Cara Membuat Es Pisang Ijo

Banyak orang mengira bahwa cara membuat es pisang ijo itu sulit dan pasti membutuhkan bahan yang mahal serta tidak sedikit. Memang es yang asli berasal dari daerah makassar ini, bila diperhatikan dari bentuknya akan terlihat bahwa proses pembuatannya memerlukan usaha yang cukup membuat repot. Namun jangan salah, begitu anda menyantap es ini bersama dengan teman-teman arisan atau dengan keluarga maka rasa capek atau repot anda seakan terhapuskan segera. Belum lagi rasanya yang segar dan khas, pasti akan membuat dahaga anda hilang seketika itu juga.

Cara Membuat Es Pisang Ijo

Sebenarnya resep ini walaupun agak merepotkan, namun sama sekali tidaklah rumit. Demikian juga untuk bahan-bahan yang harus disiapkan. Walaupun mungkin sedikit banyak, namun semuanya dapat diperoleh dengan mudah serta tidak ada bahan khusus yang memerlukan waktu lama untuk mencarinya. Demikian juga untuk peralatan masaknya. Untuk bahan-bahan yang diperlukan agar masakan es ini bisa dinikmati keluarga anda adalah:

·  250 gram tepung beras, dipisahkan menjadi dua bagian, masing-masing 200 gram dan 50 gram,
·    ½ sdt garam dapur, bisa yang asar maupun halus,
·   5 butir pisang raja, usahakan yang sudah cukup tua kemudian kupas kulitnya tapi jangan sampai patah,
·    Pewarna makanan (boleh hijau atau merah sesuaikan selera),
·    350 ml air bersih,
·    125 ml air daun suji,
·    Sirup coco pandan yang berwarna merah,
·    Es serut seperlunya saja,
·    Adapun untuk campuran sausnya anda bisa siapkan:
a.    85 gram gula putih atau sesuai selera,
b.    60 gram tepung terigu usahakan yang berkualitas baik,
c.     selembar daun pandan,
d.    650 ml santan kelapa,
e.    1/4 sd teh garam.

Adapun untuk cara membuatnya.

1.  Campurlah berbagai bahan seperti tepung beras ( yang 200 gram ), air bersih , garam dapur, air daun suji dan juga pewarna makanan yang sudah anda siapkan,
2.  Kemudian rebuslah sambil diaduk-aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga mendidih,
3.  Setelah mendidih, segera angkat dan tambahkan tepung beras yang 50 gram sisanya sambil diaduk-aduk hingga kalis,
4.  Setelah kalis, pipihkan adonan hingga tipis tapi tidak terlalu tipis, kemudian gunakan sebagai balutan pisang raja secara satu persatu hingga tertutup sempurna,
5.  Kemudian rebuslah pisang berbalut adonan tersebut hingga matang, bisa jadi membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit,
6.   Setelah matang segera angkat dan sisihkan dahulu,
7.  Untuk sausnya, masaklah berbagai bahan saus yang telah dipersiapkan diatas dengan direbus sambil sesekali diaduk. Setelah mendidih, segera angkat adonan lalu biarkan terkena angin hingga dingin.

Untuk penyajiannya, anda juga perlu perhatikan karena ini juga penting. Ambil mangkuk ataupun gelas saji berdiameter agak lebar, kemudian potong-potong pisang sesuai selera lalu dimasukkan ke dalam mangkuk saji. Tips ini selanjutnya adalah dengan memberikan taburan es serut tersebut diatas pisang tadi di lanjut tuangkan saus sesuai selera. Terakhir anda dapat memberikan sedikit siraman sirup diatas sajian tadi.

Untuk menikmatinya, anda bisa mengaduk-aduk sajian tadi hingga tercampur merata antara saus dan sirup hingga berwarna merah atau mengambil sedikit demi sedikit bagian minuman tersebut. Namun untuk menikmatinya terserah saja sesuai keinginan atau selera anda.

No comments:

Post a Comment