Cara Memasak Ampela Bakar Ati Khas Padang

Ati ampela merupakan bagian dalam dari ayam atau hewan lainnya. Biasanya, bagian ayam yang sering diolah menjadi berbagai macam masakan misalnya dibakar. Walaupun beberapa orang menyukai olahan ati ampela namun tidak jarang ditemukan orang yang tidak ingin memakannya dengan alasan kesehatan misalnya untuk orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, asam urat dan penyakit jantung. Namun, ati ampela memiliki kandungan vitamin dan zat yang diperlukan tubuh misalnya untuk pembentukan sel darah merah.

Cara Memasak Ampela Bakar Ati Khas Padang
 
Hal yang harus diperhatikan sebelum memasak ati ampela diantaranya yaitu:

• Sebaiknya pilih yang berwarna terang dan merata, tidak ada bercak atau tonjolan yang ada di permukaan.
• Sebaiknya memilih yang ukurannya sama besar.
• Sebelum mencuci ati ampela, sebaiknya bersihkan dari lemak tebal dan untuk hati, pada bagian empedu juga harus diangkat.
• Melumuri dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau anyir dan amis serta untuk melunakkan daging. Biarkan kurang lebih 30 menit. Bilas lalu tiriskan.
• Dalam perebusan, sebaiknya memasukkan ampela terlebih dahulu selama beberapa saat. Untuk hati, potongan sebaiknya agak besar agar tidak hancur.

Tips agar makanan yang dibakar tidak menyebabkan kanker diantaranya yaitu:

• Memilih daging yang tidak terlalu berlemak dan dimasak dalam suhu sedang agar tidak menimbulkan proses dari zat karsinogen.
• Rendam daging dalam bumbu terlebih dahulu paling tidak 30 menit sebelum memulai pembakaran. Pilih bumbu yang alami sehingga dapat menurunkan kadar HCAs bakaran daging.
• Hindari pengolahan dengan suhu tinggi atau terlalu panas.
• Iris tipis daging agar proses memasak tidak terlalu lama.
• Buang bagian daging yang gosong atau terlalu matang dan pahit.
• Memakan sayur dan buah.

Memakan makanan yang diolah dengan dibakar tidak masalah asalkan memperhatikan teknik pengolahannya. Serta, mengurangi untuk mengkonsumsi daging yang dibakar dapat mengurangi resiko terkena kanker. Pada pengolahannya, jika dapat melakukan pembakaran sendiri, sebaiknya pilih atau gunakan alat bakar yang tidak bersentuhan langsung dengan api atau yang sudah gosong karena dipakai berulang kali.

Bahan untuk membuat ampela bakar ati khas Padang adalah 1 kg ati ampela, 1sdt garam, minyak goreng, 2 lembar daun kunyit, 10 lembar daun jeruk purut, 3 batang serai yang dimemarkan, 3 sdm tepung beras, 2 sdm tepung tapioka, 400 ml air putih, 2 potong kecil asam jawa/kandis, 3 sdm bawang goreng. Bumbu halus yaitu 150 gr cabai merah keriting/besar, 25 butir bawang merah, 15 siung bawang putih, 10 butir kemiri yang disangrai, 10 cm jahe, 8 cm kunyit yang dikupas lalu dibakar, 1 sdm ketumbar, 2 sdm bumbu kare, 1 sdm garam, lengkuas.

Cara memasak ampela bakar ati khas Padang yaitu pertama, merebus ati ampela sekitar 1 jam dan direbus beberapa kali agar tidak bau atau dapat menggunakan perasan air jeruk nipis. Potong dadu lalu masukkan ke panci dan beri garam. Rebus kembali. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu halus. Tambahkan daun kunyit, daun jeruk, serai, lengkuas, aduk rata. Masukkan bumbu halus, asam kandis, bumbu kare ke panci daging dan rebus hingga bumbu menyerap/kuah tersisa setengah. Keluarkan ati ampela lalu tusuk dengan tusuk sate. Panaskan panci bumbu dan masukkan larutan tepung dan aduk merata dan mengental. Tambahkan bawang goreng. Bakar sate dalam panggangan yang sudah dipanaskan sambil diolesi minyak goreng dan jangan lupa di bolak-balik. Sajikan dengan bumbu, nasi, ketupat atau lontong.

No comments:

Post a Comment