Cara Memasak Ayam Rica-Rica yang Sedap

Menciptakan makanan yang segar dan sehat adalah suatu hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang bunda, apalagi masakan untuk keluarga. cara memasak ayam rica-rica yang sedap dapat menjadi referensi menu makanan saat liburan kali ini. Penggunaan bahan yang berkualitas tinggi dalam pengolahan menu ini bisa menjadi sumber energi yang sangat baik bagi tubuh. Dengan begitu aktivitas bisa dilakukan dengan lancar. Perlu anda perhatikan juga teknik memasaknya supaya hasilnya memuaskan dan menciptakan rasa yang sangat sedap. 
Cara Memasak Ayam Rica-Rica yang Sedap
Bahan-bahan.  
-  Ayam 1 ekor dipotong menjadi 8 bagian,
-  Daun jeruk 5 lembar,
-  Garam ½ sdt,
-  Gula pasir ½ sdt,
-  Air 200 ml,
-  Minyak 4 sdm,
-  Cabai merah keriting 8 buah, dihaluskan,
-  Cabai merah besar 3 buah, dihaluskan,
-  Cabai rawit merah 3 buah, dihaluskan,
-  Bawang merah 6 butir, dihaluskan,
-  Bawang putih 2 butir, dihaluskan,
-  Jahe 2 cm, haluskan,
-  Tomat merah 2 buah dihaluskan.
Cara memasak. 
 1.  Ayam yang sudah dipotong dilumuri dengan 1 ½ sdm air jeruk nipis dan garam 1 sdt agar tidak timbul bau amis, diamkan selama 15 menit. 
2. Panaskan minyak pada wajan dengan api sedang. Lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, tomat, jahe, cabai keriting, cabai rawit, dan cabai besar. Tambahkan juga daun jeruk sambil diaduk hingga tercium aroma wangi. 
3. Setelah itu masukkan ayam dan aduk hingga warnanya berubah. Beri tambahan gula dan garam agar rasanya semakin sedap. 
4. Tuang air sedikit demi sedikit, dan masak hingga kuahnya mengental. 
Sajikan rica-rica dengan nasi hangat agar rasanya semakin mantap. Menu yang menggunakan bahan dasar ayam ini memiliki kandungan protein, mineral dan vitamin yang cukup tinggi. resep seperti diatas membutuhkan waktu satu jam. Daging ayam yang sehat menjadi sumber protein yang berfungsi penting terhadap tubuh. Selain itu untuk menjaga kepadatan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis pada orang lanjut usia. 

No comments:

Post a Comment