Cara Memasak Kerang Hijau yang Lezat

Makanan dengan bahan kerang hijau mungkin sudah tidak asing lagi orang Indonesia. Kerang merupakan salah satu hewan laut yang bisa dijumpai di pasar dan menjadi hidangan yang paling banyak dipesan saat di restoran.

Resep kerang hijau yang lezat tergolong mudah dan bumbu yang diperlukan juga bisa didapatkan di pasar. Selain terkenal dengan kelezatannya, kerang juga bernutrisi tinggi, di dalam 100 gram kerang terdapat protein tinggi asam amino yang mudah untuk dicerna. Memiliki kandungan asam lemak omega yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

cara memasak kerang hijau, resep kerang hijau, kerang enak

Bahan-bahan.
· Kerang hijau yang sudah dikupas sebanyak 125 gram,
· Bawang merah 3 butir, diiris tipis,
· Bawang putih 2 butir, diiris tipis,
· Cabe tawit 2 buah,
· Cabe hijau 4 buah,
· Tomat sayur 2 buah,
· Garam secukupnya,
· Gula pasir secukupnya,
· Penyedap rasa secukupnya.

Cara memasak.
1. Bersihkan kerang pada baskom dengan air bersih, kemudian tiriskan.
2. Didihkan air dalam panci, lalu masukkan semua kerang yang sudah dikupas hingga matang selama 5 menit lamanya. Setelah itu angkat dan tiriskan.
3. Bawang, cabe dan tomat dipotong kecil sesuai dengan selera anda.
4. Minyak dipanaskan pada sebuah wajan, lalu tumis bawang, tomat, dan cabe sampai harum dan layu. Masukkan kerang rebus, garam, gula, penyedap rasa sambil diaduk terus agar bumbu meresap sempurna.
5. Matikan api kompor dan sajikan selagi masih hangat.

Manfaat saat mengkonsumsi kerang sangatlah banyak. Di dalam penelitian sudah menunjukkan bila mengkonsumsi kerang sekali dalam seminggu dalam mengurangi resiko terkena serangan jantung mendadak. Penelitian lainnya juga memberikan hasil jika makan 280 gram kerang selama tiga minggu berturut-turut bisa menurunkan kadar lemak dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

No comments:

Post a Comment