Cara Membuat Es Kopyor

Udara siang yang panas, akan dengan mudah diatasi apabila kita mengetahui cara membuat es kopyor yang menyejukkan. Siapa yang tak kenal dengan minuman khas Indonesia ini? Kesegaran serta rasanya yang khas, tentu seolah-olah dapat membangkitkan kembali semangat anda yang terkuras setelah beraktifitas di tengah panas yang terik. Es yang khas dengan rasa buah kelapa ini, memang sekarang sudah banyak mengalami modifikasi. Mulai dari pemanis, pewarna serta isinya yang tidak lagi benar-benar murni dari kelapa. Bahkan bila kita tidak secara hati-hati mencermati nya, salah satu bahan-bahan tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan.


Dengan kita mengetahui resep yang sangat menyegarkan ini, tentu kita akan terhindar dari sikap tidak higienis dari para penjual di pinggir jalan atau warung yang tidak bersih. Bahan-bahan untuk membuat es ini, sebenarnya sangatlah mudah dan tidak sulit untuk didapatkan. Demikian juga untuk peralatan yang disiapkan, juga sangat tidak merepotkan. Untuk peralatan anda hanya memerlukan panci kecil untuk memasak air, serta gelas saji untuk menyajikan kepada beberapa orang. Adapun untuk bahan, anda bisa mulai dengan menyiapkan:

·      1 butir kelapa kopyor yang memiliki daging untuk diparut,
·      1 bungkus agar-agar warna putih,
·      1 sdm gula pasir,
·      Sirup rasa coco pandan secukupnya,
·      Es batu secukupnya (kalau bisa es batu berasal dari air matang),
·      Garam secukupnya.

Setelah anda menyiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan, langkah untuk cara membuat selanjutnya adalah mulai mencampur bahan-bahan tersebut. Adapun langkahnya adalah:

1. Parutan kelapa diperas dengan memakai air dari kelapa tersebut, hingga didapatkan santan yang benar-benar bersari pati kelapa,
2.  Kemudian masukkan 1 bungkus agar-agar kedalam santan yang telah kita buat dengan air kelapa tadi,
3. Setelah ditambahkan dengan gula pasir, kemudian masak campuran santan dengan agar-agar tersebut dengan api kecil namun jangan terlalu matang sempurna serta terus diaduk-aduk,
4. Setelah dianggap cukup panas atau mendidih sebentar, segera angkat dan tuangkan ke dalam gelas yang sebelumnya sudah diberi es batu,
5.  Tambahkan dengan sirup coco pandan sesuai dengan selera.

Setelah kita menyelesaikan proses pembuatan es tadi, maka tiba waktunya untuk menghidangkan minuman tersebut. Agar resep tersebut diatas semakin lengkap, maka ada baiknya dalam penyajian kita juga menghias dengan baik serta menarik. Penambahan bahan seperti nata de coco ke dalam minuman juga bisa menambah cita rasanya menjadi lebih segar, tergantung kemauan anda. Tambahan beberapa aksesoris seperti sedotan yang mempunyai bentuk bervariasi, atau irisan buah lemon yang dipotong tipis kemudian diselipkan diatas gelas penyajian. Waktu penyajian yang tepat, juga harus diperhatikan agar minuman tersebut benar-benar bisa bermanfaat untuk menyejukkan badan dan bisa juga untuk menambah energi guna beraktivitas kembali.

Minuman ini juga akan terasa semakin nikmat bila ketika menikmatinya bersama anggota keluarga lain atau bersama teman-teman bermain. Selain akan semakin membuat suasana menjadi lebih ceria dan bersemangat, kebersamaan ini tentu juga akan semakin meningkatkan hubungan antar teman atau keluarga menjadi tambah erat dan juga kekompakan terjalin rapi. Agar anda terhindar dari masalah kesehatan, senantiasa perhatikan kehigienisan bahan serta peralatan dalam proses pembuatan minuman ini.

No comments:

Post a Comment