Cara Membuat Kue Nastar Keju Empuk&Enak

Jika anda kebetulan berburu informasi terkait cara membuat kue nastar yang baik agar tidak pecah sekaligus renyah. Maka anda bisa memanfaatkan banyak media untuk bisa memahami teknik mengolah kue nastar yang pas dan sesuai dengan aturan dalam buku resep. Kue nastar merupakan salah satu kue kering yang mudah dijumpai, terlebih saat hari raya. Membuat kue ini sendiri di rumah bisa dijadikan pilihan sebab proses membuatnya tidaklah sulit dan tergolong sederhana. Membuat sendiri sajian kue kering untuk camilan minum teh atau kopi memang memberikan banyak manfaat.

Cara Membuat Kue Nastar Keju Empuk&Enak

Terbiasa dengan pola konsumsi yang praktis justru akan memudahkan kita menemukan makanan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini terjadi, karena makanan ataupun jenis jajanan yang dijual di pasaran tidaklah jelas kualitas bahan dan proses pengolahannya. Ada banyak sekali produsen makanan siap konsumsi yang secara ilegal menambahkan bahan-bahan yang tidak baik jika masuk ke dalam tubuh. Apalagi untuk anak-anak, pastinya akan mudah memilih jajan karena jajanan di luar sana memiliki penampilan yang menggoda selera. Sebagai orangtua kita perlu mawas diri, dan mencoba mengurangi kebiasaan anak yang suka jajan sembarangan. Maka, anda perlu mengetahui resepnya sendiri di rumah, agar bisa membiasakan anak dan seluruh anggota keluarga. Mengkonsumsi makanan yang berkualitas dan terjamin keamanannya, anda pun bisa menikmati banyak manfaat, seperti:

·    Membantu mengatur keuangan keluarga, karena akan lebih berhemat jika apa-apa yang masuk ke tubuh diolah sendiri dibanding membeli makanan siap konsumsi.
·    Membantu mencukupi kebutuhan gizi anak, mengolah kue kering yang kaya gizi bisa dimulai dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, maka sebaiknya mengolah sendiri.
·    Bisa membuat kue kering yang bahan-bahannya tidak menimbulkan alergi untuk anak atau diri sendiri, sebab bisa menggunakan bahan pengganti untuk bahan kue tertentu.
·  Menjadikan anda sebagai pribadi yang kreatif, sebab bisa membuat aneka jenis kue kering sendiri dan bisa menjadi sebuah keahlian yang memiliki nilai jual.

Jika anda memiliki anak yang memiliki sifat alergi terhadap bahan-bahan dalam kue kering, maka sebaiknya mengolah camilan manis dan renyah sendiri. Terlebih untuk anda yang memiliki anak dengan autis yang perlu membatasi jenis bahan makanan tertentu. Umumnya yang memiliki rasa manis, sehingga memahami cara membuatnya pun akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan camilan sehat untuk keluarga. Perihal rasa, anda juga bisa lebih leluasa bereksplorasi karena bisa menggunakan perasa kue yang sesuai dengan selera. Jika kebanyakan menemukan rasa kue nastar berupa nanas, maka anda bisa menggunakan rasa buah lainnya yang disukai.

Dalam membuat kue nastar memang banyak yang merasa kesulitan dengan membuat adonan yang renyah dan tidak pecah usai dipanggang. Kesalahan dalam membuat menu ini bisa saja terjadi karena banyak hal. Sehingga meskipun bentuk kue nastar yang sederhana, berupa bulatan berisi selai buah namun kenyataannya masih banyak yang sulit membuatnya sesempurna mungkin. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan kue nastar yang baik. Yakni tidak pecah, dan memiliki tekstur yang renyah karena termasuk ke dalam jenis kue kering. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu anda dalam mengolah kue nastar yang sempurna:

1.    Kocok adonan dengan timing yang pas,

Terlalu semangat dalam belajar membuat kue kering, kerap membuat kita abai dalam hal penentuan waktu mengocok adonan. Khusus untuk kue kering yang memiliki ciri khas berupa tekstur yang renyah, perlu waktu mengocok adonan yang pas. Kue nastar yang baik juga perlu waktu mengocok margarin maupun mentega yang pas. Dalam proses mengocok sebaiknya menggunakan mixer dengan kecepatan yang rendah. Mengocok campuran bahan pada kue nastar sebaiknya dilakukan tidak lebih dari empat menit agar tidak membuat adonan rusak. Memperhatikan resep yang tepat diawali pula dari perhitungan waktu mengocok yang pas.

