Cara Membuat Sambal Telur Puyuh Padang

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari hewan. Biasanya telur yang diolah merupakan telur dari ayam dan bebek, namun telur dari burung puyuh menjadi salah satu telur yang banyak digunakan untuk membuat masakan lainnya. Telur puyuh dapat direbus, digoreng, dicampur dengan masakan lainnya atau dengan cara mencampurnya dengan sambal hingga menjadi sambal telur puyuh.

Cara Membuat Sambal Telur Puyuh Padang

Cara untuk memilih telur segar diantaranya adalah:

• Meneropong telur dengan bantuan lampu, sinar matahari atau senter. Jika telur berwarna jernih maka telur tersebut segar. Jika diteropong dan diputar dan kuning telur bergeser, telur kurang segar. Jika kuning telur pecah, maka telur sudah busuk.
• Direndam air atau larutan garam 10% dari 1 sdt garam dan 2 gelas air. Jika tenggelam, berarti telur masih segar. Jika terapung, maka telur berarti sudah lama. Jika mengapung, telur sudah rusak.
• Kulit telur segar dan berwarna cerah, berarti telur masih segar. Telur yang memiliki warna kusam dan timbul bintik hitam dikarenakan terdapat pertumbuhan jamur.
• Telur yang baik dan segar, tidak mengeluarkan bau busuk.

Manfaat dan kandungan dari telur puyuh diantaranya yaitu:

• Kandungan protein dalam telur puyuh seberat 100 gr lebih tinggi dari telur ayam dan bebek yaitu 13.05 gr dan kandungan protein telur puyuh lebih mudah dicerna oleh tubuh.
• Tidak masalah untuk dikonsumsi penderita alergi telur karena kandungan glubolin yang lebih rendah.
• Dapat membantu untuk menutrisi otak
• Membantu perkembangan fungsi otak karena kaya akan kolin sebesar 263.4 mg dalam 100 gr telur puyuh.
• Dapat membantu untuk mendukung dalam perkembangan otak pada janin
• Mengurangi resiko kematian sel janin dan mengurangi resiko keguguran dan bayi cacat.
• Membantu dalam memperbaiki memori pada otak karena proses penuaan.
• Melindungi mata karena kandungan lutein dan zeaksatin.
• Mengandung zat anti kanker.
• Dapat memperlambat proses penuaan hingga 40%.

Tips yang dapat dilakukan pada proses merebus dan mengupas telur puyuh agar tidak rusak diantaranya yaitu merebus telur selama 4-5 menit. Jika telur yang sebelumnya disimpan dalam kulkas, angka proses perebusan ditambah 2 menit. Pada proses perebusan, jangan lupa untuk diaduk agar kuning telur tetap berada di tengah dan tidak ada bagian tipis yang terobek dan dapat ditambahkan garam atau cuka agar cangkang tidak retak. Selama proses merebus, siapkan air es atau air dingin. Setelah telur matang, angkat dan rendam dalam air dingin sekitar 4 menit. Angkat dan memarkan kulit telur, kemudian kupas cangkang telur secara perlahan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal telur puyuh Padang, adalah ½ kg telur puyuh yang telah direbus, 5 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, cabai keriting 20 buah, gula merah iris 1 sdm, terasi udang, garam, daun kemangi 1 genggam, 5 lembar daun jeruk, air. Cabai keriting dikukus terlebih dahulu untuk memudahkan ketika dihaluskan.

Cara membuat sambal telur puyuh Padang langkah pertamanya adalah merebus telur puyuh lalu dikupas dan digoreng matang, tiriskan agar minyak berkurang. Kemudian menghaluskan bawang merah dan putih, cabai, tomat dan terasi. Siapkan wajah dan panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga baunya harum. Tambahkan daun salam dan gula merah lalu beri sedikit air dan aduk rata. Beri air sedikit demi sedikit, jika mendidih, masukkan telur dan daun kemangi. Aduk lalu tunggu hingga kuah menyusut. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment