Cara Memasak Gulai Ikan Mas Padang

Cara Memasak Gulai Ikan Mas PadangDibandingkan dengan daging merah kebanyakan diantara masyarakat lebih menyukai masakan yang berasal dari ikan, hal ini terkait dengan berbagai macam alasan, mulai dari rasa hingga kandungan lemak yang ada di dalamnya. Tak bisa dipungkiri bahwa selama macam daging yang berasal dari unggas maupun hewan memamah biak selalu mengandung lemak di dalamnya, hanya saja dalam jumlah yang berbeda, bahkan selain dengan adanya lemak juga tak menutup kemungkinan bahwa kandungan kolesterol dalam daging tersebut juga terbilang cukup tinggi, apalagi untuk jenis daging kambing, sehingga kemudian banyak diantara masyarakat yang berpindah mengonsumsi ikan.

Jenis-jenis ikan sendiri ada banyak sekali, mulai dari ikan air tawar, air payau dan juga ikan air laut, dimana di setiap tempat hidupnya tersebut masih terbagi lagi dalam ratusan jenis berbeda-beda. Namun karena kebanyakan diantara masyarakat tidak tinggal di daerah pesisir, jenis ikan air tawar menjadi pilihan utama yang dijadikan sebagai bahan untuk beraneka macam olahan. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan air tawar bernama ikan mas bukan, ikan yang satu ini memang memiliki warna yang mencolok, antara kuning hingga kemerah-merahan dan cukup banyak diperjual belikan di pasaran.

Ada berbagai macam olahan yang bisa anda buat hanya dengan mengandalkan bahan baku berupa ikan mas tersebut, diantaranya adalah jenis makanan berkuah. Tentunya anda sudah tak asing lagi dengan makanan bernama gulai bukan. Menu makanan yang satu ini biasanya lebih identik dengan daging-dagingan khususnya adalah daging kambing, namun anda juga bisa berkreasi dengan membuat gulai berbahan dasar ikan mas, tentunya bukan jenis gulai biasa, namun gulai ikan mas khas padang, berikut ini cara membuatnya:

Bahan-bahan:

- 500 gram ikan mas, cuci bersih
- 3 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun kunyit
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa
- 2 buah asam kandis
- 750 ml santan dari ½ butir kelapa
- Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

- 15 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 buah kemiri
- 4 sdm cabai giling siap pakai
- 3 cm jahe
- 3 cm kunyit
- 1 cm lengkuas

Cara memasak gulai ikan mas padang:

• Setelah ikan mas dibersihkan selanjutnya anda bisa melumurinya menggunakan garam dan juga air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, diamkan hingga kurang lebih 1 jam dalam kulkas.
• Haluskan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, jahe, kunyit dan juga lengkuas, namun jangan terlalu halus.
• Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan bumbu halus tersebut aduk-aduk hingga tercium wanginya, kemudian tambahkan asam kandis, serai, daun jeruk dan daun kunyit. Aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
• Masukkan ikan ke dalam tumisan dan campur hingga rata, namun hati-hati jangan sampai ikan menjadi hancur. Tuangkan santan ke dalam masakan dan aduk hingga semua tercampur dengan rata.
• Kecilkan api dan tunggu hingga masakan mendidih, tambahkan garam dan penyedap rasa kemudian aduk lagi hingga merata.
• Tunggu hingga santan mendidih dan ikan mas di dalamnya empuk, kemudian angkat dan sajikan.

Menu masakan tersebut juga bisa dengan mudah anda jumpai pada beberapa rumah makan padang, namun lebih hemat dan enak jika membuatnya sendiri.

No comments:

Post a Comment