Cara Membuat Kue Bawang Renyah&Gurih

Percaya nggak, membuat penganan berupa kue yang enak tidak selalu sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya loh. Salah satu buktinya yaitu kue bawang. Lirik saja cara membuat kue bawang yang tergolong mudah dan praktis namun menghasilkan kue dengan cita rasa yang sanggup memanjakan lidah. Kue yang satu ini juga disukai banyak orang karena mempunyai rasa yang gurih dan nikmat. Kue bawang memiliki tekstur yang renyah seperti pangsit atau keripik dan aneka kue kering sejenisnya. Itulah sebabnya kue bawang menjadi salah satu hidangan favorit yang selalu tersedia di rumah khususnya ketika hari raya lebaran untuk menyemarakkan suasana kebersamaan dengan penuh kesederhanaan.

Cara Membuat Kue Bawang Renyah&Gurih

Kue bawang termasuk kategori kue tradisional karena hanya dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan juga diproses melalui cara pembuatan yang sederhana. Resep tersebut tidak seperti kue pada umumnya. Jika biasanya kue identik dengan suatu adonan yang dipanggang menggunakan oven, lain halnya dengan kue bawang yang dibuat melalui proses penggorengan dengan minyak panas. Itulah yang membuat kue bawang dianggap sebagai hidangan yang praktis dan mudah dibuat tanpa harus menggunakan oven untuk membuatnya. Waktu pembuatan yang singkat membuat kue yang satu ini menjadi penganan andalan ibu di rumah untuk menjamu tamu ataupun dijadikan sebagai cemilan ketika kumpul bersama keluarga.

Sebelum mengetahuinya anda perlu tahu apa saja sih bahan-bahan yang perlu disediakan. Satu hal penting dalam memilih bahan, pastikanlah semuanya adalah produk yang berasal dari merek terpercaya yang memiliki kualitas premium dan bisa diandalkan. Bahan utama yang anda perlukan antara lain:

· 300 gram tepung terigu berprotein sedang (250 gram untuk campuran adonan dan 50 gram untuk taburan).
·    50 gram tepung sagu.
·     75 ml air dingin atau santan kental (pilih sesuai selera).
·     2 butir telur.
·     Minyak untuk menggoreng.

Selain bahan-bahan tersebut, anda juga perlu mempersiapkan bumbu halus sebagai pelengkap rasa kue bawang yang anda buat. Bumbu halus yang dibutuhkan antara lain:

·      5 siung bawang putih.
·      3 butir bawang merah.
·      Garam secukupnya.
·      Daun seledri cincang secukupnya.

Apabila semua bahan dan bumbu halus sudah dipersiapkan, maka kini saatnya anda melakukan step by step proses dan langkah-langkah nya di bawah ini, yuk!

1.Campurkan tepung terigu, tepung sagu, bumbu halus dan telur hingga tercampur rata.
2.   Masukkan santan atau air secara perlahan sambil terus diaduk dengan tangan hingga menggumpal menjadi adonan yang kalis.
3.    Masukkan seledri yang sudah dicincang halus pada adonan dan uleni kembali sampai rata.
4.  Giling adonan dengan mesin penggiling pasta dan sesuaikan ketebalan kue bawang yang anda inginkan sambil taburi sedikit terigu agar tidak lengket.
5.  Cetak kue bawang menjadi bentuk korek api memanjang dengan mesin pasta yang anda gunakan atau cetak sendiri sesuai selera menggunakan cetakan atau pisau secara manual.
6.   Panaskan wajan dan minyak goreng.
7.   Goreng adonan kue bawang hingga matang dengan warna kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

Jika semua resep tadi selesai dikerjakan dan adonan kue bawang sudah matang sekaligus ditiriskan hingga minyaknya hilang, kini saatnya anda menempatkan kue bawang yang sudah jadi dalam toples kedap udara untuk mempertahankan kerenyahan dan kualitasnya. Dengan begitu, kue bawang yang sudah anda buat dapat dihidangkan di meja tamu sebagai cemilan. Kue bawang yang terjaga ketahanannya dapat dikonsumsi hingga sebulan bahkan dua bulan dengan tingkat kerenyahan yang tetap bertahan loh. Itulah sebabnya anda wajib mengamankan penganan ini pada wadah yang tepat setelah kue benar-benar tiris.

Tips dan trik membuatnya.

Untuk membuat kue bawang yang rasanya gurih dan nikmat, anda harus pastikan bahwa proses pengulenan dari adonan kue yang anda buat telah dilakukan dengan baik dan rata. Selain tips mengolah kue bawang yang harus diperhatikan, tentu saja kualitas bahan dan bumbu yang anda gunakan haruslah berasal dari komposisi kualitas terbaik sehingga menghasilkan hidangan yang aman dan baik untuk dikonsumsi. Rasa gurih dari garam, santan (jika pakai) dan bumbu halus sudah cukup membuat kue bawang anda terasa enak dan nikmat sehingga anda tak perlu menambahkan penyedap rasa atau sejenis kaldu buatan yang tidak alami di dalamnya.

Untuk menciptakan kue bawang dengan tingkat ketebalan yang sama rata, anda disarankan menggunakan mesin pembuat adonan kulit pastel atau pemipih adonan pasta. Dengan alat tersebut, anda bisa menyesuaikan tingkat ketebalan kue sesuai keinginan. resep dengan bantuan mesin tersebut memang akan semakin mudah dan cepat. Tapi jika tidak ada mesin tersebut di rumah, tentu bukan masalah kok. Anda bisa memakai roller pin atau penggiling adonan berbentuk silinder untuk memipihkan adonan kue bawang anda secara manual.

Jika tidak ada roller pin, anda dapat menggunakan botol kaca bekas sirup yang telah dicuci bersih sebagai pengganti alat tersebut. Selama ada alat yang bisa digunakan untuk membuat adonan kue bawang yang pipih, maka seluruh tahapan resep diatas dapat berjalan dengan baik. Kemudian, proses pencetakan adonan kue bawang juga tidak diwajibkan untuk memakai mesin, anda bisa berkreasi sesuka hati dengan membentuk adonan sendiri menggunakan cetakan atau pisau dan lain-lain sehingga bentuk kue bawang yang anda buat lebih menarik. Ketika mencetak adonan, penggunaan tepung perlu ditaburkan supaya adonan tidak lengket dan mudah dibentuk.

Selanjutnya, tahap menggoreng ini adalah bagian penting yang menentukan hasil akhir dari kue yang anda buat. Pastikanlah minyak goreng yang anda gunakan merupakan minyak kualitas tinggi dan pemakaiannya dalam jumlah yang cukup banyak. Sebab, kue bawang bisa dibuat dengan proses deep fry sehingga seluruh adonan terendam minyak ketika digoreng supaya tingkat kematangan yang dihasilkan merata ke seluruh bagian adonan. Pastikan juga minyak yang digunakan sudah cukup panas sehingga proses menggoreng menjadi lebih cepat dan menghasilkan kue bawang yang renyah.

Tahap terakhir yaitu penirisan. Semua kue bawang yang telah matang harus ditiriskan hingga minyak yang menempel benar-benar turun atau hilang. Hal ini dilakukan untuk membuat kue terasa lebih renyah dan tetap gurih. Jika penirisan tidak dilakukan dengan benar, maka kue bawang akan mudah alot dan basah sehingga kurang enak untuk dimakan. Setelah kue bawang tiris, anda bisa memasukkannya ke dalam toples atau wadah kedap udara sehingga kue bawang akan tetap gurih dan enak untuk jangka panjang mencapai dua bulan.

No comments:

Post a Comment