Cara Memasak Ikan Mas Bakar Padang

Mengunjungi suatu daerah tertentu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi anda, namun tak hanya itu selain dapat melihat-lihat keunikan dari daerah yang bersangkutan, melakukan sebuah wisata budaya juga akan memperkaya pengetahuan anda terkait dengan aneka kuliner dan juga tradisi. Satu memang yang wajib untuk dicoba dan tak boleh ketinggalan yaitu berwisata kuliner, ingat bahwa setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ragam budaya yang berbeda-beda, hal ini menjadi sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya. Tak ada salahnya bagi anda untuk melihat dan merasakannya.

Cara Memasak Ikan Mas Bakar Padang

Namun dewasa ini untuk bisa merasakan wisata kuliner khas suatu daerah tertentu anda tak perlu jauh-jauh untuk datang ke daerah tersebut, lebih dari itu semua anda bisa merasakannya dengan membeli aneka masakan yang memang dijual hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia, contohnya saja adalah kuliner khas padang. Sekarang siapa yang tak kenal masakan ini, mengingat ada banyak sekali yang mendirikan rumah makan padang hampir di setiap jalan, harga yang ditawarkan juga terbilang sama dengan rasa yang cukup lezat, anda bisa menemukan sesuatu yang beda dari olahan yang satu ini.

Masakan padang tak hanya terkenal adakan varian menunya, namun dari rasanya sendiri memang tak ada yang bisa menolak kelezatannya, jika anda berkesempatan datang tak ada salahnya melihat aneka bumbu yang digunakan untuk mengolah berbagai bahan-bakunya. Mulai dari bumbu-bumbu dapur yang biasa hingga aneka rempah digunakan untuk membuat masakan dengan rasa yang enak. Bahkan jika anda membeli salah satu menunya maka ada berbagai variasi di dalam satu menu, mulai dari sambal khasnya, sayuran dan juga berbagai pilihan olahan hewani, baik itu daging atau juga ikan.

Jika selama ini anda hanya mengenal masakan padang sebatas dengan membeli saja, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri, tak sulit bahkan terbilang mudah, salah satu menu andalan yang mudah dibuat dan bisa anda coba adalah ikan mas bakar Padang, berikut cara membuatnya, yaitu:

Bahan-bahan:

- 3 ekor ikan mas, bersihkan dan sayat pada beberapa bagiannya
- 100 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
- 100 ml santan cair
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 1 sdt garam
- 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
- 1 batang serai
- 1 lembar daun kunyit

Bumbu halus:

- 2 buah kemiri, bakar
- 2 cm lengkuas
- 2 cm kunyit, bakar
- 2 cm jahe, bakar
- 7 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm kecap
- Garam secukupnya

Cara memasak ikan mas bakar padang:

- Cuci ikan hingga bersih lalu lumuri menggunakan perasan air jeruk nipis, hal ini berguna untuk menetralisir amis ikan, biarkan hingga kurang lebih 1 jam.
- Haluskan semua bumbu yang dibutuhkan dan sisihkan.
- Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga tercium wanginya, tambahkan daun jeruk, serai dan juga daun kunyit.
- Masukkan santai kental dan juga cair kemudian masak hingga mengental dan mendidih.
- Rebus ikan dalam bumbu hingga setengah matang kemudian angkat.
- Baluri menggunakan sisa bumbu dan bakar di atas arang yang panas. Bolak-balik beberapa kali hingga matang sempurna kemudian angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment