Cara Membuat Paru Goreng Padang

Penikmat pecinta makanan Padang memang telah menjamur di seluruh Indonesia. Berbagai makanan yang ditawarkan oleh makanan masakan Padang yang lengkap dari ayam hingga udang menjadi salah satu kelebihan disamping bumbu dari masakan Padang yang nikmat dan lezat. Salah satu dari menu dari masakan makanan Padang adalah olahan parunya. Mungkin bagi Anda yang gemar memasak maka akan penasaran dengan bagaimana cara membuat paru goreng Padang.

Cara Membuat Paru Goreng Padang

Memasak menu paru goreng Padang ini pada dasarnya sangatlah mudah karena intinya mengolah makanan ini tidak memerlukan keahlian khusus dan bahan yang sukar untuk dicari. Tetapi biasanya yang menjadi hambatan dalam mengolah makanan ini terletak mengenai bagaimana memilih paru yang baik ketika akan mulai memasak. Berikut ini adalah bahan yang diperlukan untuk membuat paru goreng Padang adalah sebagai berikut:

- Paru sapi sebanyak 500 gram.
- Air secukupnya.
- Minyak goreng sekitar 500 mil.

Sedangkan berikut ini adalah beberapa bumbu yang perlu Anda haluskan menggunakan blender atau juga cobek. Menghaluskan bumbu dengan menggunakan cobek memang dirasa lebih nikmat dari pada menggunakan blender. Tetapi jika Anda memang lebih memilih cara praktis dan tidak repot maka tidak ada salahnya pula untuk menggunakan blender. Bahan yang perlu dihaluskan adalah sebagai berikut:

- Bawang putih sebanyak 3 siung.
- Kunyit sepanjang sekitar 1 centimeter.
- Ketumbar sebanyak 1 sendok teh.

Setelah beberapa bumbu yang dibutuhkan telah siap, maka berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat paru sapi goreng dengan khas Padang:

1. Campurkan paru sapi dan garam terlebih dahulu.
2. Rendamlah paru yang telah dicampurkan dengan garam tersebut dengan air.
3. Rebuslah paru tersebut hingga empuk dengan api yang sedang dalam kurang lebih 1 jam.
4. Sembari Anda menunggu paru hingga empuk, maka Anda dapat menghaluskan bumbu seperti bawang putih, kunyit dan ketumbar.
5. Setelah dirasa benar-benar cukup empuk maka Anda dapat mengiris paru tersebut hingga tipis.
6. Kemudian Anda campurkan paru dengan bumbu yang telah Anda haluskan sebelumnya juga tambahkan pula dengan air hingga bumbu yang digunakan meresap.
7. Setelah itu panaskanlah minyak dengan menggunakan api yang sedang. Kemudian goreng paru yang telah meresap bumbunya tersebut hingga menjadi kering dan selanjutnya Anda tiriskan.
8. Sajikan.

Untuk beberapa tips dalam mengolah paru dari daging sapi ini adalah bahwa Anda juga bisa menggunakan nanas yang telah diparut sebelumnya dan melumurinya ke paru selama beberapa menit. Parutan nanas ini terbukti ampuh untuk membuat empuk dari tekstur daging agar lebih hemat dalam pengolahan paru ini. Untuk menetralisir amis dari paru Anda juga bisa menambahkan air dari perasan jeruk nipis agar rasa amis atau bau amis dari paru ini menjadi lebih ternetralisir.

Paru goreng dengan khas Padang ini akan sangat nikmat apabila Anda memakannya dengan menggunakan sambal yang pedas dan juga nasi hangat. Akan lebih terasa nikmat apabila Anda memakan paru goreng ini bersama keluarga terkasih dan juga ditemani oleh air es yang dingin yang segar. Jangan lupa pula untuk tidak menambahkan beberapa lalapan seperti timun atau juga daun singkong rebus agar makanan yang Anda makan semakin berasa istimewa dan berasa seperti jajan di warung makan Padang. Tentu saja kebanggaan bagi Anda untuk dapat menyajikan makanan dengan rasa kualitas dari warung makan Padang.

No comments:

Post a Comment