Cara Memasak Dendeng Brekele Khas Padang

Dendeng adalah suatu makanan yang berasal dari daging yang dipotong tipis dan dibumbui dengan menggunakan saus asam, manis atau asin yang kemudian dikeringkan dengan menggunakan api kecil, diasinkan atau di jemur. Manfaat dari pengolahan ini adalah, daging tidak perlu disimpan dalam almari es karena dendeng merupakan salah satu cara pengawetan makanan. Daging yang biasanya digunakan menjadi dendeng adalah daging sapi.

Cara Memasak Dendeng Brekele Khas Padang

Walaupun kebanyakan dendeng dari daging sapi, namun terdapat juga dendeng celeng atau babi. Hal yang harus diperhatikan untuk membedakan kedua dendeng tersebut diantaranya yaitu:

• Dendeng sapi harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan dendeng yang terbuat dari campuran daging sapi dan babi atau daging celeng.
• Dendeng dari daging celeng atau babi hutan memiliki tekstur yang sedikit lebih halus.
• Warna dendeng celeng lebih terang jika dibandingkan dengan dendeng sapi
• Sebaiknya mewaspadai dendeng dengan ketumbar yang lebih banyak dan aroma tajam karena biasanya digunakan untuk menutupi aroma tajam dari daging babi.
• Dendeng celeng memiliki aroma kuat ketika digoreng karena lemak yang terkandung.

Sebelum menjadikannya dendeng, ada baiknya daging dibuat lebih empuk terlebih dahulu, karena jika salah memasak, daging akan lebih alot. Cara untuk membuat daging lebih empuk diantaranya yaitu:

• Memotong daging berlawanan dengan arah serat daging. Namun, jika menjadikannya dendeng, daging dipotong sesuai dengan arah serat dan potongan tipis dan lebar.
• Meletakkan daging dengan menyimpannya di freezer selama beberapa hari lalu meletakkannya di kulkas untuk melemaskan otot daging sebelum diolah.
• Membungkusnya dengan daun pepaya dengan cara meremas daun hingga getah keluar lalu bungkus potongan daging kurang lebih 1-2 jam sebelum dimasak. Atau dengan parutan pepaya muda dan dilumurkan ke potongan daging lalu diamkan selama 1 jam.
• Melumuri parutan nanas dan diamkan selama 1 jam.

Hal yang harus diperhatikan agar tidak menghilangkan gizi yang tersimpan dalam daging sapi adalah dengan tidak mencuci daging dengan air mengalur. Sebaiknya daging yang baru dikeluarkan dari freezer atau baru dibeli, tidak dicuci atau direndam untuk menjaga gizi dalam daging. Bersihkan daging dengan menggunakan air matang hangat dan kelompokkan daging terlebih dahulu sebelum mencucinya.

Bahan yang harus digunakan untuk membuat dendeng brekele khas Padang yaitu, 500 gr daging sapi khas dalam. Bumbu yang diperlukan untuk daging adalah air yang digunakan untuk merebus, ½ sdt merica bubuk, 2 siung bawang putih lalu digeprek, 2 buah pekak, garam. Bumbu halus yang diperlukan terdiri dari 2 buah bawang merah dan 2 siung bawang putih, ½ sdt merica bubuk, ½ sdt ketumbar, ½ sdm air asam, garam, gula, air, minyak goreng atau minyak sayur.

Langkah pertama dalam cara memasak dendeng brekele khas Padang yaitu dengan merebus daging dengan bumbu yang disiapkan untuk melunakkan daging. Setelah cukup lunak, angkat dan tiriskan lalu iris daging sesuai dengan arah serat, kemudian pukul dengan menggunakan alat agar daging melebar. Haluskan bahan untuk bumbu halus dan ditambahkan air, garam, gula secukupnya. Aduk hingga merata. Masukkan irisan daging yang sudah disiapkan lalu diamkan sekitar 1 jam. Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu goreng daging dengan menggunakan api sedang hingga kering. Angkat dan tiriskan. Dendeng dapat disajikan dengan tambahan sambal ijo khas Padang agar lebih nikmat.

No comments:

Post a Comment