Cara Membuat Sambal Teri Petai Padang

Ikan teri merupakan salah satu ikan yang asli berasal dari Indonesia dan merupakan salah satu makanan yang sedari dulu membuat rindu dan adanya keinginan untuk menikmati dari cita rasa lauk dengan rasa gurih yang dominan. Kerinduan tersebut rasanya menjadi lebih dan lebih ketika makanan ini dipadukan dengan pete yang juga merupakan makanan asli Indonesia yang dilengkapi juga dengan kepedasan dari sambal yang semakin menggugah selera.

Cara Membuat Sambal Teri Petai Padang

Bagi Anda yang mungkin saja bukan seseorang yang gemar dalam kegiatan masak memasak maka kegiatan ini memang tidak begitu sulit untuk dilakukan oleh Anda yang awam ke dapur. Mengingat memasak menu yang sangat menggugah selera ini tergolong sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan keahlian yang khusus, tetapi tentu saja faktor seperti kehati-hatian tetap menjadi hal yang nomor satu bagi Anda untuk membuat menu ini. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal teri pete Padang ini:

• Satu ikat atau beberapa ikat pete sesuai selera dan keinginan Anda.
• Teri sekitar 50 gram.
• Bawang merah sekitar 8 butir.
• Tomat hijau sekitar 2 buah.
• Cabai keriting hijau/merah jumlah sesuai dengan selera tetapi yang disarankan adalah 30 buah.
• Cabai rawit hijau sesuai selera, jika ingin pedas tambahkan yang banyak.
• Air perasan dari jeruk nipis secukupnya.
• Minyak kelapa.

Setelah semua bahan yang Anda siapkan di atas cukup lengkap maka Anda dapat langsung memulai membuat makanan pedas yang mungkin saja menjadi kesukaan dan kegemaran dari keluarga Anda. Hal unik yang mungkin saja Anda bisa dapatkan dari sambal hijau ini adalah terletak pada sambal hijau khas Padang yang dipadukan dengan pete dan teri. Jangan ditanya mengenai kelezatan makanan ini, Anda dan keluarga dijamin akan nagih jika mengicipinya. Sebelum air liur Anda menetes, berikut ini adalah cara membuat sambal teri petai Padang:

1. Cuci bersih ikan teri yang telah Anda beli dari pasar dengan sangat bersih, kemudian tiriskan.
2. Bersihkan pula dan kupaslah beberapa pete sesuai selera Anda. Jangan lupa untuk membelah petai menjadi dua buah bagian agar Anda dapat mengetahui apakah pete tersebut benar-benar bersih dari belatung.
3. Setelah dirasa siap, maka jangan lupa untuk menggoreng ikan teri dan petai sebelumnya. Sebaiknya Anda jangan terlalu lama menggoreng agar tidak gosong dan rasa alami dari petai dan cabai masih merekat kuat di lidah Anda nantinya.
4. Potonglah beberapa tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau hingga layu kemudian tiriskan.
5. Kemudian Anda setelah semua bahan telah siap maka Anda dapat langsung menghaluskan bahan atau bumbu sambal seperti tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau dengan kasar kemudian tambahkan pula minyak dari hasil penggorengan dari teri.
6. Setelah itu masukkan teri dan juga petai untuk dicampurkan dan kucurkan pula air jeruk nipis.
7. Sajikan hasil masakan Anda dengan ditambahkan sedikit pemanis di atas piring yang diberi lapisan dari daun pisang.

Untuk teman makan sambal teri Padang ini Anda bisa menggunakan tempe atau tahu goreng dan juga bisa pula ditambahkan kerupuk agar cita rasa dari makanan yang Anda makan semakin menakjubkan. Jangan lupa pula untuk memakannya bersamaan dengan nasi panas dan ditemani dengan segelas air dingin. Bagi keluarga Anda yang sangat menyukai menu ini maka jangan sungkan untuk memasak nasi yang lebih banyak takarannya dari pada hari biasanya.

No comments:

Post a Comment