Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram

Bagi pecinta kuliner yang menyukai bahan dasar masakan kerang kali ini kami akan mengulas cara memasak kerang hijau saus tiram dengan tambahan bumbu saus tiram. Jenis kerang memang sangat banyak, namun pada menu kali ini menggunakan kerang hijau. Bahannya dapat dijumpai pada pasar tradisional atau super market. Banyak orang yang menyediakan kerang hijau yang sudah diberi bumbu kuning, tetapi kali ini kami akan memberikan teknik mengolah kerang hijau dengan bumbu paling enak. Saus tiram merupakan saus berwarna kehitaman dan agak kental dengan rasa gurih dan asin. Saus ini sangat cocok untuk bahan dasar yang berasal dari laut seperti kerang hijau. 

Cara Memasak Kerang Hijau Saus Tiram, resep kerang saus tiram

Bahan - bahan.

- Kerang hijau 400 gram direbus,
- Bawang bombay ½ buah, dicincang,
- Jahe 2 cm, diiris memanjang,
- Saus tiram 2 sdm,
- Saus tomat 1 sdt,
- Merica hitam bubuk ¼ sdt,
- Garam ½ sdt,
- Gula pasir ¼ sdt,
- Daun bawang 1 batang, dipotong serong,
- Minyak 2 sdm,
- Tepung sagu 1 sdt dan air 1 sdt sebagai pelarut.

Cara memasak.

1. Panaskan minyak dalam api sedang, lalu lepas salah satu cangkang kerang dan masukkan dalam minyak hingga mengering. Setelah itu disisihkan.

2. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai tercium bau harum. Masukkan saus tomat dan saus tiram yang sudah disediakan, aduk merata.

3. Tuang sedikit air, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masukkan larutan tepung sagu dan tunggu sampai meletup-letup.

4. Tambahkan potongan daun bawang, lalu masukkan semua kerang hijau sambil diaduk agar bumbu meresap sempurna.

Setelah itu angkat kerang ke piring saji dan siap untuk dicicipi. Akan lebih lengkap rasanya bila dinikmati dengan nasi putih yang hangat. resep ini tidaklah rumit, hanya dengan langkah mudah seperti diatas maka anda dapat menikmati kerang yang rasanya enak. Menu ini cocok untuk menemani makan malam anda dengan pasangan.

No comments:

Post a Comment