Resep Bistik Daging Sapi

Mengolah resep bistik daging sapi yang enak patut dicoba sebagai salah satu pilihan menu yang memanjakan lidah untuk keluarga. Manyajikan pilihan menu makanan yang variatif setiap harinya sangat penting untuk dilakukan. Sebab, jika terbiasa menghidangkan satu atau dua jenis menu maka keluarga kita akan cepat merasa jenuh dan akhirnya kehilangan nafsu makan. Sebagai ibu rumah tangga yang baik, kita memang wajib mengekplorasi keahlian memasak. Menyajikan makanan yang menggiurkan dan mengundang selera sangat penting untuk dilakukan.

Resep Bistik Daging Sapi

Namun, jangan sampai kita mengabaikan kandungan gizi dalam makanan yang akan disajikan ke meja makan. Menghidangkan menu ini perlu juga memperhatikan kandungan gizi di dalamnya, salah satunya dengan cermat memilih daging sapi yang berkualitas. Bistik daging sapi tentunya menjadikan daging sapi sebagai bahan utama. Daging mengandung banyak zat bermanfaat untuk tubuh, sebelum mengetahui teknik mengolah daging sapi yang tepat untuk menyajikan bistik daging sapi lezat. Kita perlu tahu kandungan gizi apa saja yang terkandung dalam daging sapi sebagai bahan utama.

Berikut adalah beberapa jenis zat gizi yang bisa didapatkan ketika kita mengkonsumsi daging sapi yang berkualitas:

1.       Kandungan zat besi,

Daging sapi yang masih segar selain melezatkan resep ini juga akan mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang terjaga dengan baik akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Sehingga sangat cocok untuk membantu masa pertumbuhan anak, agar mampu meningkatkan konsentrasi belajarnya. Kemudian menghindarkan resiko tubuh terkena penyakit yang membuat aktivitas anak terganggu. Zat besi juga membantu pembentukan sel darah merah sehingga membantu penderita anemia dan mencegah terjadinya anemia.

2.      Sumber protein hewani,

Bahan makanan jenis daging juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat diperlukan oleh tubuh. Protein dalam tubuh memiliki fungsi untuk membantu proses perkembangan sel otak, sehingga sangat bermanfaat untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Selain membantu pembentukan dan pertumbuhan sel otak, protein juga membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan. Pembentukan jaringan yang terjaga dengan baik, akan membantu tubuh menjadi lebih kebal dan mencegah terjadinya mal gizi. Sebab tubuh memiliki tempat yang cukup untuk menyimpan cadangan energi yang masuk lewat makanan yang dikonsumsi.

3.         Tinggi kandungan omega 3,

Bagi anda yang selama ini berkeinginan untuk mencoba resep tersebut maka pastikan anda memilih daging sapi berkualitas. Sebab dalam daging sapi yang baik, juga mengandung omega 3 yang menjadi sumber antioksidan alami tubuh. Kebutuhan tubuh akan antioksidan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini akan membuat tubuh kita menjadi sukar terkena gangguan penyakit. Kandungan omega 3 ini juga sangat baik untuk membantu anda memiliki jantung yang sehat. Sebab memiliki fungsi sebagai pembantu kinerja jantung untuk bekerja dengan lebih optimal.

4.       Kaya vitamin B kompleks,

Berkurangnya konsentrasi bisa disebabkan oleh banyak hal, mencegah hal tersebut sebaiknya anda rutin mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Dalam resep ini anda akan menggunakan daging sapi, yang di dalamnya mengandung vitamin B kompleks. Vitamin B komplek akan merangsang kerja sel saraf pada otak sehingga membantu anda bisa lebih mudah berkonsentrasi. Selain meningkatkan konsentrasi, vitamin B kompleks juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat secara alami. Konsumsi dengan porsi yang tepat akan menunjang kemampuan kita dalam menyerap informasi dari lingkungan sekitar dengan lebih mudah.

Ada banyak bukan manfaat dari mengolah resep tersebut untuk disantap bersama keluarga? Jika anda tertarik mengambil manfaat dari daging sapi, maka jangan ragu untuk mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Berikut resep mudah dan sederhana untuk bisa menyajikan sendiri menu bistik daging sapi dengan rasa ala chef:

Bahan untuk bistik:

·      Daging sapi yang dicincang, ¼ kg.
·      Mentega 3 sdm.
·      Tomat buah secukupnya.
·      Garam secukupnya.
·      Telur ayam 1 butir.

Bahan untuk saus bistik:

·      Garam secukupnya.
·      Lada putih bubuk ½ sdt.
·      Kecap manis secukupnya.
·      Margarin 3 sdm.
·      Kaldu ayam 300 cc.
·      Pala bubuk ½ sdt.
·      Bawang merah, diris halus, 8 siung.

Cara membuat :

1.Campurkan antara daging sapi cincang dengan telur dan tambahkan garam, aduk hingga tercampur rata.
2.Tambahkan irisan tomat, aduk kembali gingga rata, ambil campuran daging sapi dan bentuk bulat pipih.
3.panaskan wajan gril, oleskan mentega, masukkan daging sapi yang sudah dibulatkan.
4.Masak daging sapi hingga berubah warna dan matang, sisihkan.

Cara membuat saus bistik:

1.Panaskan margarin, masukkan irisan bawang merah, tumis hingga mengeluarkan aroma harum.
2.Masukkan air kaldu ayam, aduk hingga rata dan masukkan bahan-bahan saus lainnya.
3. Aduk perlahan hingga saus mendidih, kemudian angkat.
4. Sajikan daging bistik di atas piring dan siram dengan saus.
5. Bistik daging sapi siap untuk disantap.

Mengolah sendiri resep tersebut patut untuk dicoba sebab proses pembuatannya tidaklah sulit untuk dilakukan. Bistik daging selain cocok sebagai menu makan siang juga pas rasanya jika digunakan sebagai menu sarapan. Kandungan gizi yang dimiliki daging sapi akan efektif membantu tubuh bekerja dengan maksimal di hari tersebut. Agar bisa menikmati ragam zat bermanfaat dalam daging sapi anda juga harus memilih daging sapi berkualitas baik. Usahakan menggunakan daging yang masih segar agar komposisi zat gizi yang dimiliki tidak berkurang. Memilih daging yang masih segar memang bukanlah hal yang mudah, terlebih untuk anda yang jarang bersentuhan dengan bahan satu ini.

Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjamin anda mendapatkan daging sapi berkualitas dan segar, diantaranya:

1.Membeli daging sapi di tempat yang terpercaya, sehingga mendapatkan daging yang berkualitas dan terhindar dari daging yang sudah rusak ataupun oplosan.
2.Memahami ciri daging sapi yang masih segar, salah satunya ialah dari warna yang masih merah menyala.
3.Daging yang segar juga ditandai oleh teksturnya yang kenyal, yakni mudah kembali ke bentuk awal apabila ditekan.
4.Memilih daging kemasan yang mencantumkan tanggal penyembelihan dan masa kadaluarsa daging tersebut.

Daging sapi yang terjaga kualitasnya akan membantu anda menikmati manfaat zat gizi yang terkandung di dalamnya. Cermat dalam berbelanja akan membantu anda terhindar dari resiko mendapatkan daging yang sudah tidak berkualitas. Daging yang rusak selain minim zat gizi juga bisa menjadi sumber penyakit karena mengandung bahan berbahaya. Makanan menjadi sumber kesehatan namun pada kondisi tertentu juga akan menjadi sumber penyakit.

No comments:

Post a Comment