Cara Memasak Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Menjadi seorang ibu hamil atau sedang hamil, tentu saja membutuhkan extra nutrisi dan vitamin yang lebih dari yang lainnya. Dimana, ibu hamil lebih cenderung tidak menyukai makan ataupun minum, padahal, mereka membutuhkan nutrisi yang lebih untuk dirinya dan sang janin. Bahkan, konsumsi di masa kehamilan mempunyai pengaruh penting terhadap perkembangan janin, termasuk optimasi otaknya. Dalam artian, bisa menjadikan otak tersebut lebih berfikir kritis apabila mendapatkan supplement khusus.

Cara Memasak Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Sebenarnya, itu bukanlah nutrisi khusus, tapi menu biasa yang bisa dikonsumsi oleh semua orang. Menu tersebut ialah Ikan Salmon, sebuah Ikan yang kaya akan vitamin, protein, omega, dan beberapa unsur baik lainnya, yang mempunyai pengaruh baik bagi perkembangan otak sang bayi. Untuk itulah, para ibu hamil pun menginginkan konsumsi Ikan tersebut agar anaknya nanti menjadi pandai. Hal ini pun dikarenakan nutrisi yang dikandungnya sangat bagus untuk stimulasi otak, terutama kandungan protein dan omega yang tinggi.

Dalam hal ini, seorang ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi Ikan Salmon secara sembarangan, terlebih lagi konsumsi dalam jumlah yang banyak. Hal itu hanya akan membahayakan sang ibu dan janin. Untuk itulah, terdapat pengolahan khusus pada menu tersebut, yaitu dengan bahan dan cara memasak yang berbeda. Berikut ini adalah proses yang baik untuk menyajikan menu Ikan Salmon, bagi ibu hamil, yang dimulai dari menu utama itu, dan ditambahkan bahan lain, seperti:

- Ikan Salmon yang diiris secara kotak-kotak atau terserah dalam ukuran kecil, lalu cuci hingga bersih (300 gram).
- Bawang putih (1 siung).
- Wortel yang diiris kecil dan tipis (2).
- Kentang (2 buah).
- Daun bawang (2 batang).
- Air kaldu ayam (300 ml).
- Garam halus (1/2 sdt).
- Gula pasir (1/2 sdt).
- Air putih secukupnya.

Setelah bahan-bahan tersebut dalam keadaan oke dan siap, kini Anda bisa melanjutkan pada proses pemasakan yang benar. Berikut ini adalah cara memasak Ikan Salmon untuk ibu hamil, yaitu:

- Gunakan air bersih tersebut untuk meredam Ikan Salmon di dalam sebuah wadah, rendamlah kurang lebih 15 menit.
- Panaskan air putih, setelah merendam Ikan tersebut, masukkanlah pada air panas tersebut sebentar saja, lalu tiriskan.
- Masukkanlah Kaldu tersebut dalam panci, dan dipanaskan sampai mendidih.
- Lalu masukkan, irisan Wortel, irisan Kentang, irisan Daun Bawang, irisan Bawang putih, lalu aduk pelan-pelan agar bumbu merata, tunggu hingga mendidih juga.
- Setelah itu, masukkan Ikan Salmon tersebut pada panci itu dalam api yang sedang. Aduk pelan-pelan-pelan saja.
- Bila telah mendidih juga, barulah garam dan gula bisa dimasukkan, dan diaduk lagi hingga kedua bahan terakhir itu menyatu dengan semua bahan tersebut.
- Setelah matang, Ikan Salmon tersebut siap untuk dihidangkan.

Langkah-langkah tersebut, bisa Anda olah dengan hati-hati, agar nantinya masakan tersebut baik untuk Ibu hamil. Menu itu pun cocok pula untuk dijadikan lauk dengan nasi putih dalam keadaan hangat. Dan kini, ibu hamil pun bisa mengkonsumsi makanan yang baik serta bermanfaat lebih bagi sang buah hati. Dari sini, yang lebih penting ialah dari segi keamanan konsumsi baginya, yang nantinya baik untuk keduanya.

Sebagai ibu hamil, memang tidak semuanya menyukai menu tersebut. Tapi Anda bisa mencobanya, karena menu tersebut sangat baik dan penting bagi bayi. Apalagi nutrisi saat dalam kandungan mempunyai pengaruh yang besar dari pada nutrisi yang diberikan ketika sang buah hati telah tumbuh besar. Karena pada usia itu, manfaat dari menu ini tidak terlalu berkesan.

No comments:

Post a Comment