Cara Membuat Puding Jagung

Bagi anda yang sudah sering membuat aneka puding dari berbagai buah, cara membuat puding jagung tentu tidaklah sulit untuk dilakukan. Bagi yang belum pernah mencobanya, puding yang mempunyai rasa begitu enak dan khas ini, sangatlah mudah dalam proses pembuatannya. Selain itu kandungan penuh serta yang terdapat dalam sebuah puding ini, tentu akan membuat pencernaan anda menjadi lebih sehat. Rasa puding yang segar, ternyata juga bisa kita gunakan sebagai alat untuk menjaga kesegaran bau mulut, jika kita selesai menyantap hidangan berlemak yang berpotensi menimbulkan bau mulut.

Cara Membuat Puding Jagung

Resep itu sendiri sangatlah mudah serta tidak memerlukan bahan-bahan yang rumit. Semua bahan bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar ataupun di toko-toko yang menjual alat kebutuhan sehari-hari disekitar anda. Selain bahan yang mudah, peralatan yang akan kita gunakan juga relatif sedikit dan tidak banyak, jadi bila anda kurang menyukai acara bersih-bersih setelah memasak, membuat puding ini tidak akan terlalu merepotkan anda. Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah:

·  1 bungkus agar-agar yang berwarna putih,
·  2 buah jagung manis yang sudah dikukus atau sudah matang karena dimasak,
· 800 ml santan kelapa murni,
·  3 sdm tepung maizena,
·  1 sdt garam atau secukupnya,
· 6 sdm gula pasir atau secukupnya sesuai selera.

Adapun dalam proses membuatnya biasanya terdapat beberapa variasi yang bisa anda gunakan. Anda bisa mencampur dengan puding yang lain sehingga mempunyai rasa yang lebih nikmat. Biasanya campuran puding lain yang cocok untuk puding jagung adalah puding susu, dimana proses pembuatannya juga tidak jauh berbeda dengan puding-puding lainnya. Kembali kepada bahan-bahan puding jagung diatas, untuk mengolah resep ini anda harus lakukan:

1.  Ambil biji jagung yang sudah masak, taruh dalam wadah blender dan buanglah batang jagung nya,
2.  Tuangkan santan cair ke dalam wadah blender tersebut, kemudian blender kedua bahan tersebut hingga lembut. Setelah benar-benar lembut, kemudian seringlah ampasnya dan sisihkan,
3.  Siapkan panci yang sudah diisi 800 ml air kemudian masak,
4. Setelah air dalam panci cukup hangat, masukkan agar-agar warna putih, gula pasir dan garam secukupnya serta tepung maizena. Aduk-aduk sebentar,
5.  Masukkan hasil blender jagung yang sudah disaring ke dalam panci berisi adonan diatas kemudian aduk-aduk hingga mendidih,
6.  Jangan lupa untuk memasak adonan puding ini pada api sedang saja jangan yang terlalu besar.

Setelah adonan puding ini mendidih, maka segera angkat panci kemudian masukkan adonan ke dalam wadah atau loyang yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah selesai dituang dalam loyang, bisa dianggap bahwa proses telah selesai. Hal yang harus dilakukan hanya sekedar menunggu adonan tersebut hingga mengeras, dimana bisa dengan cara dibiarkan pada udara terbuka sehingga mendapat angin atau dengan cara memasukkan adonan ke dalam kulkas rumah anda. Bila anda ingin mencampur ini dengan puding yang lain, waktu yang tepat untuk mencampur adalah ketika adonan puding pertama belum terlalu padat atau masih agak lembek.

Namun bila anda tidak mencampur adonan puding ini dengan puding yang lain pun juga tidak menjadi masalah karena kualitas rasa dan kandungan dari puding satu ini, dijamin akan membuat anda tidak dapat melupakan rasanya. Bila puding dituang dalam loyang, anda tinggal memotong kecil-kecil sesuai selera untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment