Cara Memasak Lobster Goreng Tepung

Cara Memasak Lobster Goreng Tepung
Menikmati sajian seafood seperti udang dan cumi yang digoreng tepung memang selalu istimewa. Namun selain udang dan cumi, lobster juga menjadi salah satu seafood yang sangat cocok dimasak dengan cara digoreng menggunakan tepung. Rasa gurih dari daging lobster dan balutan tepung yang krispi membuat hidangan lobster menjadi terasa lebih spesial. Apalagi jika anda memasaknya dengan cara yang tepat, tentu saja hidangan lobster goreng tepung menjadi santapan yang sangat istimewa sebagai menu makan anda bersama keluarga di rumah. Keberadaannya siap menyemarakkan dan memeriahkan suasana makan bersama.

Untuk membuat lobster goreng tepung, yang perlu anda lakukan pertama kali yaitu memilih lobster segar berkualitas tinggi yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika lobster yang diinginkan sudah didapat, tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu membersihkan lobster sampai bersih sehingga kualitas daging lobster tetap terjaga ketika proses memasak dimulai. Setelah lobster dalam keadaan bersih, belah lobster dan pisahkan antara kulit dengan isinya. Pastikan semua daging lobster telah dipisahkan sehingga tidak ada yang tersisa atau masih menempel di dalam kulitnya.

Setelah tahap pemisahan kulit dan daging lobster tersebut selesai, siapkanlah bahan-bahan di bawah ini untuk membuat lobster goreng tepung yang anda inginkan, yaitu:

• Daging lobster yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera.
• Air jeruk nipis secukupnya.
• Minyak goreng secukupnya.
• 100 gram tepung terigu.
• 50 gram tepung beras.
• 1 sendok teh garam.
• ½ sendok teh soda kue.
• ½ sendok teh merica bubuk.
• 1 butir putih telur.
• 100 ml air.

Apabila semua bahan telah disiapkan secara lengkap, maka ikutilah cara memasak lobster goreng tepung di bawah ini, yaitu:
1. Balur atau lumuri daging lobster yang sudah disiapkan dengan perasan air jeruk nipis, diamkan sekitar 30 menit lalu tiriskan.
2. Pada wadah terpisah, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, soda kue, merica bubuk, putih telur dan air sampai rata, tidak menggumpal.
3. Celupkan daging lobster satu per satu ke dalam adonan tepung.
4. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menggoreng.
5. Masukkan potongan daging lobster yang sudah dibaluri dengan adonan tepung dan masak hingga berwarna kuning keemasan. Angkat lalu tiriskan.

Karena tekstur lobster goreng tepung yang anda goreng harus crispy dan nikmat ketika disantap, maka gunakanlah minyak goreng yang cukup banyak dan dalam tingkat panas suhu yang tinggi sehingga semua potongan lobster dapat terendam minyak ketika digoreng keseluruhan. Supaya kerenyahan dari lobster goreng tepung yang anda buat terasa lebih sempurna, maka tiriskanlah dengan cara yang tepat agar tidak ada sisa minyak yang menempel pada lobster yang siap disajikan. Itulah kunci kerenyahan dan kenikmatan dari lobster goreng tepung yang akan anda sajikan.

Supaya hidangan lobster goreng tepung yang anda buat terasa lebih istimewa, anda bisa menyajikannya dengan aneka saus seperti saus mayonais, saus asam manis atau saus sambal sesuai selera. Jika ingin terasa lebih nikmat, anda juga bisa menghidangkannya dengan potongan kentang goreng atau sayuran segar supaya hidangan menjadi lebih terlihat menarik dan gizinya seimbang. Dengan begitu, semua anggota keluarga pasti akan suka dan terlena dengan cita rasa lobster goreng tepung yang anda sajikan di rumah karena kenikmatannya tidak kalah dengan hidangan di restoran seafood ternama.

No comments:

Post a Comment