Cara Memasak Ikan Kembung Bakar Hijau Padang

Indonesia memang terkenal sebagai negara kepulauan dimana hampir setiap pulaunya selalu dibatasi dengan perairan, hal tersebut menjadikan negara ini kaya akan berbagai macam obyek wisata, tak hanya sebatas wisata alam berupa pantai, gunung atau yang lainnya, namun juga obyek wisata kuliner, siapa yang tak gemar dengan jenis wisata yang satu ini, apalagi selain mendapatkan kepuasan anda juga akan mendapatkan rasa kenyang dari berbagai macam menu masakan yang disantap. Mulai dari bagian paling timur hingga barat Indonesia semuanya memiliki beraneka macam kuliner khasnya sendiri, mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua dan yang lainnya.

Cara Memasak Ikan Kembung Bakar Hijau Padang

Dalam pulau-pulau tersebut nantinya masih ada beraneka macam suku yang berbeda lagi, dari berbagai macam perbedaan tersebutlah yang menjadikan negara Indonesia kaya akan berbagai macam kuliner khas, baik itu aneka masakan yang digoreng, makanan berkuah, kue-kue khas atau juga menu masakan utama bisa dengan mudah anda jumpai. Bahkan untuk mendapatkannya juga tak sulit, mengingat hampir di setiap tempat yang ada di Indonesia pastilah menjual aneka kuliner tersebut, dengan berbagai rasa dan juga harga. Namun diantara itu semua yang paling terkenal adalah rumah makan padang.

Baik itu di daerah-daerah terpencil maupun kota-kota besar anda bisa dengan mudah menjumpai kedai yang satu ini, beraneka menu masakan ditawarkan kepada anda, mulai dari aneka olahan dari daging sapi, ikan, ayam dan juga seafood, untuk kelezatannya sendiri memang sudah tak bisa diragukan lagi bahkan salah satu resepnya termasuk dalam makanan paling lezat di dunia. Bagi anda yang gemar makan olahan dari ikan kembung maka ada salah satu masakan khas padang yang wajib untuk dicoba, yaitu ikan kembung bakar hijau padang.

Masakan tersebut bisa dengan mudah anda jumpai pada rumah makan padang, namun selain dengan membeli anda juga bisa membuatnya sendiri, berikut ini resep masakan tersebut, yaitu:

Bahan-bahan:

- 5 ekor ikan kembung merah, bersihkan dan juga iris pada beberapa bagian.
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 4 sdm minyak untuk menumis
- ½ sdt garam
- ¼ sdt merica
- 200 ml liter santan dari ½ butir kelapa
- 2 sdt air asam jawa

Bumbu halus:

• 15 buah cabai hijau keriting
• 10 buah cabai hijau besar
• 7 buah cabai rawit hijau
• 3 buah tomat hijau, potong melintang menjadi 12 bagian
• 10 butir bawang merah
• 4 siung bawang putih

Cara memasak ikan kembung bakar hijau padang:

• Lumuri ikan kembung merah yang telah dibersihkan menggunakan air perasan jeruk nipis, garam dan merica bubuk, hal ini berguna untuk menghilangkan bau amis dari ikan tersebut, lakukan selama kurang lebih 1 jam agar hasil maksimal.
• Haluskan bumbu-bumbu halus yaitu cabai hijau keriting, cabai hijau besar, cabai rawit, tomat dan juga bawang merah dan bawang putih. Namun jangan terlalu halus melainkan agar sedikit kasar agar teksturnya masih terasa.
• Panaskan wajah dan masukkan minyak, masukkan bumbu-bumbu halus tersebut, tumis hingga tercium harumnya. Masukkan santan dan biarkan hingga tumisan mengental.
• Lumuri ikan menggunakan bumbu yang telah ditumis tersebut, diamkan hingga kurang lebih 30 menit dalam lemari es agar bumbu bisa meresap sempurna.
• Siapkan pembakaran lalu bakar ikan di atasnya sambil sesekali dibalik dan diolesi menggunakan bumbu.
• Biarkan hingga matang, angkat lalu sajikan.

No comments:

Post a Comment