Cara Memasak Ayam Goreng Padang

Cara Memasak Ayam Goreng Padang
Ayam goreng merupakan salah satu makanan yang menjadi fenomenal dan disukai oleh semua orang yang ada di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa perusahaan restoran besar yang menawarkan aneka makanan dari olahan ayam dengan cara digoreng yang sangat laku di pasaran. Tetapi kenikmatan dari restoran luar negeri tersebut akan dapat dikalahkan dengan menu ayam goreng Padang yang kaya akan bumbu dan juga aneka bahan rahasia lainnya.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memasak atau juga memiliki hajat untuk membuatkan anak Anda atau keluarga Anda ayam goreng maka Anda bisa membuat variasi dengan menambahkan beberapa bumbu dari ayam yang Anda goreng dengan tambahan bumbu khas dari Padang yang akan membuat keluarga Anda bangga.

Berikut ini adalah resep rahasia untuk membuat ayam goreng Padang yang lezat. Bahan utama yang diperlukan diantaranya adalah:

• Sebanyak satu ekor ayam kampung muda atau ayam kampung biasa yang sedang dan kemudian dibelah menjadi 4 bagian atau sesuai dengan selera Anda.
• Air dari perasan jeruk nipis sebanyak kurang lebih 2 sendok makan.
• Lengkuas yang telah diparut sebanyak 1 ruas jari saja atau sekitar 4 centimeter.
• Minyak kelapa sawit.
• Sebanyak 1butir telur yang telah dikocok sebentar.

Sedangkan berikut adalah beberapa bumbu yang perlu dihaluskan terlebih dahulu antara lain:

• Bawang putih sebanyak kurang lebih 4 butir.
• Merica bubuk sebanyak kurang lebih ½ sendok the.
• Garam secukupnya.
• Gula secukupnya.
• Penyedap rasa secukupnya.
• Sebanyak 1 ruas kunyit dengan panjang kurang lebih 4 centimeter.
• Lengkuas yang telah diparut dengan memakai 1/3 bagian saja.

Setelah semua bumbu dirasa cukup lengkap maka berikut ini adalah beberapa langkah untuk memasak ayam goreng khas Padang yang nikmat dan mudah diantaranya:

1. Haluskan terlebih dahulu semua bumbu yang telah dijabarkan di atas.
2. Selanjutnya lumurilah ayam dengan perasan dari air jeruk nipis secara merata.
3. Masukkan pula bumbu yang telah dihaluskan tersebut ke badan ayam secara merata.
4. Rebuslah ayam beserta bumbu yang telah dihaluskan tersebut hingga air yang ada pada ayam mengering dan ayam juga telah empuk selama kurang lebih sekitar 15 menit atau lebih sesuai dengan selera Anda.
5. Panaskan minyak kemudian ambil beberapa ayam yang telah direbus sebelumnya dengan mencampurkan terlebih dahulu ayam ke dalam air perasan jeruk nipis dan juga kocokan dari telur yang telah dipersiapkan tadi.
6. Dengan segera masukkan ayam yang telah diberi kocokan telur ke dalam minyak goreng panas.
7. Tunggu hingga ayam berwarna emas kecoklatan.
8. Setelah dirasa cukup matang maka angkat dan tiriskan ayam yang telah Anda buat.
9. Sajikan ayam buatan Anda di atas piring cantik dan telah dihiasi dengan aneka cabai merah yang telah dibentuk. Jangan lupa pula untuk menyiapkan mentimun atau beberapa bahan lainnya.

Bagi Anda yang telah sukses membuat ayam goreng khas Padang ini jangan lupa pula untuk membuat sambal hijau yang merupakan khas dari masakan Padang. Atau jika Anda memang lebih menyukai sambal khas daerah Anda maka ayam goreng ini juga sangat cocok dimakan dengan berbagai suasana dan sambal pendamping. Hal terpenting dalam memakan ayam goreng ini adalah keadaan nasi yang masih hangat dan juga ditemani oleh beberapa anggota keluarga yang Anda sayangi.

No comments:

Post a Comment