Cara Memasak Sambal Goreng Ati Padang

Hati sapi merupakan sumber bahan pangan yang berasal dari sapi. Biasanya bagian ini digunakan untuk masakan rempela ati goreng dan sambal goreng. Dalam 100 gr hati sapi, terdapat kandungan gizi antara lain energi yang dihasilkan sebesar 136 kkal, protein (19.7 gr), karbohidrat (6 gr), lemak (3.2 gr), kalsium (7 mg), fosfor (358 mg), zat besi (7 mg). Vitamin yang ada adalah vitamin A (439000 IU), vitamin B1 (0.26 mg), vitamin C (31 mg).

Cara Memasak Sambal Goreng Ati Padang

Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi hati sapi antara lain:

• Mengatasi anemia atau kurang darah karena mengandung asam folat dan zat besi yang memiliki peran untuk pembentukan dan metabolisme sel darah merah.
• Meningkatkan kesehatan otak disebabkan vitamin B12.
• Meningkatkan daya ingat seseorang.
• Memberikan asupan gizi pada ibu hamil karena masa kehamilan, rentan terhadap anemia yang dapat membuat perkembangan dan pertumbuhan pada janin terganggu.
• Membantu dalam perkembangan sistem syaraf.
• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan zinc dan vitamin A yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah serta dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
• Mencegah terkena penyakit jantung dan kanker karena kandungan selenium.
• Sebagai sumber energi.
• Membantu menjaga kesehatan mata.

Tips dalam memasak hati sapi, diantaranya yaitu:

• Dimasak dengan menggunakan suhu minimal 70oC hingga matang dan sampai ke bagian dalam agar bakteri campylobacter mati.
• Jika menumis hati, waktu paling minimal adalah 5 menit dan sebaiknya dipotong dadu agar cepat matang terutama bagian dalamnya.
• Rebus hati sapi terlebih dahulu setengah matang agar mudah dipotong dan tidak menempel di wajan ketika ditumis.
• Merebusnya dapat menggunakan daun salam atau jahe untuk menghilangkan bau.

Ketika selesai memasak hati sapi, semua alat masak yang bersentuhan dengan hati sapi mentah dicuci dengan bersih. Hal tersebut untuk menghindari resiko penyakit. Sebelum memasaknya, sebaiknya pilih hati sapi yang bagus. Hati sapi yang baik tidak memiliki aroma busuk dan memiliki tekstur yang kenyal dan halus. Jika permukaan ditekan, maka akan kembali seperti semula. Hati sapi yang bagus memiliki warna merah kecoklatan dan ujung hati sangat tipis, tidak bengkak dan tajam.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal goreng ati padang diantaranya yaitu 500 gr hati sapi, 500 gr kentang kecil, 300 gr udang segar, 3 butir telur puyuh yang direbus, 3 cm lengkuas yang dimemarkan, 250 ml santan kental dan 5 buah cabe merah yang diiris halus. Bumbu halus yang diperlukan terdiri dari 100 gr cabai merah, 12 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 ½ cm jahe.

Langkah pertama untuk cara memasak sambal goreng ati Padang yaitu mempersiapkan hati sapi terlebih dahulu. Bersihkan hati sapi kemudian rebus setengah matang dengan daun salam atau sedikit jahe agar tidak bau. Kemudian hati dipotong dadu. Bersihkan kentang dan potong. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus yang telah disiapkan lalu tambahkan daun salam dan lengkuas. Aduk hingga harum. Masukkan udang yang telah dibersihkan dan aduk sebentar. Setelah itu, tambahkan potongan hati dan kentang. Tuang santan kemudian aduk rata hingga mendidih agar santan tidak pecah. Masukkan telur puyuh dan cabe iris. Aduk dan masak sambal goreng tersebut hingga matang dan airnya berkurang dan kering. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment