Cara Memasak Sambal Goreng Udang Padang

Udang adalah salah satu hewan yang dapat hidup di air tawar hingga air laut. Udang dapat ditemukan di sungai, danau laut dan dapat hidup mulai dari permukaan air hingga di bawah kedalaman air. Jenis udang yang dapat diolah adalah udang pacet yang merupakan udang dengan ukuran yang besar dan kulit hitam. Udang vaname atau udang putih atau udang AK yang memiliki warna kulit putih dengan tekstur lembut dan biasanya digunakan sebagai tumisan. Udang api-api merupakan udang dengan ukuran yang kecil dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya digunakan untuk rempeyek dan bakwan.

Cara Memasak Sambal Goreng Udang Padang

Sebelum menggunakan udang sebagai salah satu bahan masakan, sebaiknya memilih udang yang segar. Udang tersebut memiliki ciri-ciri yaitu:

• Kulit keras dan masih segar.
• Udang memiliki kepala yang masih kuat dan melekat pada tubuh.
• Warna kulit udang belum berubah menjadi merah dan ketika dimasak, warna udang baru berubah menjadi merah.
• Udang tidak mengeluarkan bau busuk.
• Udang yang masih segar jika dimasak akan memiliki rasa daging yang agak manis.

Beberapa tips dalam mengupas udang yaitu:

• Tarik di bagian kepala dan ekor. Jika ingin meninggalkan bagian ekornya, buang kepalanya saja.
• Dari arah kepala, kulit luar udang ditarik dan dibuang.
• Dengan menggunakan pisau, belah punggung udang dan buang pembuluh darah udang yang berwarna hitam dengan cara menariknya.
• Udang siap untuk dimasak.

Tips yang berkaitan dengan udang yang dapat digunakan untuk mengubah udang menjadi olahan masakan lainnya diantaranya yaitu membuat kaldu udang dengan cara merebus kulit udang yang dipisahkan dari tubuhnya. Kulit tersebut ditambahkan dengan bawang merah, bawang putih dan dapat ditambahkan seledri dan wortel. Dinginkan lalu saring. Jika ingin rasa yang kuat, dapat membekukannya sebagai bahan untuk membuat sup atau krim sup.

Untuk memberikan rasa tambahan yang manis dalam udang, dapat menggunakan bir sebagai pengganti air ketika memasak. Jika udang berbau dan masih dapat dimakan, dapat menggunakan baking soda atau air jeruk yang dilumurkan ke udang dan dibiarkan 10 menit dalam kulkas. Lalu cuci bersih. Udang yang dimasak bersama dengan kulitnya, biasanya lebih enak dibandingkan dengan udang yang dimasak tanpa kulit.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal goreng udang padang diantaranya yaitu 500 udang jerubung ukuran sedang, 500 gr kentang yang dikupas lalu dipotong dadu, 3 sdm minyak goreng, 1 lembar daun salam, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 750 santan dari 1 butir kelapa, 1 papan petai yang dikupas dan dibelah menjadi 2, 2 batang daun kemangi dan ambil daunnya saja. Bumbu halus yang diperlukan adalah 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 buah cabai merah, 1 kunyit yang dibakar dan dikupas, 1 cm jahe, 1 ½ sdt garam, ½ sdt gula pasir.

Cara memasak sambal goreng udang padang adalah dengan mempersiapkan udang terlebih dahulu. Udang dibersihkan dan dibuang kepalanya. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus. Tambahkan daun salam dan lengkuas dan tumis hingga harum. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Masukkan kentang dan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah dan kentang empuk. Tambahkan petai dan kemangi lalu aduk rata. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment