Cara Memasak Gulai Ati Ampela Ayam Padang

Ati ampela merupakan bagian dalam dari ayam yang biasanya diolah menjadi sambal goreng. Hati ayam dapat bermanfaat untuk membantu menambah sel darah merah sehingga terhindar dari anemia atau kekurangan darah. Sedangkan ampela atau rempela menjadi salah satu sumber energi. Sehingga rempela ati dapat dimasukkan sebagai salah satu makanan dalam program diet. Namun yang harus diperhatikan adalah kadar kolesterol tinggi pada rempela terutama oleh orang yang menderita asam urat dan memiliki kolesterol tinggi.

Cara Memasak Gulai Ati Ampela Ayam Padang

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan mengolah ati ampela ayam diantaranya yaitu:

• Memilih ati ayam yang berwarna terang dan merata serta halus tanpa ada tonjolan atau bercak pada permukaannya.
• Jika bisa, sebaiknya memilih ukuran yang sama besar.
• Bersihkan lemak tebal dan empedu yang ada pada hati ampela sebelum dicuci.
• Gunakan air jeruk nipis pada ati ampela dan diamkan selama 30 untuk mengurangi aroma amis pada ati ampela serta membuatnya menjadi lebih lunak.
• Pada saat memasak, rebus ampela terlebih dahulu karena teksturnya yang lebih keras dan liat kemudian baru merebus ati yang memiliki tekstur lebih lunak dan lembut serta mudah hancur.

Ati ampela dapat dimasak dengan menggunakan gulai. Agar santan sempurna dan tidak pecah, berikut tips yang dapat dilakukan diantaranya yaitu:

• Ketika memasak santan, jangan terlalu lama agar tidak berminyak.
• Menggunakan api kecil ketika memasak dengan menggunakan bahan santan dan diaduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah.
• Jika tidak ingin mengaduk terus namun santan tidak pecah, dapat menggunakan daun pisang dalam rebusan santan dan menggunakan api kecil.
• Memasukkan santan kental pada saat terakhir untuk menjaga kualitas dan kekentalan santan yang diolah.

Cara untuk menyimpan santan agar terjaga kualitasnya dan tidak cepat basi sebelum digunakan yaitu dengan menggunakan cabai. Caranya dengan memasukkan sebuah cabai merah ke santan atau dengan menggunakan sedikit garam. Kedua, dengan memasukkannya atau menyimpannya dalam wadah tertutup dan disimpan ke dalam kulkas. Ketiak santan dipanaskan atau disimpan, jangan dikocok atau diaduk karena santan tersebut dapat cepat basi dan bau.

Salah satu masakan dengan ati ampela adalah gulai. Bahan yang diperlukan untuk membuat gulai ati ampela diantaranya yaitu 7 pasang ati ampela, 500 ml santan dari ½ butir kelapa. Bumbu halus yang dipergunakan diantaranya yaitu 6 buah cabai merah besar, 1 sdt ketumbar bubuk, 4 buah kemiri yang kemudian disangrai, 2 cm kunyit, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih. Bumbu lainnya adalah 3 lembar daun jeruk purut, 1 buah batang serai yang dimemarkan, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 buah kapulaga yang dimemarkan, 2 sdt garam, ¼ sdt merica bubuk, 1 sdt gula, 1 sdm air asam, 2 sdm minyak goreng.

Cara memasak gulai ati ampela ayam padang yaitu pertama siapkan ati ampela yang telah dibersihkan dan direbus setengah matang. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, tambahkan dengan serai, lengkuas dan kapulaga hingga harum. Tambahkan sedikit air. Masukkan ati ampela dan aduk hingga berubah warna. Masukkan kulit jeruk, garam, merica, dan gula lalu aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit dan aduk hingga mendidih dan meresap. Angkat dan sajikan. Dapat ditaburi dengan menggunakan bawang merah goreng.

No comments:

Post a Comment