Cara memasak sayur nangka ala padang

Cara memasak sayur nangka ala padang
Indonesia memang kaya akan berbagai makanan dan juga hasil dari kreatifitas dari para pendahulunya yang bisa dikatakan kreatif dan melegenda. Beberapa dari hasil karya berbagai macam makanan yang diolah oleh para leluhur dan yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah sayur nangka Padang. Sayur nangka khas Padang ini memang dengan mudah nada dapat temui ketika di beberapa warung makan Padang yang tersebar di berbagai daerah Indonesia tidak terkecuali di wilayah sekitar Anda. Tetapi bagi Anda yang senang dan gemar dalam memasak, mungkin membuatnya sendiri di rumah merupakan hal yang lebih menantang dari pada membelinya di warung.

Bagi Anda yang penasaran dalam membuat menu Padang yang satu ini maka Anda tidak perlu memerlukan keahlian dan pengalaman yang lebih. Waktu yang digunakan untuk membuat menu makanan ini juga dirasa tidak terlalu lama yaitu hanya sekitar 45 menit saja, atau mungkin sampai 60 menit bagi Anda yang belum begitu berpengalaman dalam memasak menu yang satu ini. Sebelum Anda memasak maka beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut ini:

• Nangka muda sebanyak satu buah ukuran sedang.
• Santan kelapa sebanyak 200 mil, dari 2 buah butir kelapa.
• 1 lembar daun kunyit.
• 2 buah asam jawa yang dihilangi bijinya.
• 6 lembar daun dari jeruk purut.
• Serai yang telah dimemarkan sebanyak 2 batang.

Bahan lain yang perlu untuk Anda haluskan dengan cobek atau blender diantaranya adalah:

• Garam
• Gula
• Penyedap rasa
• Bawang merah sekitar 10 siung
• Bawang putih 4 siung
• 2 cm dari kunyit
• 3 cm panjang jahe
• Cabe merah sebanyak 75 gram atau lebih

Setelah semua bahan dirasa cukup lengkap, maka berikut ini adalah cara memasak sayur nangka Padang:

1. Kupaslah nangka dari kulitnya agar terlepas.
2. Potong-potong nangka menjadi bentuk dadu atau bentuk memanjang sesuai selera dan cucilah nangka tersebut hingga bersih menggunakan garam agar getah yang melekat pada nangka akan lebih cepat hilang, jangan lupa untuk meremas-remas nangka yang Anda cuci sehingga mempercepat dari pengelupasan dari getah nangka.
3. Setelah nangka dirasa cukup bersih setelah dibilas kembali menggunakan air bersih, maka langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu merebus nangka tersebut hingga menjadi empuk selama kurang lebih 30 hingga 1 jam.
4. Sembari menunggu nangka yang Anda rebus menjadi empuk, haluskan semua bahan yang memang perlu untuk dihaluskan.
5. Selanjutnya tumislah bumbu halus tersebut pada minyak panas hingga menimbulkan aroma yang wangi dan menggugah selera.
6. Selagi menunggu hingga harum, masukkan pula bahan lain seperti daun kunyit, daun salam, asam kandis, daun jeruk serta daun serai ke dalam bumbu yang sedang dimasak.
7. Secara perlahan masukkan pula santan yang telah Anda encerkan sebelumnya ke dalam panic bumbu dan aduk rata hingga mendidih. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah menjaga santan agar tidak pecah, sehingga Anda harus sabar dalam mengaduknya.
8. Setelah nangka yang telah direbus sebelumnya empuk, masukkan nangka.
9. Masak dengan api yang kecil hingga mendidih
10. Sajikan.

Beberapa langkah di atas merupakan cara yang gampang dan mudah untuk dipraktekkan dalam memasak menu legenda dari warung makan Padang ini. Hal yang mungkin menjadi tantangan bagi Anda dalam bereksperimen memasak makanan ini adalah terletak pada bagaimana kesabaran Anda dalam menghilangkan getah nangka dan membuat santan agar tidak sampai pecah.

No comments:

Post a Comment