Cara Membuat Kue Semprit

Bolu kukus, dikukus. Macaroni panggang ya dipanggang. Kalau kue semprit? Ya disemprit. Benar sekali, cara membuat kue semprit dengan bentuk seperti bunga bisa anda lakukan dengan menyemprit adonan yang sudah dimasukkan dalam plastic segitiga menggunakan cetakan corong berbentuk bunga atau biasa disebut dengan spuit. Istilah kue semprit itu sendiri konon muncul karena masyarakat Indonesia kesulitan untuk menyebutkan kata spuit. Ah masa sih? Apa iya? Ya sudahlah terlepas dari itu semua, kue semprit terbukti menjadi salah satu penganan kue kering yang laris dan tak pernah ketinggalan khususnya ketika momen hari raya lebaran. Kue semprit pasti tersedia sebagai camilan penjamu tamu yang tengah bersilaturahmi ke setiap rumah.

Cara Membuat Kue Semprit

Selalu bersanding dengan kue kering lainnya seperti nastar, kastangel, kue sagu dan lain-lain ketika hari raya lebaran, terbukti kan eksistensi dari kue semprit masih diminati sampai sekarang? Tentu saja, bentuknya yang unik dan menggugah selera menjadi salah satu faktor alasan mengapa kue semprit selalu cocok dijadikan camilan dan hidangan yang disajikan kepada para kerabat atau tamu yang tengah datang ke rumah. Selain membelinya dari toko kue langganan, rupanya anda juga bisa membuat kue semprit sendiri di rumah loh. Bahkan dengan variasi yang bisa disesuaikan dengan selera. Kenapa? Karena resep tersebut mudah dipelajari dan hanya mengandalkan bahan-bahan yang praktis didapat.

Keunikan kue semprit

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak berbagai jenis kue kering yang rasanya enak dan memiliki daya tarik masing-masing. Tapi harus diakui juga bahwa kue semprit memiliki keunikan tersendiri sehingga tetap menjadi salah satu kue kering favorit yang digemari banyak orang. Kue semprit memiliki bentuk seperti bunga karena cara membuatnya mengandalkan cetakan spuit berbentuk bunga. Selain dari segi bentuknya, kue semprit memiliki tampilan seperti bunga karena dihias dengan setitik selai manis di tengahnya. Sebagai pengganti selai, terkadang kue semprit juga dihias dengan sukade atau potongan buah kering atau manisan dari labu. Dengan pilihan warna yang unik dan beragam rasa yang sesuai dengan keinginan, maka variasi tampilan kue semprit akan semakin terlihat cantik dan menarik untuk disantap.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue semprit mungkin hampir mirip dengan jenis kue kering lainnya. Bahkan bahan baku kue semprit sangat mirip dengan kue sagu keju, teknik dan tips, dengan kue sagu keju pun hampir sama karena menggunakan spuit untuk mencetaknya. Hanya saja, bentuk cetakan corong yang digunakan berbeda satu sama lain. Selain itu, takaran dan jenis tepung yang dipakai agak berbeda karena tekstur dari masing-masing adonan juga berbeda. Nah apa bedanya ya? Jika kue sagu keju menggunakan tepung sagu yang lebih dominan, lain halnya dengan kue semprit yang menggunakan lebih banyak tepung terigu di dalamnya.

Kue sagu keju menggunakan takaran tepung sagu yang lebih banyak untuk memperoleh tekstur kue yang lebih cepat melting di mulut ketika dimakan. Sedangkan kue semprit memakai tepung terigu lebih banyak supaya tekstur kue lebih padat dan juga renyah. Itulah yang faktor membedakan diantara keduanya. Jangan sampai keliru ya! Nah berdasarkan penjelasan dan keunikan kue semprit yang diterangkan tadi, pastinya anda semakin penasaran dan ingin membayangkan seperti apa resep yang enak dan gurih bukan? Untuk itu, simaklah seluruh proses dan tahapannya seperti di bawah ini.

Bahan-bahan.

·           250 gram tepung terigu protein rendah.
·           75 gram tepung maizena.
·           150 gram mentega.
·           150 gram gula halus.
·           2 butir kuning telur.
·           1 butir putih telur.
·           1 sendok teh esens vanilla bubuk/cair sesuai selera.
·           Sedikit garam.
·           Sukade secukupnya.
·           Sedikit margarine untuk dioleskan pada loyang.

Cara membuat.

1.Siapkan baskom atau wadah berbentuk mangkuk berukuran agak besar.
2.Masukkan mentega dan gula halus, kocok menggunakan mixer hingga tercampur rata.
3.Masukkan kuning telur dan putih telur secara perlahan sambil terus dikocok hingga semua mengembang.
4.Masukkan tepung terigu sambil diayak, maizena, esens vanilla dan garam secara perlahan sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata. Pastikan takaran dan penggunaan tepung disesuaikan dengan tekstur adonan, jangan sampai terlalu keras karena akan mempersulit proses pencetakan.
5.Jika sudah rata dan terlihat bisa dibentuk, proses pencetakan siap dilakukan.

Gunting bagian ujung plastic segitiga sesuai ukuran diameter corong yang dipakai dan masukkan cetakan corong bentuk bunga pada bagian dalam ujung plastic tersebut. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam plastic segitiga yang lain, gunting bagian ujungnya dan masukkan ke dalam plastic segitiga bercorong yang telah disiapkan sebelumnya. Ketika memasukkan adonan ke dalam plastic segitiga, pastikanlah adonan padat dan tidak ada rongga udara di sela-sela adonan yang dimasukkan. Memasukkan adonan ke dalam plastic segitiga tidak perlu sampai penuh, sisakan seperempat bagiannya supaya mencetak adonannya lebih mudah dan plastic bisa digenggam. Sementara itu, anda juga perlu mengoleskan margarine tipis-tipis pada loyang sebelum melakukan pencetakan adonan kue semprit. 

Pada proses pencetakan, semprotkanlah adonan kue pada loyang sesuai bentuk kue semprit yang ingin anda buat. Pastikan tersedia sedikit jarak antara adonan kue satu dengan lainnya. tips ini bertujuan supaya kue tidak menempel ketika proses pemanggangan karena adonan akan sedikit mengalami pengembangan. Setelah semua selesai tercetak, berikanlah satu potong sukade di atas persis bagian tengah setiap kue untuk mempercantik tampilan kue semprit anda. Saat ini, sukade tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari merah, kuning dan hijau. Jika tidak ada sukade, anda bisa menggantinya dengan selai jeli strawberry di atasnya sesuai selera.

Beberapa saat sebelum memasukkan kue pada oven, panaskanlah oven sesuai suhu yang dibutuhkan. Biasanya suhu untuk memanggang kue kering sekitar 150 derajat Celsius sampai 170 derajat Celsius tergantung dari jenis kue kering yang dibuat. Jika sudah siap, masukkan kue dalam oven hingga matang. Setelah itu, keluarkan kue dari oven dan biarkan uap panas dari kue menghilang. Apabila sudah cukup dingin, simpanlah kue semprit dalam toples supaya tahan lama dan kerenyahannya terjaga.

No comments:

Post a Comment