
2.    Jika sudah selesai, pisahkan kacang dengan kulit arinya lalu haluskan menggunakan blender sampai teksturnya seperti bubuk.
3.    Dalam satu wadah atau baskom, masukkan kacang yang telah dihaluskan bersama tepung terigu, gula halus dan garam lalu diaduk sampai semua tercampur rata.
4.    Tuang sedikit demi sedikit minyak sayur ke dalam adonan sambil diuleni manual hingga padat dan membentuk adonan yang kalis.
5.    Tutup adonan dengan plastik dan simpan dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.

Apakah setelah dimasukkan ke kulkas kue tersebut akan matang? Tentu saja tidak. Jika adonan sudah didinginkan selama dengan jangka waktu yang pas, keluarkanlah adonan dan biarkan suhunya kembali pada suhu ruangan.

1.    Oleskan sedikit mentega tipis-tipis pada loyang supaya kue tidak lengket.
2.    Pipihkan adonan dengan roller pin sesuai ketebalan yang diinginkan.
3.    Cetak adonan dengan bentuk yang sudah dipersiapkan.
4.    Susun dengan jarak yang pas di atas loyang supaya kue tidak menempel satu sama lain ketika matang.
5.    Oleskan tipis kuning telur yang sudah dikocok sebelumnya di atas adonan kue secara rata dan panggang kue hingga matang dalam oven bersuhu kurang lebih 150 derajat Celsius.

Tips agar kue kacang agar enak

Untuk membuat kue kacang yang nikmat, mengikuti seluruh tahapan2 di atas dengan baik adalah hal yang perlu anda lakukan. Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa bahan-bahan yang anda pilih merupakan bahan terbaik dengan kualitas yang tinggi. Pilihlah kacang tanah yang fresh supaya cita rasa kue yang anda buat semakin enak dan kandungan gizinya baik. Pada saat menyangrai kacang, pastikanlah anda selalu mengaduknya sehingga kacang matang merata dan tidak menjadi gosong. Jika gosong, pastilah pahit rasanya.

Kemudian, tips lain yang perlu diperhatikan yaitu pada tepung terigu. Sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya, pastikanlah terigu telah diayak terlebih dahulu supaya partikel yang kasar tidak tercampur dalam adonan. Pengayakan terigu juga ditujukan supaya tidak ada tepung yang menggumpal dan membuat kue kacang menjadi kurang nikmat. Yang terakhir setelah kue matang, segera keluarkan loyang dari dalam oven dan biarkanlah dingin agar uap panasnya hilang. Setelah itu, anda bisa segera mengamankannya dalam toples supaya kerenyahannya tetap terjaga dan tahan lama. Selesai deh! Gampang kan?

No comments:

Post a Comment