2.    Mengatasi kue nastar yang permukaannya retak,

Hal ini merupakan salah satu permasalahan klasik dalam resep tersebut, bisa disebabkan oleh terlalu banyak memasukkan isi selai nanas. Perlu diingat bahwa selai untuk kue nastar sebenarnya tidak sama dengan selai yang digunakan untuk makan roti. Teksturnya lebih padat dan kering, sehingga jika hanya menemukan selai roti. Sebaiknya masak atau panaskan dahulu selai tersebut hingga kandungan airnya asat dan bisa digunakan untuk isi nastar. Masukkan selai dengan ukuran yang cukup, sehingga tidak menjadikan permukaan nastar pecah. Bulatan nastar juga harus pas, jangan terlalu tipis memudahkan membulatkan adonan. Anda perlu memasukkan adonan sebelum dicetak ke dalam kulkas.

3.    Membuat bulatan yang sama besarnya,

Nastar yang berbentuk berupa bulatan akan nampak aneh jika ukuran bola-bola nastar ini berbeda, atau tidak seragam. Salah satu rahasia membuat kue tersebut berukuran sama adalah dengan menggunakan cetakan. Cetakan disini bisa memanfaatkan cookie cutter, atau bisa dengan menggunakan gelas. Usai digiling dan dipipikan, potong adonan menggunakan gelas sehingga ukurannya akan sama rata. Saat memasukkan selai ke dalam adonan yang sudah dipotong, sebaiknya jangan terlalu lama, sebab bisa membuat kue menjadi terlalu keras.

Cara membuat.

Bahan:

·         Tepung terigu protein rendah 300 gram,
·         Margarin 150 gram,
·         Gula halus 50 gram,
·         Keju cheddar 30 gram,
·         Kuning telur 2 butir,
·         Tepung maizena 1 sdm,
·         Vanili bubuk ¼ sdt,
·         Kismis secukupnya.

Bahan selai:

·           Buah nanas 1 buah, yang dihaluskan dengan cara diparut,
·           Gula pasir 125 gram,
·           Kayu manis 3 cm,
·           Cengkeh 5 batang,
·           Garam secukupnya.

Cara membuat selai:

1. Siapkan nanas yang sudah diparut.
2. Panaskan nanas halus bersama bahan-bahan selai yang lain dengan api sedang, masak hingga air nanas asat.
3. Dinginkan, dan sisihkan.

Langkah-langkahnya

1. Kocok 2 butir kuning telur yang dicampur dengan mentega dan mentega dengan menggunakan mixer.
2. Kemudian tambahkan tepung terigu, tepung maizena, keju cheddar, vanili bubuk, dan juga susu bubuk, aduk hingga rata.
3. Pipihkan adonan, potong menggunakan cookie cutter, dan isi dengan selai yang sudah dibuat, bentuk bulat-bulat.
4. Siapkan loyang yang diolesi mentega, letakkan bulatan nastar dengan jarak, olesi permukaan nastar dengan kuning telur.
5. Hias bagian atas nastar dengan kismis.
6. Panggang selama 15 menit dengan suhu oven 175 derajat celcius.
7. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Kue nastar yang termasuk kue kering akan memiliki usia yang lebih panjang, sehingga bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus. Sebab bisa disimpan dan dikonsumsi di hari tertentu sesuai dengan kebutuhan akan camilan. Agar lebih tahan lama, pastikan anda menggunakan toples yang kedap udara atau yang tertutup dengan rapat.

No comments:

Post a Comment