Cara Memasak Sambal Goreng Ikan Asin Padang

Ikan asin merupakan salah satu bahan makanan daging ikan yang diawetkan dengan cara menambah banyak garam. Cara ini dapat membuat ikan bertahan lebih lama dalam suhu ruangan. Selain bertahan lama, ikan yang diasinkan dapat terhindar dari kerusakan fisik karena serangga atau jasad renik perusak. Ikan asin kering dapat menghasilkan energi sebesar 193 kkal dalam 100 gr.

Cara Memasak Sambal Goreng Ikan Asin Padang

Manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi ikan asin diantaranya adalah:

• Membantu untuk menjaga kesehatan jantung karena terdapat omega-3 asam lemak dalam jumlah besar yang dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat.
• Menjaga kesehatan kulit karena mengandung omega-3 asam lemak, vitamin E, selenium yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari.
• Membantu memperbaiki jaringan dan sel disebabkan protein yang terkandung dalam jumlah yang besar.
• Mineral dan vitamin dalam ikan asin membantu untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang serta mencegah resiko dari osteoporosis.
• Membantu menjaga berat badan karena besarnya protein dan jumlah kalori yang rendah.
• Mencegah keracunan.
• Menjaga kesehatan mata karena ikan asin terutama ikan teri mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi.

Walaupun ikan asin memiliki banyak manfaat, ada baiknya memilih ikan asin yang bebas dari bahan pengawet seperti formalin agar manfaat yang didapat tubuh maksimal. Tips untuk memilih ikan asin yaitu:

• Ikan asin yang murni dan tidak mengandung pengawet memiliki aroma khas yang kurang sedap.
• Tekstur dari ikan asin yang bebas dari pengawet lebih lunak dan udah rusak. Biasanya, ikan yang mengandung pengawet memiliki daging yang lebih keras dan alot.
• Warna yang tidak menarik dan lebih gelap kecoklatan atau bahkan hitam merupakan warna dari ikan asin tanpa pengawet. Ikan asin yang putih bersih kemungkinan besar mengandung pengawet dan bahan pemutih.
• Ikan asin tanpa bahan pengawet memiliki daya tahan 1-2 bulan. Jika ikan tersebut disimpan lebih dari 2 bulan dan tekstur ikan tidak rusak, kemungkinan merupakan ikan asin berpengawet.
• Lalat merupakan salah satu penanda karena lalat tidak mau dengan makanan yang mengandung bahan kimia. Jika terdapat lalat, berarti ikan asin tersebut bebas dari bahan pengawet.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi ikan asin adalah tingkat natrium yang tinggi walaupun ikan ini mengandung omega-3 asam lemak. Disarankan untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi tidak memakan terlalu banyak atau menghindarinya. Ikan asin juga rentan parasit sehingga diperlukan wadah yang tertutup rapat atau dibekukan atau langsung memasaknya agar bertahan lama.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat sambal goreng ikan asin padang adalah 2 papan jengkol dan 50 ons ikan teri tawar kasar. Bumbu yang harus disiapkan yaitu 2 L santan, 20 buah cabai yang digiling halus, 5 siung bawang merah yang diiris, 2 siung bawang putih yang diiris, 3 lembar daun salam yang dimemarkan, 3 lembar daun kunyit yang dimemarkan, 3 lembar daun jeruk yang dimemarkan, minyak goreng dan garam.

Langkah pertama sebagai cara memasak sambal goreng ikan asin Padang adalah mempersiapkan ikan asin. Dapat mencucinya terlebih dahulu agar tidak terlalu asin jika tidak ada teri tawar. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum. Tambahkan santan, daun salam, serai dan jengkol yang sebelumnya telah direbus. Aduk, jangan sampai santan pecah. Setelah mendidih, masukkan ikan asin dan garam. Diamkan hingga mengental. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment