Cara Memasak Cumi

Salah satu jenis seafood yang memiliki banyak penggemar adalah cumi-cumi, hewan yang satu ini memang bisa dijadikan olahan yang sangat enak dan kaya akan nilai gizi. Untuk mendapatkan olahan cumi yang enak tentunya diperlukan bahan yang segar, saat membeli pastikan bahwa cumi tersebut masih segar yaitu badannya berwarna ungu dan kenyal, cumi yang layu dan tidak mengkilap berarti sudah tidak segar lagi dan hampir busuk, selain pada pemilihan juga pada saat membersihkan, cuci cumi sampai benar-benar bersih untuk menghilangkan tinta yang ada di dalamnya, bagi anda yang tertarik untuk membuat olahan dari cumi.

Cara Memasak Cumi

Bahan-bahan:
- 600 gram daging cumi segar
- 1 buah bawang bombay, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 1 buah paprika merah, potong kecil-kecil
- 2 cm jahe, memarkan
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 1 sdm kecap asin
- 4 sdm saus sambal
- ½ sdt merica bubuk
- ½ sdt garam
- 1 sdm tepung maizena, campur dengan sedikit air
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdm margarin

Cara memasak.
1. Rebus cumi dengan 500 ml air hingga matang, tiriskan.
2. Panaskan margarin kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, tambahkan paprika dan dan jahe.
3. Masukkan satu gelasair ke dalamnya, tambahkan air jeruk nipis, saus sambal, kecap asin, merica bubuk, gula, dan garam, masak hingga mendidih. Kemudian tambahkan larutan maizena masak sampai mengental, aduk sampai matang dan sajikan.

Resep tersebut bisa anda coba di rumah, anda bisa menyajikannya sebagai lauk makan hari ini, selain enak juga kaya akan gizi, untuk hasil yang lebih enak gunakan bahan-bahan yang masih segar, anda juga bisa berinovasi sendiri menggunakan bahan masakan daging cumi tersebut, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment