Cara Memasak Ayam Kemangi Khas Padang

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Menurut pada USDA, pada 100 gr ayam mengandung air (65), energi (215 kkal), lemak (15 gr), protein (18 gr), lemak jenuh (4 gr), kolesterol (75 mg). Vitamin yang terkandung diantaranya adalah vitamin C, B1, B12, A, E, D, dan K. Mineral yang ada dalam ayam diantaranya yaitu kalsium (11 mg), magnesium (20 mg), besi (0,9 mg), fosfor (147 mg), natrium (70 mg), kalium (189 mg), seng (1,3 mg). Kandungan lainnya antara lain ribloflavin, niacin, folat.

Cara Memasak Ayam Kemangi Khas Padang
 
Manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ayam daging ayam diantaranya yaitu:

• Dapat membantu dalam program diet harian dan membangun blok otot.
• Menjadi sumber vitamin dan mineral yang dapat salah satunya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga fungsi otak dan menjaga metabolisme tubuh.
• Membantu untuk mengontrol tekanan darah.
• Mengurangi terkena resiko kanker.
• Mengurangi dari resiko penumpukan kolesterol.

Dari manfaat dan kandungan dalam daging ayam, tidak heran bila daging ini dijadikan menjadi beberapa bentuk masakan, namun pembeli harus jeli dalam membeli ayam segar. Cara memilih daging ayam segar diantaranya:

• Menggosok kulit ayam dengan jari. Jangan memilih daging ayam yang terasa seperti dilumuri tepung karena kemungkinan telah dicuci atau diberi bahan kimia.
• Warna daging ayam segar adalah berwarna cerah dan merah muda tanpa ada bintik memar atau kehitaman.
• Jika membeli di supermarket dan ayam berada dalam kemasan plastik serta sudah dipotong, dapat memperhatikan lewat tekstur dan warna serta kemasan apakah tertutup rapat atau tidak.
• Daging ayam segar tidak akan berbau amis menyengat.
• Jika membeli di pasar atau penjualan daging dan daging ayam tersebut tidak dihinggapi lalat, maka kemungkinan ayam tersebut telah diberi boraks.
• Daging ayam yang segar memiliki tekstur kenyal dan hindari jika kulit tenggelam, keras dan bengkak karena bukan ayam segar serta sudah disuntik air oleh penjualnya.

Salah satu masakan dengan daging ayam adalah ayam kemangi khas Padang. Kemangi adalah tumbuhan yang daunnya dapat dimakan sebagai lalap serta memiliki aroma yang khas. Biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu pepes dan rahasia masakan padang. Salah satu manfaat kemangi adalah merupakan anti inflamasi yang dapat meredakan radang sendi, menyembuhkan bengkak, sumber kalsium yang dapat mencegah osteoporosis.

Bahan yang disiapkan untuk membuat ayam kemangi khas Padang yaitu ayam 1 ekor, air 1L, 6 siung bawang merah, 8 siung bawang putih, 2 butir kemiri, 1 sdt terasi, gula, garam, lada, 6 buah cabai (boleh merah atau rawit), daun kemangi, 1 ruas kunyit, 5 sdm minyak goreng, 1 batang serai, santan dari 1 butir kelapa, 1 sdm air asam, ketumbar, 1 ruas lengkuas dimemarkan.

Cara memasak ayam kemangi khas Padang pertama-tama yaitu memotong ayam menjadi beberapa bagian lalu ungkep sebentar ayam dengan bumbu halus dari 3 butir bawang putih dan garam yang dihaluskan agar bumbu meresap. Untuk menghilangkan bau amis, dapat dilumuri sedikit perasan jeruk nipis sebelum diungkep dan diberi bumbu. Giling halus bawang putih, kunyit, bawang putih, kemiri, ketumbar. Siapkan wajan, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus. Masukkan sedikit air lalu masukkan ikan, aduk hingga rata. Masukkan santan, serai, lengkuas, daun kemangi. Aduk dan beri garam dan air asam. Masak hingga santan mengental dan mendidih. Angkat dan siap dihidangkan.

No comments:

Post a Comment