Cara Memasak Lobster Air Tawar

Cara Memasak Lobster Air Tawar
Menyantap hidangan seafood memang sangat efektif untuk menggoyang lidah sebab memiliki sensasi yang lebih lezat saat masuk ke mulut. Sudah sejak lama banyak orang menjadi penggemar sajian seafood dari beragam jenis olahannya. Salah satu olahan seafood yang banyak dipilih ialah menu berbahan dasar lobster air laut. Sekarang lobster menjadi salah satu menu masakan yang tergolong istimewa dan dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Padahal jika menengok zaman dulu, lobster menjadi salah satu olahan laut yang diremehkan oleh banyak orang. Penampilan lobster yang mengerikan dengan banyak jari dan cangkang di seluruh tubuh menjadikan dagingnya sedikit. Tidak heran jika dulu lobster lebih dikenal sebagai makanan para nelayan dan orang-orang dengan kelas ekonomi menengah ke bawah. Namun seiring dengan berjalannya waktu lobster menjadi semakin naik daun. Hingga kini lobster lebih dikenal sebagai makanannya orang berduit sebab harganya yang tidak bisa disebut murah.

Cara tepat memilih lobster

Jika Anda memiliki keinginan untuk memasak sendiri lobster di rumah, maka ada baiknya mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk mengolahnya. Salah satu persiapan penting ialah dengan menyediakan lobster segar dan berkualitas. Maka sangat penting sekali untuk bisa lebih cermat dalam memilih lobster agar bisa menjadikan olahan Anda lebih lezat dan menggugah selera. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika berbelanja lobster. Pertimbangan tersebut akan meliputi hal-hal berikut, yakni:

1. Memperhatikan warna
Tidak dapat dipungkiri bahwa kesegaran sebuah bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup dapat dilihat dari penampakan fisiknya. Demikian juga ketika Anda ingin berbelanja lobster dan ingin mendapatkan yang masih segar agar kualitas sajian lebih lezat perlu memperhatikan kualitas warnanya. Warna lobster segar dapat dilihat di bagian bawah kepala, jika masih putih bersih maka dapat dipastikan kondisinya masih segar dan aman untuk diolah. Warna di bagian cangkang untuk lobster segar juga lebih jelas, semisal untuk lobster air dingin cangkang akan berwarna biru kehijauan. Sementara untuk lobster air hangat akan memiliki cangkang berwarna putih, orange, atau berbintik-bintik cerah.

2. Ada baiknya membeli lobster yang masih hidup
Ketika bingung menentukan kesegaran lobster dilihat dari penampakan fisiknya saja, maka bisa memilih jalan yang termudah. Jalan tersebut ialah dengan memilih lobster yang dijual dalam keadaan hidup, selain terjamin kesegarannya. Anda pun bisa menyimpannya di rumah dalam wadah berisi air yang bisa diolah sewaktu-waktu agar sajian lobster tetap segar. Kebanyakan penjual lobster pun sekarang lebih memilih menjual lobster dalam keadaan hidup. Jika sudah mendapatkan lobster segar maka langkah selanjutnya ialah mengetahui cara memasak lobster air tawar dengan baik.

Mengenal sifat olahan lobster

Mengolah lobster yang termasuk ke dalam jenis hewan laut memang sebaiknya jangan terlalu lama mengolahnya di atas api. Sebab hampir semua olahan bahan makanan dari air memiliki sifat mudah matang, baik lobster laut maupun air tawar. Jika ingin menikmati lobster dengan lebih sehat ada baiknya memilih metode memasak dengan cara dipanggang maupun dikukus. Anda tidak hanya bisa mengolah lobster menjadi lobster utuh di atas piring saji. Namun bisa juga mengolah dagingnya untuk dijadikan menu lainnya yang terlihat lebih familiar dan tidak menakutkan. Namun memang akan membutuhkan usaha supaya daging lobster bisa diambil dengan maksimal dan bisa segera diolah menjadi menu masakan lezat.

No comments:

Post a Comment