Cara Memasak Gulai Telur Ikan Padang

Salah satu bahan makanan yang paling digemari masyarakat adalah gulai telur, entah itu telur ayam, burung puyuh atau yang lainnya. bukan tanpa alasan, namun karena cukup mudah untuk mendapatkan bahan makanan yang satu ini, belum lagi dengan harganya yang terbilang sangat terjangkau. Hal tersebut kemudian banyak membuat masyarakat mengkreasikan berbagai macam menu masakan yang terbuat dari telur, selain hanya bisa direbus atau juga digoreng, nyatanya ada begitu banyak hidangan istimewa yang bisa anda buat dengan mengandalkan telur, mulai dari aneka masakan tradisional hingga masakan kontinental.

Cara Memasak Gulai Telur Ikan Padang

Satu lagi nilai lebih dari bahan makanan berupa telur adalah gizi yang terkandung di dalamnya. Ada banyak sekali nilai gizi di dalam sebuah telur, hal itulah yang membuat anak-anak wajib mengonsumsi bahan makanan tersebut, bahkan untuk ibu hamil juga diwajibkan mengonsumsinya. Namun tentunya tak semua telur bagus untuk dikonsumsi, hanya yang segarlah yang akan memberikan hal yang terbaik pada masakan anda, nah berikut ini ada beberapa tips dalam memilih telur yang segar dan bagus untuk mendapatkan hasil sempurna dalam olahan anda:

• Usahakan untuk memilih yang kulitnya bersih.
• Guncang-guncangkan telur beberapa kali, jika terdengar bunyi sesuatu menandakan bahwa telur tersebut sudah lama dan tidak bagus, namun jika tidak berarti bisa anda gunakan.
• Pilihlah yang tidak mengeluarkan aroma, karena telur yang berbau menandakan sudah lama dan tidak bagus digunakan.
• Pilih yang bentuknya lonjong karena hal tersebut menandakan jumlah kuningnya jauh lebih banyak dibandingkan bagian putihnya.
• Rendam dalam air, jika tenggelam menandakan bahwa telur tersebut masih bagus dan layak konsumsi.

Setelah mendapatkan telur yang tepat anda bisa memulai membuat masakan yang diinginkan, biasanya untuk telur sendiri kebanyakan digunakan untuk kue, namun tak menutup kemungkinan sebagai bahan baku masakan yang lainnya. Jika anda bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, maka tak ada salahnya mencoba menu yang satu ini, yaitu gulai telur ikan padang. Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

- 600 gram telur ikan, baik itu ikan tongkol atau yang lainnya.
- 2 buah jeruk nipis, peras airnya.
- 3 sdm minyak goreng.

Bumbu halus:

- 7 butir bawang merah.
- 3 siung bawang putih.
- 2 buah cabai merah besar.
- 5 buah cabai merak keriting.
- 4 sdm kelapa parut, sangrai hingga warnanya menjadi kecoklatan.
- 1 sdt ketumbar.
- 2 cm jahe.
- 2 cm kunyit.
- 2 ½ sdt garam.
- 1sdt gula pasir.
- 3 batang serai, memarkan.
- 1 buah daun pandan.
- 600 ml santan dari ½ butir kelapa.
- 2 buah daun salam.
- 1 buah asam sunti.

Cara memasak gulai telur ikan padang:

• Cuci telur ikan dan aduk menggunakan perasan air jeruk nipis, biarkan selama kurang lebih 30 menit.
• Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus yang sudah ada hingga tercium wanginya, masukkan santan dan biarkan hingga mendidih.
• Tambahkan telur ikan ke dalamnya, jangan lupa juga tambahkan daun salah dan asam sunti. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan mendidih.
• Angkat dan sajikan.

Gulai telur ikan tersebut bisa anda jadikan sebagai hidangan hari ini, cara membuatnya terbilang cukup mudah dan pastinya tak memakan banyak biaya bukan.

No comments:

Post a Comment