Cara Memasak Gulai Hati Limpa Padang

Hati sapi adalah bagian organ dalam sapi sedangkan limpa merupakan bagian jeroan dari sapi. Selain limpa, bagian jeroan sapi diantaranya adalah usus dan babat. Biasanya, hati dan limpa sapi dimasak menjadi rendang dan kalio atau rendang yang masih basah. Namun, kedua bagian sapi tersebut dapat dimasak menjadi olahan masakan lainnya misalnya gulai.

Cara Memasak Gulai Hati Limpa Padang

Manfaat dari mengkonsumsi jeroan terutama bagian hati sapi diantaranya yaitu:

• Mengatasi anemia.
• Membantu dalam menyehatkan otak diantaranya melindungi selaput syaraf, mengurangi resiko terkena gangguan memori misalnya pikun dan mengurangi resiko terkena gangguan mental karena vitamin B.
• Menjadi salah satu sumber energi ketika masa kehamilan karena kandungan zat besinya yang dapat meningkatkan terbentuknya sel darah merah.
• Membantu dalam perkembangan sistem syaraf karena terdapat asam folat yang dapat mencegah dan mengurangi cacat pada janin.
• Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Tips dalam mengolah hati dan limpa sapi agar diantaranya yaitu:

• Mencuci bersih limpa dan hari dengan menggunakan air mengalir selama beberapa kali. Ketika membersihkan, jangan lupa untuk membuang selaput tipis dan bagian otot yang keras pada ujung hati. Kurang bersihnya pencucian dapat mempengaruhi aroma masakan.
• Menggunakan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa amis dan anyir pada limpa dan hati
• Merebus dengan menggunakan panci yang terpisah. Buang air rebusan pertama dan beri daun salam pada rebusan kedua dan proses merebus dilakukan dengan menggunakan api kecil. Pada limpa, jangan lupa untuk melepaskan kulit yang berwarna putih.
• Sebaiknya menggunakan bumbu rempah agar bau dan rasa menjadi lebih enak

Ketika mengkonsumsi jeroan, harus diperhatikan jika bagian sapi ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi sehingga harus dihindari oleh seseorang yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat. Jeroan sebaiknya segera dimasak karena mudah sekali rusak. Jika ingin menyimpannya, jangan disimpan lebih dari 1-2 hari dan harus disimpan terpisah dengan bahan makanan lainnya. Jeroan yang disimpan harus dibungkus dengan alumunium foil atau plastik tebal dan dimasukkan dalam freezer. Pengonsumsian jeroan, sebaiknya dimakan bersama dengan sayur dan buah untuk menetralkan kandungan lemak dari masakan dari jeroan.

Salah satu masakan dari hati dan limpa adalah gulai padang. Bahan yang diperlukan untuk membuat gulai hati limpa padang adalah 500 gr campuran dari limpa dan hati sapi, 1 liter santan dari 1 butir kelapa. Bumbu halus yang diperlukan terdiri dari 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 1 sdm ketumbar dan jintan, 10 buah cabai merah, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 butir kemiri. Bahan lain yang dibutuhkan adalah 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 sdm minyak goreng, garam, 1 lembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk purut.

Cara memasak gulai hati limpa Padang adalah dengan mempersiapkan hati dan limpa terlebih dahulu. Bersihkan hati dan limpa dari bagian kulit atau otot yang keras kemudian rebus dengan api kecil dan tambahkan daun salam untuk mengurangi bau anyir. Setelah masak, angkat dan tiriskan. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan bumbu yang lainnya dan beri air sedikit kemudian masukkan santan kelapa. Aduk hingga mendidih dan agar santan tidak pecah. Masukkan hati dan limpa dan masak hingga santan mengental. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment